Struktur Kode Aplikasi Java (2)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Applets Pertemuan 7
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
Servlets dan JSP Oleh Risanuri Hidayat.
Menggunakan Event dan Property
Package As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
Graphic User Interface
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Form Gambar IDE (Integrated Development Environment) VB6 ToolBar
Applet Oleh: Idris Winarno. Percobaan 1 Program menampilkan tulisan “Hello World” yang dibuat sebagai applet. Tulisan “Hello World” akan tampil pada browser.
GUI Event Handling.
APPLET By : DHANIS PUSPA M (26262).
GUI event handling.
Pengenalan Pemrograman Jaringan dengan GUI Materi 2
Graphical User Interface
Pertemuan 1 Apakah Java Itu ? ASWAR R..
JAVA APPLET Creating Web Application using Java Applet Introduction to Java (1 st part)
Mendapatkan input dari keyboard
Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
WEB STATIS Sabian Pamungkas.
Konsep Pemrograman dan Paradigmanya
Applet Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat applet sederhana.
KONSEP SWING.
APPLET.
Pemrograman Berorientasi Objek IST AKPRIND Yogyakarta
Graphical User Interface (GUI)
Multimedia Matematika – Pertemuan 3
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
GUI Event Handling.
Mendapatkan input dari keyboard
Dijalankan dengan interpreter
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Creating Web Application using Java Applet
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN DASAR DI JAVA
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Class dan Object As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Package As’ad Djamalilleil
Review Materi Java Fundamental
Tipe Data, Variabel, dan Operator
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Tugas Akhir Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Instalasi JME & Uji Coba
GUI Event Handling Sussi.
PACKAGE.
JSF Java Server Faces.
Struktur Aplikasi Android
Pemrograman Berorientasi Objek IST AKPRIND Yogyakarta
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Mendapatkan input dari keyboard
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pemrograman Berorientasi Objek
PAINTING AND STROKING.
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com

Contoh kode aplikasi berbasis window (5.1) import java.awt.Frame; import java.awt.Label; import java.awt.Font; class CobaSaja{ public static void main(String a[]){ Frame frm = new Frame(); Label pesan = new Label("Membuat program window"); pesan.setAlignment(Label.CENTER); pesan.setFont(new Font("Arial",30,Font.PLAIN)); frm.setTitle("Contoh Program"); frm.setSize(300,250); frm.add(pesan); frm.show(); }

Contoh kode window dengan listener (5.2) import java.awt.*; import java.awt.event.WindowAdapter; import java.awt.event.WindowEvent; class CobaSaja{ public static void main(String a[]){ Frame frm = new Frame(); Label pesan = new Label("Membuat program window"); pesan.setAlignment(Label.CENTER); pesan.setFont(new Font("Arial",30,Font.PLAIN)); frm.setTitle("Contoh Program"); frm.setSize(300,250); frm.add(pesan); frm.show(); frm.addWindowListener(new Deteksi()); }

class Deteksi extends WindowAdapter { public void windowClosing(WindowEvent we){ System.exit(0); }

Penjelasan Program 5.2 Listener adalah class yang dirancang untuk dapat “mendengar” aksi yang diberikan oleh user pada window atau komponen visual, seperti klik mouse atau penekanan tombol keyboard Di dalam satu file java di atas (CobaSaja.java) terdapat dua class, yaitu class CobaSaja dan class Deteksi Class Deteksi dibuat untuk dapat mendeteksi aksi yang terjadi pada sebuah window, misalnya aksi untuk menutup window yang sedang terbuka

Aplikasi penginputan (5.3) import java.awt.event.*; import java.awt.event.ActionListener; import java.awt.*; import java.awt.TextField; import java.awt.FlowLayout; import java.awt.Button; class CobaSaja{ public static void main(String a[]){ Frame frm = new Frame(); Label ketr = new Label("Ketik nama anda"); Label pesan = new Label(); TextField nama = new TextField(30); Button proses = new Button("Cetak"); ketr.setFont(new Font("Arial",30,Font.PLAIN)); frm.setTitle("Contoh Program"); frm.setSize(400,150); frm.setLayout(new FlowLayout(FlowLayout.LEFT,10,10));

frm.add(ketr); frm.add(nama); frm.add(proses); frm.add(pesan); frm.show(); frm.addWindowListener(new Deteksi()); proses.addActionListener(new Klik(pesan,nama,frm)); } class Deteksi extends WindowAdapter { public void windowClosing(WindowEvent we){ System.exit(0);

class Klik implements ActionListener { Frame f; Label l; TextField t; Klik(Label lbl, TextField tf, Frame fr){ this.l = lbl; this.t = tf; this.f = fr; } public void actionPerformed(ActionEvent ae) { l.setText("Nama anda " + t.getText()); f.validate();

