CSG3F3/ Desain dan Analisis Algoritma

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
Advertisements

Ruang Pencarian Pertemuan II.
Design and Analysis of Algorithm Recursive Algorithm Analysis
Pengantar Strategi Algoritma
1 Algoritma Bahasa Pemrograman dan Bab 1.1. Pengertian Algoritma.
Algoritma Branch and Bound
Desain dan Analisis Algoritma
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Problem Solving Search -- Uninformed Search
Design and Analysis of Algorithm Back Track Algorithm
Pencarian Tanpa Informasi
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Hill Climbing Best First Search A*
Pengantar Strategi Algoritmik
Design and Analysis Algorithm
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Center of Young Scientists Mummy Method for Determination of 3D Irregular Body Surface Area Pasca Nadia Fitri, et. al. Pandapotan Harahap, M.Pd., M.P.Fis.
Ruang Keadaan (state space)
Nama : Rizky .S kelas : 11.1A.04 NIM : No.absen : 35
Proses Stokastik Semester Ganjil 2013/2014
Elemination by Aspects Elemination by aspects ignores uncertainty by applying criteria one at a time to rule out alternatives that do not satisfy minimal.
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Pertemuan 23 BRANCH AND BOUND (1)
Pertemuan 24 BRANCH AND BOUND (2)
1 Session 4 Decision Making For Computer Operations Management (Linear Programming Method)
1 Pertemuan 16 Game Playing Continued Matakuliah: T0264/Intelijensia Semu Tahun: Juli 2006 Versi: 2/2.
1 Diselesaikan Oleh KOMPUTER Langkah-langkah harus tersusun secara LOGIS dan Efisien agar dapat menyelesaikan tugas dengan benar dan efisien. ALGORITMA.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
P31035 Algorithms and Complexity 3 SKS
1 Pertemuan 15 Game Playing Matakuliah: T0264/Intelijensia Semu Tahun: Juli 2006 Versi: 2/1.
Mata kuliah :K0362/ Matematika Diskrit Tahun :2008
Binary Search Tree. Sebuah node di Binary Search Tree memiliki path yang unik dari root menurut aturan ordering – Sebuah Node, mempunyai subtree kiri.
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Pencarian Heuristik (Heuristic Search).
STATISTIKA CHATPER 4 (Perhitungan Dispersi (Sebaran))
ALGORITMA SIMPLEX Adalah prosedure aljabar untuk mencari solusi optimal sebuah model linear programming, LP.
Metode Pencarian/Pelacakan
PERCABANGAN DAN PEMBATASAN
Recurrence relations.
Bahan Kuliah IF2211 Strategi Algoritma
DAFTAR TOPIK SKRIPSI Cecilia E. Nugraheni
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Pertemuan 25 MERANCANG ALGORITMA DENGAN KOMPLEKSITAS TERTENTU
Greedy Pertemuan 7.
Branch and Bound Lecture 12 CS3024.
GRAF TIDAK BERARAH PART 2 Dosen : Ahmad Apandi, ST
Program Dinamis.
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Exhaustive Search.
Pemrograman Linier.
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
LATIHAN 26 Buatlah sebuah algoritma untuk menampilkan jumlah faktor pembagi bilangan X, dengan X adalah 1 hingga N ! Misal Jumlah faktor dari 1 adalah.
Algoritma Branch and Bound
Parabola Parabola.
Pertemuan 24 Teknik Searching
Problem solving by Searching
Algorithms and Programming Searching
Penyelesaian Masalah Berdasarkan Teknik AI.
Linear Programming.
Dasar-Dasar Sistem Informasi
Algoritma Divide and Conquer
Break - even and Contribution
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Pengantar Strategi Algoritma
Solusi Program Linier dengan Metode Grafik
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Transcript presentasi:

CSG3F3/ Desain dan Analisis Algoritma Branch and Bound Intelligence, Computing, Multimedia (ICM)

Branch and bound Basic idea and particularities It is a method to solve combinatorial optimization problems It is based on the same idea as backtracking: it constructs a state space tree and stop developing a branch in this tree as soon as we can decide that it cannot lead to a solution Backtracking: - search for configurations which satisfy some constraints Branch and Bound: - search for configurations which satisfy some constraints and optimize a criterion (objective function) CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

What is Branch and Bound ? Branch and Bound (B&B):explore all solutions using constraints (bounds) Lower Bound: min. possible value of solution Upper Bound: max. possible value of solution The problem is split into sub-problems Each sub-problems is expanded until a solution is obtained as long as its cost doesn’t exceed the bounds Its cost must be greater than the lower bound CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Application: Knapsack Problem Diberikan n items yang diketahui weights wi dan profit vi, i=1,2,…,n, dan kapasitas knapsack W. Langkah pertama mengurutkan density vi / wi secara descending: v1/w1≥v2/w2≥…≥vn/wn Langkah kedua, menghitung upper bound (ub): ub = v + (W-w)(vi+1/wi+1) CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Application: Knapsack Problem Perhatikan tabel knapsack berikut ini. Kapasitas knapsack W adalah 10. CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Application: Knapsack Problem Setiap level dari pohon ruang status menyatakan subsets dari n items. Path dari root memiliki dua cabang, masing-masing menyatakan: Cabang kiri  inclusion item Cabang kanan exclusion item Hitung ub root  0 + 10.10 = 100 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Application: Knapsack Problem CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Application: TSP Problem Tentukan lb dengan panjang l dari setiap tour dengan formula: Untuk setiap kota i, 1≤i≤n, hitung hasil penjumlahan jarak si dari kota i ke dua kota terdekatnya. Lakukan penjumlahan tersebut sebanyak n, kemudian hasilnya bagi dengan 2. Lb = s/2 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Application: TSP Problem Perhatikan graf berbobot berikut ini CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Application: TSP Problem Sebagai contoh, lb awal menghasilkan Lb = [(1+3)+(3+6)+(1+2)+(3+4)+(2+3)]/2 = 14 Persamaan lb tersebut dimodifikasi untuk edge(a,d) dan (d,a) atau tour lainnya: [(1+5)+(3+6)+(1+2)+(3+5)+(2+3)]/2 = 16 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Application: TSP Problem CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Exercises Terapkan algoritma branch and bound untuk persoalan knapsack berikut ini. CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Exercises Terapkan algoritma branch and bound untuk persoalan TSP dari graph berikut ini. CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

BFS with Branch and Bound Pruning pi wi pi /wi 1 $40 2 $20 $30 5 $6 3 $50 10 $5 4 $10 $2 W=16, n=4 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

BFS with Branch and Bound Pruning CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

BFS with Branch and Bound Pruning Algorithm CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Best-first search with Branch and Bound Pruning CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

Best first search algorithm CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma