Pengenalan Pemrograman 2

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Java Progamming Operasi I/O
Introduction OOP with JAVA Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Oleh: Ali Ridho Barakbah
PERTEMUAN 2 PEMROGRAMAN API Pengenalan API mudafiqriyan.com.
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN KOMPUTER 2 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Pemrograman Berorientasi Objek. Java, Apa itu?  Salah satu bahasa pemrograman yang unggul dibanding yang lain  Merupakan filter-filter dari bahasa pemrograman.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Algoritma & Pemrograman 1
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361)
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Introduction Object Oriented Programming (JAVA) Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Object Oriented Programming (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
Network Programming Oleh: Idris Winarno.
Objek-Oriented Programming (OOP) Dosen Pengampu : Nur Iksan Dosen Pengampu : Nur Iksan.
Modul 7: package dan package standard java
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
MUSDALIFAH DJ. Perkembangan Sistem Operasi GNU/Linux semakin pesat, tentu saja perkembangan tersebut diiringi dengan berkembangnya program-program yang.
Pemrograman berbasis obyek
JAVA APPLET Creating Web Application using Java Applet Introduction to Java (1 st part)
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
Applet Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat applet sederhana.
Graphical User Interface (GUI)
Java GUI PBO.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Algoritma & Pemrograman 1
Objek-Oriented Programming (OOP)
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Package dan package standard java
Algoritma dan Struktur Data Menggunakan Java
Pengenalan dan Struktur Java (Statement Output)
Java User Interface (Swing)
Teori Pertemuan 8 “Pengorganisasian Class”
Java Fundamentals Eko Hari Rachmawanto.
GUI AWT & SWING Alpro-2.
GUI Event Handling Alpro-2.
Pengenalan Program Java
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Advanced Class Features 1
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Pendahuluan PBO.
Pemrograman Berorientasi Obyek IT209
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berbasis Objek Pengantar OOP
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Algoritma & Pemrograman 1
Pemrograman Berorientasi objek Java (IX307)
JAVA.
Algoritma & Pemrograman 1
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman C (IN124C) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
Package dan package standard java
Pemrograman Berorientasi Obyek
Review C/C++ & Intro to Java
Pemrograman C (IN124C) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
Pengenalan Pemrograman 1
Pemrograman Berorientasi Objek
APLIKASI PEMBELAJARAN Nurhapipah
Streams & Files 1. Streams (data moving into and out of a program) and files are supported by the java.io package. 2. InputStream & OutputStream are.
Transcript presentasi:

Pengenalan Pemrograman 2

Deskripsi Pembelajaran Pengenalan Pemrograman 2 memberikan pembahasan konsep dan teknik pemrograman lanjut dalam Java. Topik-topik yang disajikan pada Pengenalan Pemrograman 2 Pendalaman konsep Pemrograman Berorientasi Object Event handling Exception handling API programming Rekursif Abstract data types (ADT)

Ketentuan Pembelajaran Prasyarat Telah mempelajari Pengenalan Pemrograman 1 Tool : J2SE SDK Version 1.5 NetBeans IDE yang dijalankan pada J2SE JDK 5.0 (JavaTM 2 JDK, Standard Edition) Terdiri atas : Java Runtime Environment developers tool untuk proses compile, debug, dan menjalankan aplikasi yang ditulis dengan Java

Garis Besar Pembelajaran Review konsep dasar Java Konsep berorientasi object (object-oriented) Struktur Program Java Exception dan Assertion Definisi Exceptions Menangkap(catch) Exception Melempar(throw) Exception Kategori Exception Assertion

Garis Besar Pembelajaran Teknik Pemrograman Lanjut Rekursif Abstract Data Types (ADT) Java Collection Pengantar package java.lang Class Math Class String dan Class StringBuffer Class Wrapper Class Runtime dan Process Class System

Garis Besar Pembelajaran Aplikasi Berbasis Teks Command-line Argument dan System Properties Membaca dari Standard Input File Handling Algoritma Sorting Insertion Sort Selection Sort Merge Sort Quicksort

Garis Besar Pembelajaran Abstract Window Toolkit dan Swing Abstract Windowing Toolkit (AWT) vs. Swing Komponen GUI AWT Layout Manager Komponen GUI Swing

Garis Besar Pembelajaran GUI Event Handling Delegation Event Model Event Classes Event Listener Class Adapter Class Inner dan Class Anonymous Inner

Garis Besar Pembelajaran Thread Definisi dan dasar-dasar Thread Class Thread Membuat Thread Meng-extend Class Thread Mengimplementasikan Runnable Interface Synchronization Komunikasi Interthread

Garis Besar Pembelajaran Jaringan (network) Konsep dasar jaringan Package jaringan Java ServerSocket dan Class Socket MulticastSocket dan Class DatagramPacket Applet Membuat Applet Method Applet Tag HTML Applet

Garis Besar Pembelajaran I/O Stream Lanjut Jenis umum Stream Class File Class-class Reader Class-class Writer Contoh dasar Reader/Writer Contoh modifikasi Reader/Writer Class-class InputStream Class-class OutputStream Contoh dasar InputStream/OutputStream Contoh modifikasi InputStream/OutputStream Serialization

Garis Besar Pembelajaran Pengenalan Generic Alasan penggunaan Generic Mendeklarasikan Class Generic Generic yang dibatasi (Constrained Generic) Mendeklarasikan Method Generic