Penjelasan Program 5.3 Pada contoh program di atas ditambahkan sebuah class, yaitu class Klik Class Klik dibuat untuk menangani aksi yang terjadi pada sebuah komponen selain window, misalnya button/tombol

Bentuk lain dari aplikasi 5.3 (5.4) import java.awt.event.*; import java.awt.*; class CobaSaja{ static Frame frm; static Label ketr; static Label pesan; static TextField nama; static Button proses; public static void main(String a[]){ frm = new Frame(); ketr = new Label("Ketik nama anda"); pesan = new Label(); nama = new TextField(30); proses = new Button("Cetak");

ketr.setFont(new Font("Arial",30,Font.PLAIN)); frm.setTitle("Contoh Program"); frm.setSize(400,150); frm.setLayout(new FlowLayout(FlowLayout.LEFT,10,10)); frm.add(ketr); frm.add(nama); frm.add(proses); frm.add(pesan); frm.show(); frm.addWindowListener(new Deteksi()); proses.addActionListener(new Klik()); } static void tampil(){ pesan.setText("Nama anda " + nama.getText()); frm.validate();

class Deteksi extends WindowAdapter { public void windowClosing(WindowEvent we){ System.exit(0); } class Klik implements ActionListener { public void actionPerformed(ActionEvent ae){ CobaSaja.tampil();

Penjelasan Program 5.4 Perbedaan mendasar dari program 5.3 dan 5.4 adalah pada deklarasi komponen yang digunakan Pada program 5.3, komponen dibuat bersifat lokal (di dalam fungsi main()), sedangkan pada program 5.4, komponen bersifat global (tidak berada di dalam fungsi apapun) sehingga dapat dikenali di semua fungsi

Struktur kode program aplikasi berbasis web (applet) import java.applet.*; import java.awt.*; public class NamaKlas extends Applet { public void paint (Graphics g){ }

Sekilas tentang applet Applet adalah aplikasi Java yang dapat dijalankan pada halaman web Tujuan dibuatnya applet adalah untuk menutupi kekurangan dari web statis Applet membutuhkan sebuah halaman web untuk dapat ditampilkan pada web browser Applet ditampilkan dengan memanfaatkan tag yang disediakan oleh web browser

Tag HTML yang digunakan untuk menampilkan applet Kebanyakan browser yang ada sekarang telah mendukung untuk dapat menampilkan aplikasi yang dibuat dalam bentuk applet Tag yang digunakan untuk menampilkan applet pada halaman web adalah tag <applet> </applet>

Atribut dari tag <applet> Code = “URL” atribut Code diisi dengan lokasi/nama file class java applet Width = “lebar” atribut Width diisi dengan lebar dari applet dalam satuan pixel Height = “tinggi” atribut height diisi dengan tinggi dari applet dalam satuan pixel

Contoh applet (5.5a) import java.applet.Applet; import java.awt.Graphics; public class CobaLagi extends Applet{ public void paint(Graphics g){ g.drawString("Belajar applet",20,20); }

Contoh file HTML untuk menampilkan applet (5.5b) <html> <body> <applet code = "CobaLagi.class" width = "150" height = "50" > </applet> </body> </html>

PERHATIAN !!! Pastikan agar tidak salah dalam menuliskan nama file class pada atribut CODE Simpanlah kedua file (class dan HTML) dalam satu folder agar browser dapat mudah menemukan file class applet tersebut Buka file HTML pada web browser (firefox, chrome, opera, atau yg lain)

Applet dengan penginputan (5.6a) import java.awt.*; import java.applet.*; public class CobaLagi extends Applet{ Label ketr, pesan; TextField nama; Button proses; public void init(){ ketr = new Label("Ketik nama anda: "); pesan = new Label(); nama = new TextField(30); proses = new Button("Proses"); setLayout(new FlowLayout(FlowLayout.LEFT,10,10)); add(ketr); add(nama); add(proses); add(pesan); }

public void paint(Graphics g){ pesan.setSize(350,30); } public boolean action(Event e, Object o){ if(e.target instanceof Button){ if(o == "Proses") pesan.setText("Nama anda " + nama.getText()); return true; else return false;

Contoh file HTML (5.6b) <html> <body> <applet code = "CobaLagi.class" width = "400" height = "100" > </applet> </body> </html>

Tugas 3 Buatlah sebuah aplikasi berbasis window ATAU applet yang dapat menerima input dan menampilkan kembali data berupa: Nama Alamat Tahun kelahiran Upload kode program java-nya paling lambat 2 minggu depan