Sistem Grafika Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Apa itu Keluaran (output)?
Advertisements

Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Chapter 4 Video Video adalah kumpulan gambar yang yang ditampilkan satu-satu (kontinyu) berdasarkan satuan waktu atau sering disebut sebagai moving picture.
VIDEO CARD Video Card disebut juga VGA, singkatan dari Video Graphic Adapter, adalah standar tamipilan komputer analog yang di pasarkan perama kali oleh.
Daisy Wheel Printer  Mencetak citra dengan kualitas tinggi karena karakter dibentuk dengan tekanan tunggal oleh roda cetak.  Sudah jarang diproduksi.
Pengantar Teknologi Informasi Fakultas Ekonomi UNPAR 1. Output Devices.
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
Peralatan Sistem Masukan (Input) dan Sistem Keluaran (Output)
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
Bab 9 Pengelolaan Alat Masukan- Keluaran Bab
PERALATAN OUTPUT (Monitor) By: Asriadi Pertemuan 11.
MONITOR.
PERANGKAT KERAS KELUARAN
MENJELASKAN PRINSIP KERJA TABUNG GAMBAR
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
MENJELASKAN HUBUNGAN JUMLAH PIKSEL DAN KUALITAS RESOLUSI GAMBAR
Pengantar Teknologi Informasi
Teknologi Display Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
Output Devices.
Asrinah_ “Hardware” MONITOR.
H A R D W A R E K O M P U T E R.
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 3 SISTEM VIDEO DAN TELEVISI
Teknologi informasi dan multimedia
LAPORAN PENGANTAR SISTIM KOMPUTER MONITOR CRT DI SUSUN OLEH : LUSIA PUSVITA DEWI : FETI FUJI ASTUTI : NOKI HAMDA :
Pengantar Ilmu Komputer
PERTEMUAN KEEMPAT Monitor HARDWARE.
Created Chandra Tanudirja,S.Kom Chapter III Input/Output Device Processing Device.
LCD MONITOR SUWANTO_ YULI AGUS P_ HAFIS
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
MENGENAL MONITOR BY NUNING P XI-A / 22 PEMBAGIAN KELAS MONITOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS MONITOR PENGERTIAN MONITOR PERKEMBANGAN MONITOR.
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
10/5/2004 Pengantar Teknologi Informasi Pertemuan 5 Output Device.
Video Pertemuan 5.
Peranti interaktif Pertemuan 5.
PIRANTI INTERAKSI.
Pengelolaan Alat Masukan-Keluaran 3
Peranti interaktif Pertemuan 5.
Pengantar Teknologi Informasi
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
AUDIO VISUAL APLIKASI SISTEM VIDEO DAN TELEVISI
PIRANTI MASUKAN DAN KELUARAN
MONITOR.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
DEFINISI DAN FUNGSI KARTU GRAFIS
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Representasi Data Digital Video
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
OM SWASTYASTU.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Cathode Ray Tube Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi.
Oleh : Abdi Abdillah Rusdi Muhammad Rasyid Ridha
From 1920 ! Vladimir Zworkin- inventor
Pengantar Teknologi Informasi (Peralatan Output)
Pertemuan 10 (Lanjutan) F. Menaikkan Kapasitas Penyimpanan Data
3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Pengertian Pixel Pixel :
Kumpulan Materi Kuliah hendroagungs.blogspot.co.id.
Peralatan Pendukung I/O
Transcript presentasi:

Sistem Grafika Komputer

Materi Kuliah : 4 (hari ini) 26/27/28 BAB II : Sistem Grafika Minggu ke- tanggal materi kuliah Keterangan 1 Selasa/Rabu/Kamis 7 Maret 13 Pendahuluan 2 14 Maret 2013 Seminar Nasional di Medan Kuliah LIBUR 3 21 BAB I : Pengantar Grafika 4 (hari ini) 26/27/28 BAB II : Sistem Grafika 5 April 2013 Quiz 1 : Bab I & II 6 11 BAB III : Geometri Primitive 7 18 BAB IV : Transformasi Dua Dimensi

Materi Dasar Sistem Grafik Komputer Peralatan input interaktif Pemroses Teknologi Display Peralatan hardcopy Software

Dasar Sistem Grafik Komputer Frame Buffer Processor Memory Image Formed in FB Output Device Input Device

Peralatan Input Interaktif Keyboard, untuk memasukan karakter atau string Locator, untuk mengenali posisi atau orientasi Contoh mouse, joystick, glove, light pen. Pick, untuk menyeleksi entity suatu tampilan Choice, untuk menyeleksi dari suatu action atau pilihan yang tersedia.

