5.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Untuk Kelas XI SMA IPA Oleh M. Husni Mubarok
Advertisements

Aturan Perkalian, Permutasi, dan Kombinasi
MATEMATIKA untuk SMP Kelas IX Semester I
 P E L U A N G Sulihin Mustafa SMA 3 Makassar
CONTOH KETERKAITAN KI DAN KD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Eni Sumarminingsih, S.Si, MM
Statistika Industri Esti Widowati,S.Si.,M.P Semester Genap 2011/2012
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADARAT
Peubah Acak.
TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN
LANJUTAN SOAL-SOAL LATIHAN DAN JAWABAN PELUANG.
 P E L U A N G Faaizah Muh. Yusuf Nim
SALBATRIL Materi P E L U A N G Belajar Individu Oleh :
POPULASI, SAMPEL DAN PELUANG
PELUANG SUATU KEJADIAN
PELUANG Ruang Sampel dan Kejadian.
PERCOBAAN Pengertian Bagian-bagian A. PERCOBAAN
Fungsi Peluang dan Fungsi Sebaran Peubah Acak Diskret
Media Pembelajaran Matematika
SOAL- SOAL LATIHAN DAN JAWABAN PELUANG.
PRAKTIK CARA MENGOPERASIKAN MICROSOFT PUBLISHER
PELUANG Alfika Fauzan Nabila Saadah Boediono Nur Fajriah Julianti Syukri Yoga Bhakti Utomo XI IPA 5.
OM SUATIASTU SMA NEGERI 1 DENPASAR Next.
PELUANG PERCOBAAN, RUANG SAMPEL DAN TITIK SAMPEL KEJADIAN
Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera
HUKUM- HUKUM DASAR KIMIA SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA
CONTOH Skl, ki, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
KEJADIAN dan PELUANG SUATU KEJADIAN
PELUANG Klik Tombol start untuk mulai belajar.
KONSEP DASAR PROBABILITAS
Peluang suatu kejadian
Klik Pilihan Anda Peluang Kejadian Menu Ruang sampel dan kejadian
Teori Peluang Statistik dan Probabilitas
Klik Pilihan Anda Peluang Kejadian Menu By IBNU FAJAR,S.Pd
Peluang suatu kejadian
Peluang
Aksioma Peluang.
ENERGI OLEH RATRI FADRILA /
 P E L U A N G Sulihin Mustafa SMA 3 Makassar
Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura
Matematika untuk SMP Kelas IX
PELUANG Peluang Kejadian Frekuensi Harapan Peluang Komplemen Kejadian
Manajemen Waktu.
Media Pembelajaran Individual Impuls dan Momentum
Media Pembelajaran ADP
STORYBOARD PEMBELAJARAN “IMPULS MOMENTUM”
PELUANG Choirudin, M.Pd Klik Tombol start untuk mulai belajar.
Peluang.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
PELUANG SUATU KEJADIAN
EKSPONEN DAN LOGARITMA
ELEKTROLISIS DENI EBIT NUGROHO HJBJHBJHBJH.
SMA NEGERI 1 KR. BARONA JAYA
PELUANG.
ANALISIS KURIKULUM Kelompok 4
PELUANG 2. PENGERTIAN KEJADIAN DAN FREKUENSI RELATIF (PELUANG EMPIRIK)
MATRIKS Abdul Samad, S.Pd,.
The Big Presentation of Kelompok 3  Gressya Yola Perbina T.  Maryati  Sukarno Setia Putra.
KOMPETENSI INTI (KI) KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong.
BAB 2 Peluang.
.: T.T.S BIOLOGI SEL :. MULAI.
Dr. Edwin Musdi, M.Pd Media Pembelajaran Berbasis IT Oleh :
PELUANG Menjelaskan PELUANG EMPIRIK dan TEORITIK suatu kejadian dari suatu percobaan Menyelesaikan PELUANG EMPIRIK dan TEORITIK suatu kejadian.
TEKS DEBAT BAHASA INDONESIA Lalu Ismail, M.Pd
Konsep Seni Budaya Seni Budaya Kelas X Lalu Januar Hari Saputra
Seni Musik Nusantara Seni Budaya L. Januar Hari Saputra, S.Pd
AGRIBISNIS TANAMAN BUAH MATA PELAJARAN. KOMPENTENSI INTI 3.Memahami, menganalisis serta menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu.
Kejadian majemuk adalah kejadian yang diperoleh dari kejadian- kejadian sederhana yang dihubungkan kata dan atau kata atau. Untuk itu perlu diteliti.
MATEMATIKA WAJIB KELAS X MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMA, SMK DAN SLB Siti Robiatul Adawiyah, S.Pd SMAN 1 Jereweh.
Transcript presentasi:

