Tugas Kelompok MAKALAH Pengantar Teknologi Informatika

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

Mengenal Microsoft Word 2007
Media Presentasi Dengan Power Point
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Kategori Desain Grafis
Oleh : Padeli, M.Kom Pembuatan Bahan ajar Interaktif
Bab 6 Multimedia.
Tugas Kelompok MAKALAH Pengantar Teknologi Informatika
Dasar-dasar Web Design
E-LEARNING, I-LEARNING DAN FUNGSI MENU PULLDOWN PADA Ms. POWER POINT
Apakah Otomatisasi Kantor ?
Menggunakan Perangkat Lunak Beberapa Program Aplikasi
KOMPUTER APLIKASI.
P E N D A H U L U A N Word Processing
Interaksi Manusia dan Komputer
FUNGSI DAN PROSES KERJA
Gambaran Umum Mata Kuliah Aplikasi Komputer
PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA
Pengantar Aplikasi Komputer I
PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Sistem Multimedia.
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
MENANGANI aplikasi perangkat lunak
PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
PENGENALAN TEKHNOLONGI INFORMATIKA DI SUSUN OLEH : ENY KURNIAWATI Muhammad AMBARi TRIYANI Marta Wibawa SUDARNO.
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
1 Pertemuan 7 Sistem Pengguna Tunggal Disiapkan oleh : Indra Tjahjani, Ir, SS, MLA, MMSI, Dr D 2422 Matakuliah: R0352 / Pengantar Teknologi Informasi Tahun:
ASADULLOHIL GHALIB Microsoft OFFICE.
BAB 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
Storyboard.
Pengantar Teknologi Informasi
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
Konsep sistem informasi a
PEMROSESAN DOKUMEN FILE DOKUMEN
Produksi Konten Multimedia
Interaksi Manusia dan Komputer
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
M2. Produksi konten Multimedia 1
Multimedia Authoring For Health Information
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Microsoft Power Point.
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
Pengantar Komputer & Teknologi Informasi 1c
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
(MEMBUAT DOKUMEN DENGAN PENGOLAHAN KATA)
BAB 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
1.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Produk TI untuk aplikasi perkantoran
Interaksi Manusia dan Komputer
Microsoft Word.
PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA (microsoft word)
PRSENTASI.
Apakah Otomatisasi Kantor ?
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Apakah Otomatisasi Kantor ?
Apakah Otomatisasi Kantor ?
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Memahami etimologi multimedia
Pengolahan kata dan desktop publishing
Apakah Otomatisasi Kantor ?
Membuat Electronic Book (e-book)
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

Tugas Kelompok MAKALAH Pengantar Teknologi Informatika Dosen: Nahot Frastian, S.Kom Kelompok -3 X-1-E Ari Prihatin _201243500403 Asep Ahmad Zaelani_201243500432 Zulha Malik Baskoro_201243500431

Dari Wordprocessing Hingga Paperless Publishing Proses pengolah kata Peralatan kerja dengan words Sejarah desktop publishing Alat pengolah masa datang Spreadsheet Software statistik Statistik dan data analisis Visualisasi ilmiah

Graphics, Hypermedia dan Multimedia Focus pada komputer garfik Media yang dinamis Multimedia interaktif Data yang dipadatkan

Pengolah Kata adalah suatu program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer. Dahulu pengolah kata yang dikenal dan banyak digunakan adalah “Wordstar” dan “WordPerfect”. Saat ini, pengolah kata yang banyak digunakan adalah “Microsoft Word” Sehingga dengan Microsoft Word dapat menghemat penggunaan kertas (paperless) dengan tujuan terjadinya peningkatan kecepatan, ketepatan, keamanan kerja di kantor dan meningkatkan produktivitas kerja

Peralatan Kerja dengan Word Peralatan kerja saat ini biasanya dengan menggunakan Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Bagian-bagian dari Microsoft Word Tittle Bar ( Minimize, Maximize, Restore, Close ) Menu Bar ( File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help) Tool Bar ( Sekumpulan ikon-ikon dibawah menu bar ) Ruler ( Mistar untuk pengukuran ) Scroll Bar ( untuk menggeser lembar kerja ) Status Bar ( informasi mengenai halaman yang sedang kita sunting ) Kursor ( garis vertikal yang senantiasa berkedip – kedip )

