Pertemuan 11 Structure Class

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
STUDI KASUS PROSES BISNIS OPERASI
Advertisements

Analisis Proses Bisnis
Soal Flowchart.
Laundry Ibuku merupakan salah satu laundry yang cukup populer di kalangan anak kos di daerah Dharmawangsa, karena laundry ini menawarkan jasa untuk mengambil.
Noisy Studio Prepared by : Sri Wahyuni Usfita Kiftiyani
Laundry Ibuku merupakan salah satu laundry yang cukup populer di kalangan anak kos di daerah Dharmawangsa, karena laundry ini menawarkan jasa untuk mengambil.
Laundry Ibuku merupakan salah satu laundry yang cukup populer di kalangan anak kos di daerah Dharmawangsa, karena laundry ini menawarkan jasa untuk mengambil.
Pertemuan 14 Systems Analysis and Design of a Business Event Driven System Matakuliah: M0034 /Informasi dan Proses Bisnis Tahun: 2005 Versi: 01/05.
PANJANG PENYALURAN TULANGAN PERTEMUAN 16
1 Pertemuan 6 Hubungan Komponen terhadap Kehandalan Paralel Matakuliah: H0204/ Rekayasa Sistem Komputer Tahun: 2005 Versi: v0 / Revisi 1.
1 Pertemuan 4 Diskusi Kasus Data Modeling Matakuliah: M0054/Pengembangan Sistem Informasi Tahun: 2007 Versi: 2.
Pertemuan 4 Aplikasi Perhitungan Gaya Dengan Program Komputer
1 Pertemuan 14 Behavior Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 25 Troubleshooting : Teknik Simulasi Matakuliah: H0204/ Rekayasa Sistem Komputer Tahun: 2005 Versi: v0 / Revisi 1.
1 Pertemuan 8 Model Kehandalan Suatu Sistem Matakuliah: H0204/ Rekayasa Sistem Komputer Tahun: 2005 Versi: v0 / Revisi 1.
Pertemuan 9 Pengawasan Persediaan
Pertemuan 3 MANAJEMEN PERSEDIAAN Matakuliah: J0104 / Manajemen Keuangan II Tahun: 2005 Versi: >
Matakuliah : D0584/Analisis Sistem Informasi
Rumah Makan Sedap Malam (RMSM)
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
Pertemuan 10 Sendi-Sendi Arsitektur Modern
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 10 Gaya – gaya dalam
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan 13 Pembahasan Kasus Matakuliah: M0462/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
1 Pertemuan 7 Diferensial Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
Pertemuan 04 Fungsi-fungsi Microsoft Excel
CONNECTING COMPONENT Pertemuan 21-22
STUDI KELAYAKAN BISNIS
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu :
Pertemuan 10 PAJAK PERTAMBAHAN NILAI dan PPn BM
Soal Flowchart.
Laundry Ibuku merupakan salah satu laundry yang cukup populer di kalangan anak kos di daerah Dharmawangsa, karena laundry ini menawarkan jasa untuk mengambil.
Matakuliah : A0114/ Sistem Akuntansi Tahun : 2005 Versi : Revisi 1
Pertemuan 6 Model Antrian
Pertemuan 7 Model Antrian
Pertemuan 8 Anatomi Bangunan 2
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
DESAIN STRUKTUR BALOK BETON PERSEGI BERTULANGAN RANGKAP PERTEMUAN 14
Pertemuan 4 Diskusi Kasus Data Modeling
Review ER-Diagram.
Pertemuan 16 SISTEM AKUNTANSI UTANG
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Pertemuan 4 MANAJEMEN PERSEDIAAN (lanjutan)
Pertemuan 12 Structure Class
Menyusun Berbagai Macam Menu
Tugas Perorangan OFC Mahasiswa membaca pada URL yang sudah ditunjuk pada materi pendukung. Dari URL yang dikunjungi, pilih salah satu dari URL yang dianggap.
Pertemuan 9 Structure Class
PRESENTASI DAN EVALUASI Pertemuan 39
STRUKTUR BALOK BETON PERSEGI BERTULANGAN TUNGGAL PERTEMUAN 13
Pertemuan 20 Use Case Diagram
Pertemuan 4 Diskusi Kasus Data Modeling
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Matakuliah : D0584/Analisis Sistem Informasi
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Pertemuan 7 Ikatan Angin
Tugas Kelompok Kasus Rumah Makan
Matakuliah : A0114/ Sistem Akuntansi Tahun : 2005 Versi : Revisi 1
Rumah Makan Sedap Malam (RMSM)
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/2>>
Pertemuan 05 Manajemen Daftar
Matakuliah : D0584/Analisis Sistem Informasi
MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH
IMPLEMENTASI APLIKASI SMART RESTORAN BERBASIS ANDROID
Dony Setiawan SI-FTIK-UNIKOM 2012
STUDI KELAYAKAN BISNIS
Rumah Makan Sedap Malam (RMSM)
Rumah Makan Sedap Malam (RMSM)
Transcript presentasi:

