KONSTANTA dan OPERATOR

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TIPE data Tipe data yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain :
Advertisements

VARIABEL DAN OPERATOR.
Pengajar : ELIYANI, S.T., M.Kom Semester : I Tahun : 2012/ 2013
Pemrograman Terstruktur
Elemen Dasar Program C++
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
KONSTANTA dan OPERATOR
Dasar Komputer & Pemrograman 2A (BAHASA C)
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
Notasi Algoritma.
STRUKTUR.
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
Pengenalan Operator.
Struktur Algoritma & Tipe Data
DASAR PEMROGRAMAN C Oleh : sgo.
Pengantar C++.
Elemen Dasar C Identifier :
Operasi Operator dalam C++ Pertemuan 4 Dasar Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
Tipe, Nama, dan Nilai Anifuddin azis.
Pendahuluan & identifier pada bahasa c dan c++
STRUKTUR DATA MENGGUNAKAN C++ Windha Mega PD, S.Kom
PERULANGAN (LOOPING).
Pertemuan III Komentar, Identifier dan Tipe data.
Elemen dasar Pertemuan 3.
Pengenalan C++ Oleh : Dewi Sartika.
TIPE DATA Brian Damastu, S.T., M.Kom
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Konsep Tipe Data dan Operator
Konsep Tipe Data dan Operator
2. Pengenalan Program C++
Pendahuluan Erfin Gustaman.
TYPE DATA ,VARIABEL &KONSTANTA Dalam C++
TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman
Variabel operator tipe data
Percabangan C++ Norma Amalia, ST., M.Eng.
NILAI DAN EKSPRESI (TRANSFORMASI NILAI), TIPE DATA DAN TIPE OPERATOR
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pertemuan 1 DATA & STRUKTUR DATA.
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Operator.
Algoritma dan Pemrograman
Program komputer Sebuah program komputer yang ditulis dengan bahasa apapun dapat dipandang sebagai sebuah himpunan operasi yang dikerjakan pada data-data.
Tipe Data, Operator dan Ekspresi
TIPE DATA DASAR C++.
TEE 2103 Algoritma & Pemrograman
Operator dan Operasi Input Output pada C++ Pertemuan 11
Operator By Harifuddin,ST,MT..
~ PERTEMUAN 4 KONSEP TIPE DATA ~
VARIABEL DAN TIPE DATA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi
Pemrograman Terstruktur
MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN I (Remedial)
SELEKSI ALGORITMA & STRUKTUR DATA I PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
Konsep Tipe Data dan Operator
TIPE DATA, NILAI, INPUT DAN OUTPUT
Type, Variabel, Konstanta
STRUKTUR DATA Konsep Dan Arsitektur.
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
INTRODUCTION TO C++
Pengambilan Keputusan
Operator.
INTRODUCTION TO C++
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Algoritma dan Stuktur Data
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh
Pengantar Pemrograman Bahasa C
TIPE DATA, VARIABEL dan ASSIGNMENT
Pemrograman Terstruktur
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA 1 dengan C++
Operator, Variabel, Konstanta, Tipe Data
Algoritma dan Pemrograman 1 C++
Transcript presentasi:

KONSTANTA dan OPERATOR yuli_dev@yahoo.com

Konstanta Berbeda dengan variabel yang isinya bisa berubah selama eksekusi program berlangsung, sedangkan isi dari konstanta tidak bisa berubah. Konstanta merupakan nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah.

Deklarasi konstanta Ada dua cara untuk mendeklarasikan konstanta: Setelah deklarasi header file dengan menggunakan #define Di dalam fungsi dengan menggunakan const

Contoh1 : //deklarasi konstanta #include <iostream.h> #include <conio.h> #define phi 3.14 #define r1 3 #define r2 10.7 #define kar 'A' #define teks "Contoh deklarasi konstanta" #define x true

Contoh1lanjut : main() { //pemanggilan konstanta cout<<teks<<"\n"; cout<<kar<<"\n"; cout<<x<<"\n"; cout<<phi<<"\n"; cout<<r1<<"\n"; cout<<r2<<"\n"; getch();}

Contoh 2: #include <iostream.h> #include <conio.h> main() { //deklarasi konstanta const float phi=3.14; const int r1=3; const float r2=10.7; const char kar='A'; const char teks[30]="Contoh deklarasi konstanta" ; const bool x=true;

Contoh 2 lanjut: // pemanggilan konstanta cout<<teks<<"\n"; cout<<kar<<"\n"; cout<<x<<"\n"; cout<<phi<<"\n"; cout<<r1<<"\n"; cout<<r2<<"\n"; getch();}

OPERATOR Operator aritmatik, terdiri : Operator gabungan Penjumlahan (+) Pengurangan (-) Perkalian (*) Pembagian (/) Modulo (%) Operator gabungan Operator Contoh Ekivalen += bonus += 500; bonus = bonus + 500; -= budget -= 50; budget = budget - 50; *= gaji *= 1.2; gaji=gaji * 1.2; /= faktor/= 50; faktor= faktor/.50; %= jml_hari %=7; jml_hari =jml_hari % 7;

Operator Logika Adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi dimana nilai yang dihasilkan dari operasi tersebut hanya berupa nilai benar (true) dan salah (false), atau sering disebut dengan nilai boolean. Operator Jenis Operator Contoh && AND (dan) 1 && 1 = 1 || OR (atau) 1 || 0 = 0 ! NOT (negasi) !0 = 1

Mengatur angka desimal Caranya: Menggunakan instruksi setprecision(n) Menggunakan instruksi setiosflag(ios::fixed) Kedua instruksi diatas memerlukan header file iomanip.h

setprecision: #include <iostream.h> #include <conio.h> #include <iomanip.h> main() { int a,b; float c; cout<<"Contoh penggunaan / dan %\n\n"; cout<<"Masukkan angka pertama (a)= ";cin>>a; cout<<"Masukkan angka kedua (b)= ";cin>>b; c=float(a)/b; cout<<"\nHasilpembagian“ <<setprecision(3)<<c; getch();} setprecision (3)  tempat yang dipesan baik untuk nilai bulat maupun desimal adalah 3.

setprecision & setiosflags : #include <iostream.h> #include <conio.h> #include <iomanip.h> main() { int a,b; float c; cout<<"Contoh penggunaan / dan %\n\n"; cout<<"Masukkan angka pertama (a) = ";cin>>a; cout<<"Masukkan angka kedua (b) = ";cin>>b; c=float(a)/b; cout<<"\nHasil pembagian = “ <<setiosflags(ios::fixed)<<setprecision(2)<<c; getch();} setiosflags(ios::fixed) <<setprecision(2)  tempat yang dipesan untuk angka desimal saja.

Fungsi built-in matematik yang sering digunakan Fungsi-fungsi tersebut antara lain: Fungsi sqrt(x)  untuk mencari x. Fungsi pow(x,y)  digunakan untuk mencari xy Kedua fungsi tersebut harus menggunakan header file math.h

- sisimiring = sqrt((alas*alas)+(tinggi*tinggi)) Tugas !! Buatlah program untuk menghitung sisi miring dan keliling segitiga siku-siku dengan sisi tegak Mendatar merupakan input dari keyboard (diinpukkan user) Jawaban dalam bentuk : Algoritma Flowchart Pseudocode Rumus : - sisimiring = sqrt((alas*alas)+(tinggi*tinggi)) - keliling = alas+tinggi+sisimiring