1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Advertisements

Selamat Datang pada sesi ini
Materi 5 - Komputer Multimedia
E-LEARNING E-LEARNING KELOMPOK III HEDI SUSANTO HERY WAHYUDI HUSMADIA
MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REPRODUKSI VIRUS
Dra. Istiyati Catharina, M.Pd.
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Interaksi Manusia dan Komputer
PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN
Media Pembelajaran Matematika
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
Interaksi Manusia dengan Komputer
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
komponen antarmuka pengguna
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
PENERAPAN ICT DALAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Pembuatan Media Presentasi
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
COMPUTER BASED INSTRUCTION
KONSEP USER INTERFACE.
Oleh: Devi Ayu Anggraeni (136806) Monalisa (136840)
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
PERTEMUAN 9 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
MULTIMEDIA PERTEMUAN 10 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
KONSEP INTERFACE
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
Intermezzo... Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajran. Media sangat bermanfaat sebagai penyampai.
Media Pembelajaran PLS
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO DAN VISUAL
Linda Fitri Andriyani ( K )
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Materi 3 - Komputer Multimedia
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
Media Pembelajaran.
PENGEMBANGAN MEDIA ICT
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
ANALISA DAN PERANCANGAN
SUMBER BELAJAR.
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
MEDIA PENDIDIKAN KESEHATAN
Nama kelompok Fetty afrianti Kinayom warih hidayat Lulu’ul jannah
MEDIA AUDIO DAN VISUAL QQ
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Dandan Irawani Lubis, S.Ag, M.Pd Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Medan MEDIA Pembelajaran.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
MEDIA DISPLAY DAN REALIA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BY : LENNI KHOTIMAH HARAHAP MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2017.
Transcript presentasi:

1

Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran 2

Tujuan Pembelajaran Umum Menjelaskan berbagai seluk beluk mengenai multimedia pembelajaran

Tujuan Pembelajaran Khusus Menjelaskan definisi multimedia pembelajaran Menjelaskan berbagai bentuk paket multimedia pembelajaran seperti CAI, CAL, dan CBL Menjelaskan interaktivitas dan manfaatnya di dalam multimedia pembelajaran Menjelaskan berbagai komponen Graphical User Interface (GUI) dan fungsinya Menjelaskan berbagai karakteristik media di dalam multimedia pembelajaran Menjelaskan cara kerja berbagai distribusi program multimedia pembelajaran Menjelaskan berbagai pemanfaatan multimedia pembelajaran

1. Definisi multimedia Kombinasi berbagai macam media (teks, audio, animasi, video, simulasi) dalam suatu paket di mana berbagai media saling bersinergi dalam menyampaikan informasi secara optimal.

2. Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran Interaktivitas dalam multimedia lebih menonjol dibandingkan media lain Interaktivitas meliputi interaktivitas mental dan fisik Multimedia pembelajaran memiliki kecenderungan kuat untuk mendorong pengguna melakukan interaksi dengan komputer

3. Graphical User Interface (GUI) GUI berfungsi sebagai penghubung antara manusia (pengguna) dengan komputer GUI memudahkan pengguna ketika menggunakan suatu aplikasi GUI juga berfungsi untuk memperindah tampilan suatu aplikasi

Komponen-komponen GUI (widget) Button Radio button Check button Combo box Menu Toolbar Tabbed Panel Tree

Button Menjalankan suatu aksi. Karena itu teks pada button biasanya berisi kata perintah (kata kerja) seperti “Enter”, “Exit”, “Reset”, dsb Radio Button Memilih hanya satu pilihan diantara 2 atau lebih pilihan.Jumlah pilihan pada radio button umumnya 3 atau 4 pilihan saja. Jika jumlah pilihan lebih dari 4 maka combo box merupakan widget yang lebih tepat digunakan.

Check Button Memilih satu atau lebih diantara banyak pilihan (terdiri dari 2 atau lebih pilihan). Pemanfaatan check button memungkinkan untuk memilih semua pilihan. Combo Box Memilih salah satu diantara beberapa pilihan di mana jumlah pilihan cukup banyak sehingga tidak efisien bila diberikan dalam bentuk radio button.

Menu Isi dari suatu aplikasi bisa ditampilkan dengan bantuan ikon, namun adakalanya isi terlalu banyak sehingga lebih efisien bila ditampilkan dengan bantuan menu. Umumnya letak menu ada pada bagian kiri atas dari suatu tampilan. Toolbar Toolbar sebenarnya berfungsi sebagai pelengkap dari menu. Isi dari suatu menu mungkin saja banyak akan tetapi tidak semuanya diperlukan setiap saat oleh pengguna. Untuk memudahkan pengguna mengakses menu-menu yang sering digunakan maka disediakan suatu toolbar yang umumnya memiliki suatu simbol yang melambangkan fungsi dari menu yang diwakilinya. Simbol ini sering kali disebut sebagai metafor.