5

4

3

2

1

PELUANG Created By Sulis Ulianty S 16205051

Peluang Menu Pembelajaran KI, KD dan Indikator Peta Konsep Materi Pertemuan Pertama Pertemuan Kedua Materi Jelajah Soal Evaluasi Home

Loading... Please Wait...

KI, KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi Memahami, Menerapkan, dan Menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Kompetensi Inti Memahami konsep ruang sampel dan menentukan peluang suatu kejadian dalam suatu percobaan Kompetensi Dasar Menentukan ruang sampel suatu percobaan acak Menentukan peluang kejadian dari berbagai situasi Indikator Pencapaian Kompetensi Home

Loading... Please Wait...

Pertemuan Pertama

Permasalahan untuk menentukan pemecahan masalah yang berkaitan dengan menentukan atau menghitung berapa banyak cara yang mungkin terjadi dari sebuah percobaan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari

Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali Kaidah Pencacahan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali Koin Pertama Koin Kedua Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

A AA A G A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG Pada pelemparan dua buah koin dengan sisi-sisinya gambar (G) dan angka (A), banyaknya kejadian yang mungkin terjadi dapat disajikan dengan cara berikut: Tabel Silang Diagram Pohon Koin Pertama Koin Kedua A AA Koin 1 A G Koin 2 A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG

Percobaan Klik Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Percobaan Klik Pelemparan sebuah koin Sebuah koin dilempar sebanyak 1 kali Ruang Sampel (S) Kejadian S = {A,G} n(S) = 2 Kejadian muncul sisi Gambar Kejadian muncul sisi Angka Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

Percobaan Kejadian Pelemparan dua buah koin Klik Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Percobaan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Klik Ruang Sampel (S) Pelemparan dua buah koin Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali S = {AA, AG, GA, GG} n(S) = 4 Kejadian Kejadian muncul sisi AA Kejadian muncul sisi AG Kejadian muncul sisi GA Kejadian muncul sisi GG Koin Kedua Koin Pertama Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

Percobaan Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Pelemparan sebuah dadu bersisi enam. Kemungkinan yang muncul: Angka 1 Angka 2 Angka 3 Angka 4 Angka 5 Angka 6 Percobaan Klik Pelemparan sebuah dadu bersisi enam Ruang Sampel (S) S = {1,2,3,4,5,6} n(S) = 6 Kejadian muncul angka 1 Kejadian muncul angka 2 Kejadian muncul angka 3 Kejadian muncul angka 4 Kejadian muncul angka 5 Kejadian muncul angka 6 Kejadian

Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ? Pertanyaan : Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ? Cek Jawaban Ananda ...

2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan. Kesimpulan : 1. Percobaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh hasil tertentu. 2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan. 3. Kejadian adalah banyaknya hasil yang diperoleh dari suatu percobaan. Home

Loading... Please Wait...

Pertemuan Kedua

Misalkan sebuah dadu dilempar sebanyak n kali Misalkan sebuah dadu dilempar sebanyak n kali. Kita tidak dapat mengetahui sebelumnya bahwa nomor 3 akan muncul lebih sering daripada sisi yang lain atau nomor 1 akan muncul lebih jarang daripada sisi yang lain.

Hal ini disebabkan masing-masing sisi mempunyai peluang yang sama untuk muncul.