Peralatan Input Interaktif

“ Jumlah transistor dalam suatu chip akan meningkat dua kali lipat setiap 18 – 24 bulan “ (Hukum Moore)

Processor (1) Komputasi 64-bit masuk ke dalam mainstream AMD Athlon MP Server: Intel Itanium, AMD Opteron Consumer: IBM G5, AMD Athlon64 AMD Athlon MP Intel Xeon Sun UltraSPARC III Hewlett Packard PA-RISC IBM POWER4

Processor (2)

Video Graphics Adapter (VGA)

Jumlah Pixels/Vertex Pipeline 8 (Unified/Tergabung) GPU 8600 GTS 8800 GTS 320 MB 8800 GT Clock GPU 675 MHz 500 MHz 600 MHz Clock Unified Shader 1450 MHz 1200 MHz 1500 MHz Clock Memori 1000 MHz 800 MHz 900 MHz Bit Interface Memori 128 bit 320 bit 256 bit Jenis Memori GDDR3 Kapasitas Memori 256 MB 320 MB 512/256 MB Jumlah Pixels/Vertex Pipeline 8 (Unified/Tergabung) 24 (Unified/Tergabung) 28 (Unified/Tergabung) Jumlah Texture Unit 16 48 56 Jumlah ROP 8 20 Fill Rate (Secara Teori) 11,600 MPixels 28,800 MPixels 42,000 MPixels Bandwidth Memori 32 GB/s 64 GB/s 57.6 GB/s Jumlah Transistor 289 juta 681 juta 754 juta Proses Teknologi 0.08µ TSMC 0.09µ TSMC 0.065µ TSMC Luas Die/Core 169 mm² 484 mm² 324 mm² Rilis 2007 Dukungan Model Shader 4.0

Teknologi Display Monitor LCD Monitor CRT

Resolusi Resolusi adalah jumlah titik (pixel) per centimeter yang dapat ditempatkan menurut arah horizontal dan vertikal misalnya 800 x 600 pixel.

XGA (Extended Graphics Array) Resolusi Standar Standar Resolusi Tipe XGA (Extended Graphics Array) 1024 x 768 15’-17’ CRT, 15’ LCD SXGA (Super XGA) 1280 x 1024 15’-17’ CRT, 17’-19’ LCD UXGA (Ultra XGA) 1600 x 1200 19’-21’ CRT, 20’ LCD QXGA (Quad XGA) 2048 x 1536 21’ > CRT WXGA (Wide XGA) 1280 x 800 15’ LCD WSXGA+ (Wide SXGA) 1680 x 1050 20’ LCD WUXGA (Wide UXGA) 1920 x 1200 22’ > LCD

Aspek Rasio Aspek rasio adalah perbandingan antara lebar dan tinggi dari suatu layar tampilan monitor. Aspek rasio monitor  4:3 Aspek rasio widescreen LCD  16:9 (16:10 atau 15:9)

Screen Size CRT LCD

VGA Conector 1: Red out 6: Red return (ground) 11: Monitor ID 0 in 2: Green out 7: Green return (ground) 12: Monitor ID 1 in or data from display 3: Blue out 8: Blue return (ground) 13: Horizontal Sync out 4: Unused 9: Unused 14: Vertical Sync 5: Ground 10: Sync return (ground) 15: Monitor ID 3 in or data clock

16.777.216 (True Color+Alpha Chanel) Color Depth Bit Depth Jumlah Warna 1 2 (monochrom) 2 4 (CGA) 4 16 (EGA) 8 256 (VGA) 16 65.536 (High Color, XGA) 24 16.777.216 (True Color, SVGA) 32 16.777.216 (True Color+Alpha Chanel)

Cathode Ray Tube (CRT)

Cathode Ray Tube (CRT) (1) Display yang umum digunakan Mengosongkan tabung kaca Menggunakan voltase tinggi Pemanasan elemen (filament) Elektron ditarik ke kutub positif yang berfokus pada silinder Pembelokan papan vertikal dan horisontal Berkas cahaya membentur fosfor yang menyelimuti bagian atas tabung.

