SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Komponen Antarmuka Grafis
Advertisements

Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Pemodelan & Kualifikasi
Interaksi Manusia dan komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
DESIGN INTERFACE.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER pertemuan 1 SAP (Satuan Ajar Perkuliahan)
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
komponen antarmuka pengguna
Perancangan Tampilan.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Spesifikasi Perangkat Lunak
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Perancangan antarmuka (design interface)
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
IMK: PENANGANAN KESALAHAN
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
PERANCANGAN INTERFACE USER
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
KONSEP INTERFACE
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
DESAIN.
Pendahuluan.
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Panduan Merancang Interface
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Interfase design Pertemuan 4.
Perancangan Tampilan.
DIALOG.
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Perancangan Tampilan.
Desain Sistem.
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interfase design Pertemuan 4.
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Perancangan Tampilan.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Perancangan Tampilan.
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Perancangan Tampilan.
Pendahuluan.
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Perancangan Tampilan.
Transcript presentasi:

SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER STMIK BANTEN JAYA 21 – 25 Juli 2011

RENCANA PENGAJARAN IMK & TUJUANNYA PERANCANGAN TAMPILAN KOMPONEN ANTAR MUKA GRAFIS MENU BAHASA PERINTAH

PERANCANGAN TAMPILAN Dokumentasi rancangan dapat dikerjakan atau dilakukan dalam beberapa cara : Membuat sketsa pada kertas Membuat peranti prototipe GUI Menulis tekstual yang menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dengan jendela yang lain Menggunakan peranti bantu yang disebut CASE (Computer Aided Software Engineering)

Special Purpose Software PENDEKATAN Special Purpose Software User Centered Design Approach Melibatkan Pengguna dalam pembuatannya (antar muka) User Design Approach Pengguna sendiri yang merancang antar muka

General Purpose Software PENDEKATAN General Purpose Software Disebut juga Public Software Digunakan oleh berbagai tingkat kepandaian dan karakteristik yang beragam Dibuat Customization

1. Pemilihan Ragam dialog URUTAN PERANCANGAN 1. Pemilihan Ragam dialog Pemilihan ragam dialog dipengaruhi oleh : Karakteristik populasi pengguna (pemula, menengah, ahli) Tipe dialog yang diperlukan Kendala teknologi yang yang ada untuk mengimplementasikan ragam dialog tersebut.

2. Perancangan struktur dialog URUTAN PERANCANGAN 2. Perancangan struktur dialog Melakukan analisis tugas dan menentukan model pengguna dari tugas tersebut untuk membentuk struktur dialog yang sesuai.

3. Perancangan format pesan URUTAN PERANCANGAN 3. Perancangan format pesan Tataletak tampilan dan keterangan tekstual secara terinci harus mendapat perhatian lebih. Kebutuhan data masukan yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan data masukan harus diperhitungkan segi efisiensi, dengan mengurangi pengetikan yang tidak perlu dengan cara mengefektifkan penggunaan tombol.

4. Perancangan penanganan kesalahan URUTAN PERANCANGAN 4. Perancangan penanganan kesalahan Menghindari terjadinya abnormal termination yaitu eksekusi program terhenti karena tyerjadi kesalahan.

PENANGANAN KESALAHAN Validasi pemasukan data Proteksi pengguna Pemulihan kesalahan Penampilan pesan salah yang tepat dan sesuai dengan kesalahan yang terjadi pada waktu itu.