Penyandian  Penyimpanan  Pengingatan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KELOMPOK 5 : •Lia anggraini •Sinta dewi y •Carina dwi l •sella putri
Advertisements

Masalah-masalah BELAJAR
BERPIKIR OLEH NUR ADDIANSYAH.
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN ASAS ASAS PEMBELAJARAN
MEMORI PROSES MEMORI.
Memori Dan Berfikir.
Ade Panji Rukmana Nursiddik TriAndika M. Hatif Hibatullah Randy Dwira Danang Pambudi M. Ikhwan
PERTEMUAN VI : MEMORY (INGATAN) oleh : Sulis Mariyanti
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
OLEH OKING ADI SETIAWAN FAJAR TRI HARTONO GAGAS BAREB P
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PERTEMUAN IV: BAHASA & KERANGKA ACUAN DALAM INTERVIEW
Nia Septiannie Anugrah, S.Psi
Berpikir.
Designed by Kuntjojo, UNP Kediri
Proses Komunikasi Tujuan Instruksional : 1. Memahami dasar-dasar proses komunikasi 2. Memahami tingkatan proses komunikasi 3. Memahami komponen komunikasi.
PROSES LUPA Tugas Psikologi Belajar
Teori Belajar Kognitif
PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI
Information Processing Theory
Teori Pemprosesan Informasi
KESUKARAN BELAJAR.
BERFIKIR Tujuan Pembelajaran : Memahami elemen Kognisi
BELAJAR, INGATAN dan BERPIKIR
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Persepsi, Sikap, dan Nilai
Memory Pengertian Memory
Information Processing Theory
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL
Komunikasi Intrapersonal 2
KEPUTUSAN DALAM PEMBUATAN PERTANYAAN
LEARNING.
Sistem komunikasi intrapersonal
PROSES LUPA Tugas Psikologi Belajar
BERPIKIR.
Masalah-masalah BELAJAR
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PERSEPSI PERTEMUAN 9.
PERSEPSI PERTEMUAN 9.
MEMORI DAN PROSES BERPIKIR
KELOMPOK 5 Lena Morita ( ) Gita Ayu D. ( )
BAHASA & KERANGKA ACUAN
Jenis2 komunikasi Komunikasi intrapersonal Komunikasi interpersonal
BERPIKIR.
BERPIKIR.
MEMORY Devrina Rinanti S Irawaty Ikena Jalurene Saiyfa Ayu Lestari Wisnu Wijayanti Universitas.
Teori – Teori Memori dan Memori Jangka Panjang
METODE MEMBACA EFEKTIF
Sistem Komunikasi Intrapersonal
OLEH : NOVITA P. SIANTURI, M.Psi, M.Si
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Komunikasi Intrapersonal
BERPIKIR.
Proses Komunikasi Tujuan Instruksional : 1. Memahami dasar-dasar proses komunikasi 2. Memahami tingkatan proses komunikasi 3. Memahami komponen komunikasi.
By Diyah Sulistiyorini,M.Psi.,Psikolog
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL
Penyandian  Penyimpanan  Pengingatan
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Teori Persepsi dalam Komunikasi Antar Pribadi
Komunikasi Intrapersonal
PRODI KESEHATAN MASYARAKAT FIKES UHAMKA
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL
Transcript presentasi:

Penyandian  Penyimpanan  Pengingatan Mengingat Proses perilaku yang menyangkut pencatatan / penyandian (encoding), penyimpanan (storage) dan mengingat kembali (retrieval). Penyandian  Penyimpanan  Pengingatan Rehearsal  info setelah diterima panca indera menjadi perhatian, dikirim ke otak/ memori jangka pendek u/ bertahap setelah ± 30 dtk dan dilanjutkan dikirim ke LTM. Disini perlu proses pemindahan data dari STM ke LTM

Macam Memori STM  proses memasukkan informasi hasil dari perhatian yang berupa data yang tersimpan (memory) pada STM dengan jangka waktu pendek + 30 dtk (memory sementara). Biasanya STM di lanjutkan dengan proses rehearsal (proses mengirim) data ke LTM LTM  ingatan yang menyimpan informasi hasil retrieval dari STM, dan informasi tsb tersimpan lama terkadang tak terbatas waktu