Ruang sampel S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}  n(S) = 6 Jika S adalah ruang sampel dengan banyaknya anggota = n(S) dan E merupakan suatu kejadian dengan banyaknya anggota = n(E), maka peluang kejadian E adalah: P(E) = n(E)/n(S) Kisaran nilai peluang P(E) adalah: 0  P(E)  1 P(E) = 1 disebut kejadian pasti P(E) = 0 disebut kejadian mustahil Contoh Pada pelemparan sebuah dadu, tentukan peluang munculnya sisi berangka ganjil ! Jawab: Ruang sampel S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}  n(S) = 6 Sisi berangka ganjil = {1, 3, 5}  n(S) = 3 sehingga P(E) = 3/6 = 1/2 Home

Loading... Please Wait...

Jelajah Soal

Berapakah ruang sampel (S) pada pelemparan dua buah dadu bersisi enam ? 2 6 12 36 8 a. b. c. d. e.

2. Berapakah ruang sampel (S) pada pelemparan sebuah dadu bersisi enam dan sebuah uang logam ? 6 12 36 8 a. b. c. d. e.

3. Dua buah dadu dilempar bersama-sama 3. Dua buah dadu dilempar bersama-sama. Peluang munculnya mata dadu berjumlah sembilan adalah …. 4/36 7/36 8/36 9/36 10/36 a. b. c. d. e.

Silahkan Lanjutkan Soal Berikutnya !!

Pelajari kembali materi Ruang Sampel, dan silahkan coba lagi ...

Pertemuan Pertama

Permasalahan untuk menentukan pemecahan masalah yang berkaitan dengan menentukan atau menghitung berapa banyak cara yang mungkin terjadi dari sebuah percobaan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari

Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali Kaidah Pencacahan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali Koin Pertama Koin Kedua Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

A AA A G A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG Pada pelemparan dua buah koin dengan sisi-sisinya gambar (G) dan angka (A), banyaknya kejadian yang mungkin terjadi dapat disajikan dengan cara berikut: Tabel Silang Diagram Pohon Koin Pertama Koin Kedua A AA Koin 1 A G Koin 2 A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG

Percobaan Klik Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Percobaan Klik Pelemparan sebuah koin Sebuah koin dilempar sebanyak 1 kali Ruang Sampel (S) Kejadian S = {A,G} n(S) = 2 Kejadian muncul sisi Gambar Kejadian muncul sisi Angka Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

Percobaan Kejadian Pelemparan dua buah koin Klik Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Percobaan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Klik Ruang Sampel (S) Pelemparan dua buah koin Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali S = {AA, AG, GA, GG} n(S) = 4 Kejadian Kejadian muncul sisi AA Kejadian muncul sisi AG Kejadian muncul sisi GA Kejadian muncul sisi GG Koin Kedua Koin Pertama Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

Percobaan Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Pelemparan sebuah dadu bersisi enam. Kemungkinan yang muncul: Angka 1 Angka 2 Angka 3 Angka 4 Angka 5 Angka 6 Percobaan Klik Pelemparan sebuah dadu bersisi enam Ruang Sampel (S) S = {1,2,3,4,5,6} n(S) = 6 Kejadian muncul angka 1 Kejadian muncul angka 2 Kejadian muncul angka 3 Kejadian muncul angka 4 Kejadian muncul angka 5 Kejadian muncul angka 6 Kejadian

Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ? Pertanyaan : Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ? Cek Jawaban Ananda ...

2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan. Kesimpulan : 1. Percobaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh hasil tertentu. 2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan. 3. Kejadian adalah banyaknya hasil yang diperoleh dari suatu percobaan. Kembali Ke Soal

Silahkan Lanjutkan Soal Berikutnya !!

Pelajari kembali materi Ruang Sampel, dan silahkan coba lagi ...

