Yehezkiel Marschell (160905899) Media Sosial Nama Anggota : Yosef Aldi (160905860) Aurelia Melisa (160905892) Dhea Septiana (160905894) Yehezkiel Marschell (160905899)
Sejarah Media Sosial
Tahun 1978, Ward Christensen dan Randy Suess menemukan sistem papan buletin atau bulletin board system (BSS). Tahun 1984, lahir layanan online Prodigy dan merupakan penyedia layanan online terbesar kedua pada era tahun 1990-an. Tahun 1993, lahir World Wide Web di internet dengan browser grafis pertama, mosaic, dan halaman web seperti dikenal saat ini oleh National Center for Supercomputing Applications (NCSA) yang ada di University Illionis Urbana Champaign.
Tahun 1995, Lahir situs GeoCities Tahun 1995, Lahir situs GeoCities. Kegunaanya untuk melayani penyewaan penyimpanan data-data website agar website tersebut dapat diakses dari mana pun.
Tahun 1995, lahir situs Classmates. com Tahun 1995, lahir situs Classmates.com. Situs jejaring sosial terbatas pada lingkungan orang-orang tertentu saja. Tahun 1997, lahir situs Sixdegree.com. Memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan.
Tahun 1998, Google lahir. Sebagai mesin pencari utama di internet dan memunculkan tampilan indeks. Tahun 1999, lahir Blogger. Situs ini memberi peluang kepada penggunanya untuk dapat membuat halaman situs sendiri.
Tahun 2000, lahir Lunastorm, Live Journal, Cyword Tahun 2000, lahir Lunastorm, Live Journal, Cyword. Fungsinya sekadar memperluas informasi secara searah.
Tahun 2001, Lahir Ryze.com. Memperluas dan memperbesar jejaring bisnis.
Tahun 2001, Wikipedia lahir. sebuah ensiklopedia online dan wiki terbesar Tahun 2002, Lahir Friendster. Situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh.
Tahun 2003, lahir Linkdln. Situs ini bermanfaat untuk bertukar informasi mengenai pekerjaan atau mencari pekerjaan, sehingga fungsi medsos makin berkembang Tahun 2003, lahir MySpace.
Kemunculan sejumlah jejaring sosial itu pada intinya bermula dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari berbagai latar belakang yang ada di seluruh belahan bumi. Tahun 2005, Friendster dan MySpace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati.
Tahun 2006, lahir Twitter. Pengguna Twitter hanya bisa meng-update status yang bernama tweet atau kicauan, dan dibatasi hanya 140 karakter. Tahun 2004 , lahir Facebook.
Tahun 2007, lahir Wiser. Situs jejaring sosial ini meluncur bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Tujuannya adalah menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk gerakan pro lingkungan hidup yang dilakukan individu, organisasi dan kelompok. Tahun 2011, lahir Google+. Awal peluncurannya hanya terbatas pada orang yang telah di-invite oleh Google.
Tahun 2012, lahir Ketiker. Menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog yang memberi peluang bagi penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan secara leluasa.
Pengertian Media Sosial, Beragam Isu dan Masa Depan Media Sosial
Medsos sebagai sebuah media online, di mana para penggunanya (user) melalui aplikasi berbasis internet dapat berbagi, berpartisipasi, dan menciptakan konten berupa blog, wiki, forum, jejaring sosial, dan ruang dunia virtual yang disokong oleh teknologi multimedia yang kian canggih. Andreas M. Kaplan Michael Haenlein
Medsos dibagi menjadi enam jenis: Proyek kolaborasi website. Mengubah, menambah, atau membuang konten-konten yang termuat di website tersebut. Misalnya, Wikipedia. Blog dan Mikroblog. mengungkapkan suatu hal di blog tersebut, seperti perasaan, pengalaman, pernyataan, hingga kritikan terhadap suatu hal. Misalnya, Twitter Konten atau isi. Membagikan konten-konten multimedia, seperti e-book, video, foto, gambar, dan lain-lain. Misalnya, YouTube. Situs jejaring sosial. Membuat informasi yang bersifat pribadi, kelompok atau sosial sehingga dapat terhubung atau diakses oleh orang lain. Misalnya, Facebook. Virtual Game World. melalui aplikasi 3D dapat muncul dalam wujud avatar-avatar sesuai keinginan dan kemudia berinteraksi dengan orang lain yang mengambil wujud avatar juga layaknya dunia nyata. Misalnya, game online. Virtual social world. Aplikasi berwujud dunia virtual yang memberikan kesempatan pada user berada dan hidup di dunia virtual untuk berinteraksi dengan yang lain. Misal, Second Life.