Sejarah Desktop Publishing Desktop publishing (juga dikenal sebagai DTP) menggabungkan komputer dan perangkat lunak untuk tata letak halaman WYSIWYG yang berfungsi untuk membuat dokumen publikasi pada komputer dan penerbitan baik skala besar atau kecil skala output perangkat multi fungsi lokal maupun distribus. WYSIWG adalah singkatan dari What You See Is What You Get (Arti : Apa Yang Anda Lihat Adalah Apa Yang Anda Dapatkan) Istilah ini digunakan dalam perkomputasian untuk menggambarkan suatu sistem Desktop publishing dimulai pada tahun 1985 dengan diperkenalkannya MacPublisher, tata letak program WYSIWYG pertama.

yang berjalan pada komputer Macintosh 128K asli yang berjalan pada komputer Macintosh 128K asli. (Typesetting Desktop, dengan hanya fasilitas makeup Halaman yang terbatas, pada tahun 1978-9 dengan pengenalan TeX, dan telah diperpanjang pada awal tahun 1980 oleh LaTeX) Pasar DTP. Meledak di tahun 1985 dengan pengenalan pada Januari printer LaserWriter Apple , dan kemudian pada bulan Juli dengan pengenalan perangkat lunak dari Aldus PageMaker yang dengan cepat menjadi standar industri perangkat lunak DTP. Kemampuan untuk membuat WYSIWYG layout halaman di layar dan kemudian halaman cetak pada resolusi 300 dpi sangat revolusioner untuk kedua industri grafis. Istilah "desktop publishing" ini dihubungkan dengan pendiri Aldus Corporation Paulus Brainerd , yang menangkap-frase untuk menggambarkan ukuran kecil dan keterjangkauan suite produk dalam kontras dengan peralatan mahal komersial phototypesetting .

Dengan standar hari ini Pengguna sistem 512K PageMaker-LaserWriter-Macintosh mengalami tampilan pada layar kecil dengan Mac 512 x 342 1-bit monokrom, ketidakmampuan untuk mengontrol huruf spasi, kerning dan fitur tipografi lainnya, dan perbedaan antara tampilan layar dan output cetak. Namun, itu kombinasi revolusioner pada waktu itu, dan telah diterima dengan pujian yang cukup besar. Selama tahun-tahun awal, desktop publishing mendapatkan reputasi buruk dari pengguna yang tidak terlatih yang menciptakan layout yang kurang terorganisir efek tebusan catatan - kritik yang akan dikenakan lagi melawan penerbit web awal satu dasawarsa kemudian. Namun, beberapa mampu mewujudkan hasil yang benar-benar profesional.

Sebagai contoh : Majalah info menjadi desktop pertama yang diterbitkan, penuh warna, kios majalah di kuartal terakhir tahun 1986 Tingkat keterampilan DTP berkisar dari apa yang mungkin bisa dipelajari dalam beberapa jam (misalnya belajar bagaimana memasukkan clip art dalam pengolah kata) untuk apa yang memerlukan pendidikan perguruan tinggi dan tahun pengalaman (misalnya posisi biro iklan) Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan perangkat lunak untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi. Dokumen desktop publishing mungkin untuk pencetakan desktop atau komersial atau distribusi elektronik termasuk PDF, slide show, newsletter email, dan Web.

Alat Pengolah Masa Datang Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna

Komputer tanpa program ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang. Mungkin ini beberapa contoh Alat masa depan :

Spreadsheet Spreadsheet adalah aplikasi program komputer interaktif untuk organisasi dan analisis informasi dalam bentuk tabel. Spreadsheet dikembangkan sebagai simulasi komputerisasi akuntansi worksheet kertas. Program ini beroperasi pada data yang direpresentasikan sebagai sel dari array, diselenggarakan dalam baris dan kolom. program spreadsheet adalah salah satu komponen utama dari suite produktivitas kantor, yang biasanya juga mengandung pengolah kata, program presentasi, dan sistem manajemen database.

Salah contohnya adalah Microsoft Excel

Software Statistik adalah sebuah perangkat Lunak Pengertian dalam arti luas statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan atau pengelompokkan, penyajian,dan analisis data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang tidak menyeluruh. Berikut contoh- contoh Softwarte Statistik : SPSS. Statistical Package for the Social Sciences Minitab Software statistik R

SPSS adalah program komputer yang dipakai untuk analisa statistika. Sejak tanggal 28 Juli 2009, "SPSS" disebut sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare) Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks.