Tabbed Panel Adakalanya suatu menu memiliki sub-submenu yang saling berkaitan. Salah satu cara yang baik untuk menampilkan sub-submenu tersebut adalah dengan bantuan suatu tabbed panel. Disebut tabbed panel karena untuk mengaksesnya dapat digunakan tombol TAB Toolbar Mungkin saja isi suatu aplikasi sangat banyak sehingga tak dapat ditampilkan oleh menu dengan efisien. Cara menampilkan isi semacam ini adalah dengan bantuan tree. Ensiklopedia adalah salah satu program yang banyak memanfaatkan tree.

5. Karakteristik media di dalam multimedia

Media Manfaat Kelemahan Teks Text dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang padat (condensed). Text dapat digunakan untuk materi yang rumit dan komplek seperti rumus-rumus matematika atau penjelasan suatu proses yang panjang. Teknologi untuk menampilkan text pada layar komputer relatif lebih sederhana dibandingkan teknologi untuk menampilkan media lain. Konsekuensinya media ini juga lebih murah bila dibandingkan media-media lain. Sangat cocok sebagai media input maupun umpan balik (feedback). Kurang kuat bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi. Mata cepat lelah ketika harus menyerap materi melalui text yang panjang dan padat pada layar komputer.

Media Manfaat Kelemahan Audio sangat cocok bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi Untuk materi- materi tertentu suara sangat cocok karena mendekati keadaan asli dari materi (misal pelajaran mengenai mengenal suara-suara binatang) Membantu pembelajar fokus pada materi yang dipelajari karena pembelajar cukup mendengarkan tanpa melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi. memerlukan tempat penyimpanan yang besar di dalam komputer . Memerlukan software dan hardware yang spesifik (dan mungkin mahal) agar suara dapat disampaikan melalui komputer .

Media Manfaat Kelemahan Graphics lebih mudah dalam mengidentifikasi obyek-obyek Lebih mudah dalam mengklasifikasikan obyek Mampu menunjukkan hubungan spatial dari suatu obyek Membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret

Media Manfaat Kelemahan Animasi Menunjukkan obyek dengan idea (misal efek gravitasi pada suatu obyek) Menjelaskan konsep yang sulit (misal penyerapan makanan kedalam aliran darah atau bagaimana elektron bergerak untuk menghasilkan arus listrik) Menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkrit (misal menjelaskan tegangan arus bolak balik dengan bantuan animasi garfik sinus yang bergerak). Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).

Media Manfaat Kelemahan Simulasi Menyediakan suatu tiruan yang bila dilakukan pada peralatan yang sesungguhnya terlalu mahal atau berbahaya (misal simulasi melihat bentuk tegangan listrik dengan simulasi oscilloscope atau melakukan praktek menerbangkan pesawat dengan simulasi penerbangan). Menunjukkan suatu proses abstrak di mana pengguna ingin melihat pengaruh perubahan suatu variabel terhadap proses tersebut (misal perubahan frekwensi tegangan listrik bolak balik yang melewati suatu kapasitor atau induktor)

Media Manfaat Kelemahan Video Memaparkan keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian Sebagai bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video dapat memperkaya pemaparan. Pengguna dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi. Sangat cocok untuk mengajarkan materi dalam ranah perilaku atau psikomotor. Kombinasi video dan audio dapat lebih efektif dan lebih cepat menyampaikan pesan dibandingkan media text. Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka). Video mungkin saja kehilangan detil dalam pemaparan materi karena siswa harus mampu mengingat detil dari scene ke scene. Umumnya pengguna menganggap belajar melalui video lebih mudah dibandingkan melalui text sehingga pengguna kurang terdorong untuk lebih aktif di dalam berinteraksi dengan materi.

6. Distribusi Program File executable File interpreted Kelemahan Kelebihan Waktu ekesekusi cepat karena kode file telah diterjemahkan dalam bahasa mesin Dapat berjalan di berbagai sistem operasi Kelemahan Hanya dapat berjalan pada sistem operasi di mana program tersebut dibuat Waktu eksekusi lambat karena memerlukan suatu interpreter (penerjemah) Contoh Program-program yang dibuat dengan C/C++, Visual Basic, Flash, Director, Authorware Program-program yang dibuat dengan Java, Python

7. Pemanfaatan multimedia pembelajaran multimedia digunakan sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas. multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran mandiri multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam pembelajaran

Terima Kasih 22