Media sosial memiliki ciri : Konten yang disampaikan dibagikan kepada banyak orang dan tidak terbatas pada satu orang tertentu. Isi pesan muncul tanpa melalui suatu gatekeeper dan tidak ada gerbang penghambat. Isi disampaikan secara online dan langsung. Konten dapat diterima secara online dalam waktu cepat atau tertunda tergantung pada waktu yang ditentukan sendiri oleh pengguna. Medsos menjadikan penggunanya sebagai kreator dan aktor yang memungkinkan dirinya untuk beraktualisasi diri. Terdapat sejumlah aspek fungsional, yaitu identitas, interaksi, sharing, eksis, relasi, status, dan group.
Etika Bermedia Sosial Etika adalah kesadaran dan pengetahuan mengenai baik atau buruk atas perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh manusia.
Terdapat dua aspek dalam penggunaan akun dalam media sosial. Pertama, menggunakan media sosial dengan bijaksana agar tidak ada pihak yang dirugikan. Kedua, menggunakan media sosial dengan hati-hati agar tidak menjadi korban atau dirugikan oleh pihak lain yang menyalahgunakan media sosial.
Kemudahan dalam mengakses media sosial mengakibatkan susah untuk dipisahkan dari kehidupan penggunanya, hal itu karena media sosial dapat diakses di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, dan tentang apa saja. Seakan-akan media sosial telah menjadi tulang punggung dalam abad digital ini.
Etika Bermedia-sosial dalam Praktik Berdasarkan kesepakatan tertulis Berdasarkan legal formal Etika Tidak tertulis
Media sosial termasuk kategori ruang publik, berikut beberapa nilai, acuan, dan pedoman yang menjadi dasar pertimbangan untuk bertindak bijaksana saat menggunakan akun media sosial:
Tidak mengumbar informasi yang berbau privasi atau keluarga Berkomunikasi secara santun dan tidak menggunakan kata kasar. Dilarang untuk menyebarkan konten pornografi, agama, ras, suku, dan antar golongan, baik tulisan, foto, gambar, ilustrasi, suara atau video. Memverifikasi kebenaran konten informasi atau berita atau kejadian sebelum menyebarluaskan.
Pehargaan akan hasil karya orang lain. Think before you write. Menyaring dan membatasi konten dalam media sosial.
Ragam dan Jenis Aplikasi Media Sosial Youtube (www.youtube.com) Vimeo (www.vimeo.com) Daily Motion (www.dailymotion.com) 1. Aplikasi Media Sosial Berbagi Video
Twitter (www.twitter.com) Tumblr (www.tumblr.com) 2. Aplikasi Media Sosial Mikroblog
3. Aplikasi Medsos Berbagi Jaringan Sosial
Google Plus
Path
4. Aplikasi Berbagi Jaringan Profesional
Linkedin (www.linkedin.com)
Scribd (www.scribd.com)
Slideshare (www.slideshare.com)
5. Aplikasi Manajemen Twitter
TweetDeck (www.tweetdeck.com)
6. Aplikasi Berbagi Foto
Pinterest (www.pinterest.com)
Picasa (picasa.google.com)
Flickr (www.flickr.com)
Bermedsos dengan Efektif Tiga proses dasar dalam bermedia sosial: Menciptakan Platform/konsep dasar media sosial. Menaksir dampak resiko yang timbul. Pelaksanaan Peningkatan Kualitas Medsos
Dampak Positif Mudahnya berinteraksi dengan orang lain Sarana promosi Sarana sosialisasi program pemerintah Sarana silaturahmi Sarana hiburan
Dampak Negatif Kurangnya interaksi dengan dunia luar Membuat kecanduan Pemborosan Tergantikannya kehidupan sosial Pornografi Kesalahpahaman Berkurangnya perhatian terhadap keluarga Sarana kriminalitas
HATURNUHUN