Statistik dan Data Analisa Statistik Dalam arti sempit, statistik berarti data ringkasan berbentuk angka (kuatitatif). Dalam arti luas, statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan atau pengelompokkan, penyajian,dan analisis data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang tidak menyeluruh. Jenis-jenis Statistik dibedakan menjadi 2 : Statistik deskriptif Statistik inferensial

Statistik deskriptif adalah statistik yang berkenaan dengan metode atau cara mendeskripsikan, menggambarkan, menjabarkan, atau menguraikan data. Statistik inferensial adalah statistik yang berkenaan dengan cara penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakterisktik atau ciri dari suatu populasi.

Beberapa contoh statistika :

Data Analisa Analisis data diartikan sebagai upaya mengolah data menjadi informasi, sehingga karakteristik atau sifat-sifat data tersebut dapat dengan mudah dipahami dan bermanfaat untuk menjawab masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan penelitian. Tujuan Analisis Data : -Mendeskripsikan data -Membuat induksi atau menarik kesimpulan

Langkah dan Prosedur Analisis Data Tahap mengumpulkan data Tahap editing Tahap koding Tahap tabulasi data Tahap pengujian kualitas data Tahap mendeskripsikan data karakteristik data sampel penelitian. Tahap pengujian hipotesis

Langkah dan Prosedur Analisis Data Macam Analisis Data teknik analisis data diskriptif digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat generalisasi hasil penelitian teknik analisis data inferensial

Visualisasi Ilmiah Pengertian Visualisasii adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia. Visualisasi Informasi memiliki tujuan yaitu : -Mengeksplor -Menghitung -Menyampaikan

Dukungan Komputer Dalam Proses Visualisasi Informasi Menyimpan Data Komputer. Komputer memungkinan teknik penyimpnan data yang lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional (menggunakan kertas). Data-data bisa disimpan dalam bentuk digital Proses Komputasi. Komputer dapat meningkatkan kecepatan akses pada data digital yang tersimpan untuk keperluan eksplorasi. Penyajian Informasi. Komputer memungkinkan penyajian informasi ke dalam berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

Fokus Pada Komputer Grafik adalah grafis yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih umumnya adalah representasi piktorial dan manipulasi data dengan komputer. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang mendalam pada banyak jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi dan industri. Istilah Computer Graphics memiliki beberapa arti, seperti representasi dan manipulasi data piktorial oleh komputer dari berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi data gambar-gambar tersebut, gambar yang dihasilkan, dan sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.

Hypermedia/Media Yang Dinamis Hypermedia adalah komputer berbasis sistem temu kembali informasi yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh atau menyediakan akses ke rekaman teks, audio dan video, foto, dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu. Hypermedia adalah istilah yang diciptakan oleh Ted Nelson World Wide Web adalah contoh klasik dari hypermedia, sedangkan presentasi bioskop non-interaktif adalah contoh dari multimedia standar karena tidak adanya hyperlink.

Hypermedia adalah Alat Pengembangan Hypermedia dapat dikembangkan dengan beberapa cara. Setiap alat pemrograman dapat digunakan untuk menulis program yang menghubungkan data dari variabel internal dan node untuk file data eksternal.  Pengembangan perangkat lunak multimedia seperti Adobe Flash, Adobe Direktur, Macromedia Authorware, dan Mediator MatchWare dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang berdiri sendiri hypermedia, dengan penekanan pada konten hiburan.

Multimedia Interaktif Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.

Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: Teks, Grafik, Audio dan Interaktivitas Ada beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu: Berbasis kertas (Paper-based) : buku, majalah, brosur. Berbasis cahaya (Light-based): slide shows, transparasi. Berbasis suara (Audio-based) : CD Players,  tape recorder, radio. Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), televisi, film. Berbasiskan digital (Digitally-based) : komputer.

Data Yang Dipadatkan adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut Pemadatan data tanpa kehilangan Teknik ini mampu memadatkan data dan mengembalikannya sama persis seperti semula. Pemadatan data berkehilangan Dengan teknik ini, kehilangan data yang kecil masih dapat diterima. Dengan algoritma tertentu, detil berkas dipangkas supaya ukuran data bisa dikecilkan.

Beberapa contoh software yang biasa untuk memadatkan file :

THE END