Pertemuan Pertama

Permasalahan untuk menentukan pemecahan masalah yang berkaitan dengan menentukan atau menghitung berapa banyak cara yang mungkin terjadi dari sebuah percobaan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari

Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali Kaidah Pencacahan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali Koin Pertama Koin Kedua Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

A AA A G A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG Pada pelemparan dua buah koin dengan sisi-sisinya gambar (G) dan angka (A), banyaknya kejadian yang mungkin terjadi dapat disajikan dengan cara berikut: Tabel Silang Diagram Pohon Koin Pertama Koin Kedua A AA Koin 1 A G Koin 2 A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG

Percobaan Klik Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Percobaan Klik Pelemparan sebuah koin Sebuah koin dilempar sebanyak 1 kali Ruang Sampel (S) Kejadian S = {A,G} n(S) = 2 Kejadian muncul sisi Gambar Kejadian muncul sisi Angka Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

Percobaan Kejadian Pelemparan dua buah koin Klik Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Percobaan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Klik Ruang Sampel (S) Pelemparan dua buah koin Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali S = {AA, AG, GA, GG} n(S) = 4 Kejadian Kejadian muncul sisi AA Kejadian muncul sisi AG Kejadian muncul sisi GA Kejadian muncul sisi GG Koin Kedua Koin Pertama Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

Percobaan Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Pelemparan sebuah dadu bersisi enam. Kemungkinan yang muncul: Angka 1 Angka 2 Angka 3 Angka 4 Angka 5 Angka 6 Percobaan Klik Pelemparan sebuah dadu bersisi enam Ruang Sampel (S) S = {1,2,3,4,5,6} n(S) = 6 Kejadian muncul angka 1 Kejadian muncul angka 2 Kejadian muncul angka 3 Kejadian muncul angka 4 Kejadian muncul angka 5 Kejadian muncul angka 6 Kejadian

Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ? Pertanyaan : Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ? Cek Jawaban Ananda ...

2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan. Kesimpulan : 1. Percobaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh hasil tertentu. 2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan. 3. Kejadian adalah banyaknya hasil yang diperoleh dari suatu percobaan. Kembali Ke Soal

Silahkan Lanjutkan Ke Evaluasi !! Home

Pelajari kembali materi Peluang Suatu Kejadian, dan silahkan coba lagi ...

Pertemuan Kedua

Misalkan sebuah dadu dilempar sebanyak n kali Misalkan sebuah dadu dilempar sebanyak n kali. Kita tidak dapat mengetahui sebelumnya bahwa nomor 3 akan muncul lebih sering daripada sisi yang lain atau nomor 1 akan muncul lebih jarang daripada sisi yang lain.

Hal ini disebabkan masing-masing sisi mempunyai peluang yang sama untuk muncul.

Ruang sampel S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}  n(S) = 6 Jika S adalah ruang sampel dengan banyaknya anggota = n(S) dan E merupakan suatu kejadian dengan banyaknya anggota = n(E), maka peluang kejadian E adalah: P(E) = n(E)/n(S) Kisaran nilai peluang P(E) adalah: 0  P(E)  1 P(E) = 1 disebut kejadian pasti P(E) = 0 disebut kejadian mustahil Contoh Pada pelemparan sebuah dadu, tentukan peluang munculnya sisi berangka ganjil ! Jawab: Ruang sampel S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}  n(S) = 6 Sisi berangka ganjil = {1, 3, 5}  n(S) = 3 sehingga P(E) = 3/6 = 1/2 Lanjut Ke Evaluasi

Loading... Please Wait...

EVALUASI MULAI

Berapakah ruang sampel (S) pada pelemparan 3 buah uang logam ? 2 3 8 16 9 a. b. c. d. e.

2. Sebuah dadu dilemparkan satu kali 2. Sebuah dadu dilemparkan satu kali. Berapakah peluang munculnya mata dadu prima ganjil ? 1/3 1/6 2/3 5/6 1/2 a. b. c. d. e.

3. Tiga buah uang logam dilemparkan secara bersamaan 3. Tiga buah uang logam dilemparkan secara bersamaan. Berapakah peluang munculnya sekurang-kurangnya satu sisi angka ? 5/8 3/8 1/8 2/8 7/8 a. b. c. d. e.

4. Sebuah kantong berisi 4 kelereng berwarna merah dan 5 kelereng berwarna biru. Dari kantong itu diambil sebutir kelereng secara acak. Tentukan peluang bahwa yang terambil adalah kelereng berwarna merah. 5/9 4/9 2/9 1/9 8/9 a. b. c. d. e.

Skor Anda Adalah ... Klik Disini

Terimakasih ...