Media Pembelajaran Matematika

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERKALIAN DAN PEMBAGIAN
Advertisements

MENERAPKAN DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK
Gambar Teknik Gambar  salah satu informasi visual
Algoritma dan Flowchart
BILANGAN BULAT TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENERAPAN KONSEP
ALAT PERAGA MANIK-MANIK
Created by : Elva Mardayanti
MATEMATIKA Pokok Bahasan SEGITIGA Untuk Kelas VII Semester Genap Oleh: Awan Winanto, S.Pd MTsN Selat Kuala Kapuas Pelatihan Jardiknas 10 Maret 2008.
Pembuktian Jumlah sudut segitiga Oleh: KELOMPOK VIII  HAMKA  MUHAMMAD BASIR  HERLINA KAMARUDDIN  ZAHRATUN NADIRA.
Pada mata pelajaran matematika
Assalamu’alaikum Wr.Wb
APLIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
APLIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
NOTASI BILANGAN BULAT DAN POSISINYA PADA GARIS BILANGAN
NAVIGASI DARAT Navigasi adalah cara menentukan arah dan posisi, yaitu arah yang akan dituju dan posisi keberadaan navigator berada dimedan sebenarnya yang.
Media Pembelajaran Matematika
BAB I BILANGAN BULAT Mengenal Bilangan Bulat
Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
TEOREMA PHYTAGORAS SMP KELAS VIII SEMESTER II (Genap) OLEH NURLI FASNI
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
CAHAYA.
Algoritma dan Flowchart
Konstruksi Geometris.
Jawab di kertas bergaris (30 Menit)
Pengembangan media pembelajaran matematika
Garis Singgung Persekutuan
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
Menggambar dan Mengukur sudut
PECAHAN Peragaan pecahan ½
SELAMAT DATANG di MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
LINGKARAN.
Teknologi Dan Rekayasa
Penerapan Konsep Energi Gerak
JENIS - JENIS BILANGAN BULAT
MENGGAMBAR TEKNIK 1.
Assalamuallaikum Wr.Wb
Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
OLEH : ADIL GANDA SJN D A-PGMI
Struktur Jaringan Pada Tumbuhan
RUMUS LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR
Teorema Pytagoras.
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
2. Dengan garis bilangan Ketentuan : Ketentuan : –Operasi Penjumlahan dan Pengurangan adalah operasi 2 atau lebih bilangan yang di operasikan dengan tanda.
Menentukan Rumus Luas Lingkaran Melalui Pendekatan Luas Trapesium
OLEH : Siti umi khumaeroh
PUZZLE SUDUT Media Pembelajaran Matematika
Lingkaran dalam Segitiga
Oleh: Candra Surya Raina A
PERMASALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR MATERI BILANGAN DESIMAL
UBIN ALJABAR Akhmad supendi PMTK 5B.
SELAMAT DATANG PALUS WEI EBOOK PENGEMBANGAN MODEL KESETARAAN.
Media Pembelajaran Matematika
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MARI BELAJAR MATEMATIKA
Bidang Kartesius Kelas 9 Semester 2.
BANGUN DATAR LINGKARAN
Pengenalan dan Penggunaan Peralatan serta Kelengkapan Gambar Teknik
GAMBAR TEKNIK PENGENALAN ALAT DAN BAHAN
B O L A Rabu, 19 September 2018 Bangun ruang sisi lengkung.
PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT
Peta Konsep. Peta Konsep B. Transformasi pada Garis dan Kurva.
 Memahami macam-macam sudut Menerapkan Prosedur Gambar Bentuk – Bentuk Bidang A. Menggambar Sudut 1. Buat garis lurus AB sembarang AB.
MENEMUKAN KONSEP NILAI MUTLAK Kegiatan 1 Diskusikan dikelompokmu permasalahan berikut: Alief bermain lompat lompatan dilapangan, dari posisi diam Alief.
PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT
Keliling adalah jumlah jarak yg ditempuh untuk mengelilingi suatu area atau daerah berupa bangun datar (dalam dimensi dua) Keliling segitiga adalah jumlah.
TEKNIK GEOMATIKA DAN GEOSPASIAL
GAMBAR TEKNIK. Tujuan Mengetahui peralatan gambar teknik dan fungsinya Mampu mengoperasikan peralatan gambar teknik secara manual.
MENERAPKAN DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK OLEH : KUSTENDAR, S.T TEKNIK GAMBAR OTOMOTIF SMK AL-IHSAN PAMARICAN.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
Konstruksi Geometris. Untuk menggambar bentuk-bentuk geometri diperlukan ketrampilan dasar menggambar dengan menggunakan penggaris, jangka, segitiga,
Transcript presentasi:

Media Pembelajaran Matematika Arindhi Yulianingtyas ( 12601040040) Ermita Ayu Piranti ( 12601040036)

Media Pembelajaran Matematika Pengertian Media Pembelajaran Media Pembelajaran yang digunakan

Pengertian Media Pembelajaran Matematika Media pembelajaran metematika yang lebih cenderung disebut alat peraga matematika dapat didefinisikan sebagai suatu alat peraga yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi GBPP bidang studi matematika dan bertujuan untuk mempertinggi mutu kegiatan kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan media, konsep dan simbol matematika yang tadinya bersifat abstrak menjadi konkret. Sehingga kita dapat memberikan pengenalan konsep dan simbol matematika sejak dini, disesuaikan dengan taraf berpikir anaknya.

Media Pembelajaran Matematika Mistar Hitung Jangka

Mistar Hitung Mistar hitung adalah alat bantu untuk menghitung penjumlahan pada bilangan bulat yang dapat dibuat sendiri dari kertas karton atau lainnya. Mistar hitung yang akan digunakan terdiri dari dua buah mistar dengan skala yang sama dan terdiri dari bilangan bulat, yaitu bilangan bulat negatif, nol, dan bilangan bulat positif.

Tehnik pembuatannya meliputi langkah-langkah sebagai berikut sterofoom dibelah menjadi dua bagian sama besar.2 Satu bagian sterofom yang sudah dibelah, dibelah lagi menjadi tiga bagian. Sterofom pada langkah satu disatukan atau ditempel dengan sterofom pada langkah 2(bertumpuk).(ditempel menggunakan double tip) Belahan pertama sterofom digunakan untuk tempat menulis angka mistar pertama atau mistar atas. Belahan kedua untuk angka mistar bawah (gunakan warna yang berbeda dengan mistar atas). Belahan ke tiga untuk tumpuan belahan ke dua. Bahan terdiri dari sterofoom. Alat terdiri dari Pisau karter, double tip, Spidol 2 buah dengan warna yang berbeda dan penggaris.

Jangka Jangka adalah alat untuk menggambar  lingkaran atau busur. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur jarak, terutama pada peta. Jangka digunakan dalam matematika, gambar teknis, navigasi, dan lain-lain. Jangka biasanya terbuat dari besi, dan terdiri dari dua bagian/kaki yang dihubungkan oleh engsel dan bisa diatur pembukaannya. Salah satu kaki mempunyai jarum di ujungnya, dan pensil di kaki yang lain, atau bisa juga memakai pena. Lingkaran bisa dibuat dengan menancapkan kaki yang berjarum di atas kertas dan menyentuhkan pensil ke permukaan kertas, lalu memutar pensil dengan tumpuan kaki berjarum sambil menjaga sudut engsel untuk tidak berubah. Jari-jari lingkaran bisa diubah dengan mengubah sudut yang dibentuk oleh engsel

MISTAR HITUNG JANGKA

KESIMPULAN Selanjutnya yang perlu kita ingat bersama bahwa tidak ada satu mediapun yang sifatnya bisa menjelaskan semua permasalahan atau materi pembelajaran secara tuntas.

THANK YOU 