Cathode Ray Tube (CRT) (2)

Cathode Ray Tube (CRT) (3)

Raster Scan Display Raster: array segiempat berisi titik/ dot Pixel: satu dot atau picture elemen dari raster Scan line: baris dari pixel TV B/W : suatu oscilloscope dengan pola scan yang tetap : kiri ke kanan, atas ke bawah Untuk menggambar pada screen, komputer membutuhkan sinkronisasi dengan pola scanning dari raster. Diperlukan memori khusus untuk buffer citra dengan scan out sinkronous ke raster yang disebut framebuffer

Frame Buffer (1) The frame buffer refers to the memory dedicated to storing the image It would generally be a 2D array of pixels, where each pixel stores a color (Note: pixel = picture element) Color is typically stored as a 24 bit RGB value. This offers 8 bits (256 levels) for red, green, and blue, for a total of 16,777,216 different colors Very often, additional data is stored per pixel such as depth (z), or other info A framebuffer can just be a block of main memory, but many graphics systems have dedicated framebuffer memory with a direct connection to video scan-out hardware and other special features

Frame Buffer (2)

Frame Buffer Refresh

Color CRT (1) Membutuhkan pabrikasi dengan tingkat ketelitian geometri yang tinggi Menggunakan pola warna fosfor (merah, hijau, biru)

Color CRT (2) Delta electron gun arrangement In- line electron gun arrangement

Resolution & Frame Rates Video: NTSC: 720 x 480 @ 30 Hz (interlaced) PAL: 720 x 576 @ 25 Hz (interlaced) HDTV: 720p: 1280 x 720 @ 60 Hz 1080i: 1920 x 1080 @ 30 Hz (interlaced) 1080p: 1920 x 1080 @ 60 Hz Film: 35mm: ~2000 x ~1500 @ 24 Hz 70mm: ~4000 x ~2000 @ 24 Hz IMAX: ~5000 x ~4000 @ 24-48 Hz Note: Hz (Hertz) = frames per second (fps) Note: Video standards with an i (such as 1080i) are interlaced, while standards with a p (1080p) are progressive scan

Progressive Scan Adalah metode untuk menampilkan, menyimpan, dan memancarkan gambar dimana setiap baris untuk setiap frame digambar secara berurutan. Biasa digunakan pada CRT monitor komputer.

Interlacing Adalah metode untuk menampilkan image/gambar dalam rasterscanned display device seperti CRT televisi analog, yang ditampilkan bergantian antara garis ganjil dan genap secara cepat untuk setiap frame. Refresh rate yang disarankan untuk metode interlaced adalah antara 50-80Hz. Interlace digunakan pada sistem televisi analog: NTSC, PAL, SECAM

Mode Progressive (non interlacing) Mode Interlacing

Vector Scan Display Awal komputer display : dasar dari oscilloscope Kendali X,Y dengan vertikal/horisontal papan voltase Sering digunakan intensitas sebagai Z

Cathode Ray Tube (CRT) Keuntungan CRT Kekurangan CRT –Tampilannya solid –Biayanya relatif murah –Terang, tampilan mengeluarkan sinar Kekurangan CRT –Ukuran array memori untuk screen cukup besar –Discrete sampling (pixel) –Ukurannya terbatas hingga 40” –Bulky

Liquid Crystal Display (LCD)

Liquid Crystal Display (LCD) (1) LCDs: molekul organik, organic molecules, berbentuk kristal, yang mencair pada keadaan panas. Anyaman kristal mempolarisasi cahaya pada 90º LCD bereaksi sebagai katup cahaya, tidak mengeluarkan cahaya dan tergantung pada cahaya eksternal. source.

Liquid Crystal Display (LCD) (2)

Peralatan Hardcopy

Open GL OpenGL adalah suatu library grafis standard yang digunakan untukkeperluan –keperluan pemrogramangrafis. SelainOpenGL, library grafis yang banyak digunakan adalah DirectX. OpenGL bersifatOpen-Source, multi-platform dan multi-language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD dll.

Open GL Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk sistem operasi Windows, library ini terdiri dari 3 files yaitu: glut.h glut32.lib glut32.dll

Tugas Kelompok Monitor touch screen Monitor wide screen Monitor LCD Monitor 3D Paper scanner Projector Printer 3D Monitor LED Tugas 1 dikumpulkan ke: grafikacitra@gmail.com Subject: Tugas1 <spasi> kelompok <spasi> kelas Baca Hearn & Baker Chapter 3