Proses Mengingat PROSES BELAJAR LTM STM Receptor/ Panca Indera /r Retrieval Receptor/ Panca Indera /r Input STM LTM Efektor / E Respone Sensoris Perhatian Rehearsal PROSES BELAJAR Proses di olah dalam ingatan Stimulus/ bahan Belajar Perubahan hasil perilaku Kesan / Pengalaman Perubahan kesan latihan

lupa Hilangnya informasi yang di catat dan disimpan dalam LTM Merup proses interface  masuknya info baru mengacaukan info yang lama Proses terjadinya : Info sebenarnya tdk pernah di kode atau disimpan Proses encodig dan rehearsal kurang adekuat Level pengolahan tidak cukup eksploratif shg info tdk pernah masuk Proses konstruktif (penambahan info) pada encoding mengalami gangguan shg info yang kita ingatpun adalah info yang sudah rusak Gangguan dari info yang sebelumnya maupun dari info yang baru Emosional intelegensi

Meningkatkan Daya Ingat CHUNKING DAN RENTANG MEMORI PEMBAYANGAN (IMAGERY) DAN PENYANDIAN Metode Lokus / tempat Metode Kata Kunci PENGURAIAN DAN PENYANDIAN KONTEKS DAN PENINGATAN ORGANISASI

Melatih Pengingatan Bertanya pada diri sendiri 5 W 1 H PQRST Preview  Menyelidiki / meninjau Question  bertanya Read  membaca Self recitation menyatakan/ menceritakan kembali untuk diri sendiri Test  Ujian Q 3 R  Question, Read, Recite,Review

Berfikir Proses sensoris, mengingat di dalam belajar, mempersepsi, dan memori. Dapat menggunakan lambang, maupun visual. Didalamnya terdapat proses penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah Fungsi berpikir adalah untuk memahami realitas dalam rangka mengambil keputusan, memecahkan persoalan(PS), dan menghasilkan sesuatu yang baru(creativity)

Macam Berfikir Berpikir akusik (melamun)  fantasy, mengkhayal, wishfull thinking Berpikir realitis / nalar/ reasoning  dalam rangka menyesuaikan diri dengan dunia nyata Berpikir deduktif  dari umum ke khusus Berpikir induktif  dari khusus ke umum Berpikir evaluatif  berpikir kritis, menilai baik buruk/ tepat/tidak tepat, biasa disini terjadi proses penambahan maupun pengurangan gagasan Berpikir kreatif  untuk menemukan sesuatu yang baru.

Pemecahan Masalah Diperlukan ketika individu dihadapkan pada problem yang mendesak perlu dilakukan pemecahan masalah/ solusi dengan pemikiran Dalam PM dapat digunakan pemahaman / insight terhadap suatu masalah Tahapan Terjadi peristiwa dimana perilaku dihambat karena sebab-sebab tertentu Mencoba mengasah memori, untuk mengetahui cara-cara yang efektif pada masa silam Mencoba / evaluasi kemungkinan pemecahan masalah Menggnakan lambang2/ verbal untuk mengatasi masalah Insight solution

Pemecahan Masalah Faktor yang mempengaruhi Teknik PM Motivasi Kepercayaan dan sikap Kebiasaan Emosi Teknik PM Mengerti konsep Menetapkan keputusan  hasil berpikir, hasil usaha intelektual, keputusan yang selalu melibatkan pilihan dari berbagai alternatif, dan keputusan selalu melibatkan tindakan nyata walaupun pelaksanaannya boleh ditangguhkan

Hubungkan 9 titik ini dengan maksimal 4 garis lurus; Bisa 1/2/3/4 tanpa mengangkat alat tulis

Proses Belajar, Berpikir, Mengingat, Pemecahan Masalah, Pengambilan Keputusan S : Stimulus PM : Proses motoris R : Receptor PH : perhatian STM : memori jangka pendek RHS : Rehearsal LTM : Memori jangka panjang RTV : Retrieval E : efektor/ otot – persyarafan PMR : proses memori R : Respon PB : Proses berpikir PS : proses sensoris PK :proses kognitif GR : gerak hasil dari pengambilan keputusan dan kesiapan bertindak/ bersikap PH GR RHS RTV r STM LTM e R S PB PMR PS PM PK