Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Advertisements

Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
Human Computer Interaction
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Storyboard.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Perancangan antarmuka (design interface)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Human Computer Interaction (HCI)
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pengenalan Sistem Operasi
Interaksi Manusia & Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendahuluan.
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pemanfaatan Komputer Dalam Pendidikan ( Pengertian, Sejarah, dan Perkembangannya ) NABILLA AGUSHINTA.
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Pendahuluan.
Pendahuluan.
SISTEM INFORMASI DAN CBIS
TUGAS REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.
Pertemuan Kedua Pendahuluan
SISTEM OPERASI - CHAPTER 1 SISTEM KOMPUTER
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN INTERFACE DAN SKENARIO GAMIFIKASI PADA APLIKASI GO-VOTE
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendahuluan.
SI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengantar Perangkat Lunak
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer oleh : Ainin Nur Asiyah 125150201111020 Informatika B

Faktor Pengembangan dan Pendewasaan IMK

Pokok Bahasan Faktor Pengembangan dan Pendewasaan IMK a. Computer science & software engineering b .Social psychology c. Cognitive psychology d. Business e. Mathematics f. Organization technology g. Technical writing h. Multimedia (graphic desain) i. Sociology j. Anthropology k. Ergonomics l. Cognitive science m. Artifical intelligence n. Linguistic

a. computer science & software engineering Rakayasa perangkat lunak (Software Engineering) dapat didefinisikan sebagai berikut : Instruksi-instruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proposional Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program   Faktor ini dapat menciptakan suatu program yang efektif, efisien dan user friendly, sehingga dapat dihasilkan suatu mesin yang betul-betul diinginkan oleh user. Contoh : Game

b .social psychology Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangat dibutuhkan, mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Didalam merancang program faktor ini harus dipikirkan terlebih dahulu, seperti siapa target pengguna program, bagaimana suasana lingkungan, perilaku pengguna secara umum dan sebagainya agar program yang dirancang lebih user friendly.   Faktor ini juga mencakup pengetahuan dan keahlian pengguna dalam mempersepsikan dan memecahkan masalah (problem solving) Contoh : Penggunaan photo shop untuk memperindah tampilan foto user sehingga Foto terlihat lebih menarik.

c. cognitive psychology Merupakan ilmu psikologi yang menyelidiki proses-proses mental internal yang dipikirkan, seperti penyelesaian masalah, proses pengamatan, dll. Contoh : CorelDraw, Adobe Photo Shop, Adobe Premiere dll

d. business Faktor ini mempengaruhi perkembangan dan semakin memudahkan terjadinya interaksi manusia dan komputer. Persaingan bisnis yang semakin ketat menghasilkan produk yang lebih mudah digunakan Contoh : jual beli online ,eccomers dll

e. mathematics Pembuatan suatu software haruslah efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang yang baru belajar maupun pakar,unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software tersebut disukai oleh banyak orang. Contoh : software penghitung matematika ,misalnya Algebor

f. technical writing Suatu program aplikasi yang dibuat membutuhkan manual agar orang yang belum biasa menggunakan aplikasi tersebut bisa mempelajarinya terlebih dahulu agar terjadi interaksi yang baik antara orang tersebut dengan komputer Contoh : Pembelajaran menggunakan Java Application yang menggunakan Perintah-perintah dalam bentuk sebuah coding dimana user harus mempelajarinya terlebih dahulu agar saat running mendapatkan output yang diinginkan

g. multimedia (graphic desain) Konteks multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer untuk menghasilkan tampilan yang lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna. misalnya dengan gambar, suara, teks, grafik dan sebagainya. Contoh : Mahasiswa bisa bermain game dengan komputer karena Ada banyak konten multimedia didalamnya, Chat pada yahoo messanger, Facebook,Twitter,dll

h. sociology Faktor ini berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi. Contoh : input data menggunakan keyboard

i. anthropology Faktor ini memberikan gambaran tentang tata cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing. Faktor antropologi dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang tata cara kerja dari setiap kelompok karyawan yang ada, dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang mereka gunakan. Contoh : Editor Film

j. Ergonomics Faktor ini berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk, pengaturan pencahayaan, kebersihan dan berbagai aspek lain akan sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dengan komputer yang digunakan. Contoh : Design interior

k. cognitive science Merupakan ilmu tentang kecerdasan natural. Metode penelitiannya melibatkan model komputasi (computational modelling). Faktor ini juga melibatkan artificial intelligence. Contoh : Kartu kredit

l. artifical intelligence Kecerdasan buatan bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran.   Faktor kecerdasan buatan mempunyai peran untuk menciptakan suatu sistem yang betul-betul andal, canggih dan menyerupai pola berpikir manusia, Contohnya : Robot Selain itu faktor ini menyebabkan perkembangan HCI semakin sulit dibayangkan.

m. linguistic Peran bahasa yang digunakan sebagai antar muka agar user lebih mudah menggunakan sistem tersebut dan tidak terjadi kesalah pahaman di dalam menggunakannya. Dibutuhkan suatu komposisi bahasa yang sangat baik dan dapat dengan mudah dimengerti oleh user. Contohnya : tanslator