Pertemuan 11 Structure Class Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun : 2005 Versi : 5 Pertemuan 11 Structure Class

Mahasiswa dapat Menghubungkan Class (Structure) (C4) Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat Menghubungkan Class (Structure) (C4) Mahasiswa dapat Membuat diagram / skema Class (C4) Mahasiswa dapat Membagi Cluster (C4)

Presentasi Tugas Proyek Outline Materi Kasus Rumah Makan Class Event Event Table Class Diagram Cluster Presentasi Tugas Proyek

Rumah Makan Sedap Malam (RMSM) Denah Lokasi Rumah Makan Sedap Malam

Rumah Makan Sedap (Cont…) RMSM mempunyai pelanggan yang cukup banyak dan setiap jam makan pasti penuh. Agar dapat melayani pelanggan dengan cepat, pemilik RMSM ingin mengubah sistem dari manual ke Komputerisasi. Gambar diatas adalah denah RMSM yang akan dibuat. Jumlah meja dapat ditambah pada saat RMSM telah menggunakan sistem baru. Berikut ini adalah sistem informasi yang dikehendaki oleh pemilik RMSM.

Rumah Makan Sedap (Cont…) Setiap kali ada tamu datang, waitress mempersilahkan tamu duduk dikursi yang masih kosong dan waitress mencatat pesanan yang dipesan oleh tamu kedalam captain order (bentuknya seperti buku catatan yang dapat disobek), catatan pesanan tersebut dimasukkan kedalam salah satu komputer di captain station yang terdekat dengan meja tamu yang memesan. Jumlah captain station ada 4. Sebelum waitress dapat memasukkan pesanan pelanggan, waitress harus memasukkan nomor meja tamu kedalam captain station, ini disebut open table. Setelah memasukkan pesanan pelanggan, pesanan makanan akan dicetak pada printer yang ada di dapur sedangkan pesanan minuman akan dicetak pada printer yang terdapat pada Bar. Bila ada pelanggan akan menambah pesanan makanan maupun minuman, maka waitress akan menambahkan pesanan tersebut kedalam captain station, prosesnya sama dengan diatas

Rumah Makan Sedap (Cont…) Setiap kali ada tamu datang, waitress mempersilahkan tamu duduk dikursi yang masih kosong dan waitress mencatat pesanan yang dipesan oleh tamu kedalam captain order (bentuknya seperti buku catatan yang dapat disobek), catatan pesanan tersebut dimasukkan kedalam salah satu komputer di captain station yang terdekat dengan meja tamu yang memesan. Jumlah captain station ada 4. Sebelum waitress dapat memasukkan pesanan pelanggan, waitress harus memasukkan nomor meja tamu kedalam captain station, ini disebut open table. Setelah memasukkan pesanan pelanggan, pesanan makanan akan dicetak pada printer yang ada di dapur sedangkan pesanan minuman akan dicetak pada printer yang terdapat pada Bar. Bila ada pelanggan akan menambah pesanan makanan maupun minuman, maka waitress akan menambahkan pesanan tersebut kedalam captain station, prosesnya sama dengan diatas

Rumah Makan Sedap (Cont…) Pada layar kasir akan terlihat meja yang terisi tamu dan sekaligus jumlah rupiah dari pesanan yang dipesan tamu pada meja bersangkutan. Setiap kali waitress memasukkan menu tambahan maka jumlah rupiah pada layar kasir juga bertambah. Bila ada pelanggan yang akan membayar, maka kasir tersebut tinggal memasukkan nomor mejanya kemudian bon akan dicetak. Setelah dilakukan pembayaran, maka jumlah pembayarannya baru dimasukkan dan daftar meja yang ada di layar kasir hilang. Bila ada menu yang telah habis, maka koki (tukang masak) akan memberitahukan pada captain dan captain akan memasukkan data menu yang habis kedalam komputer. Pertanyaan lihat di Tugas. Tambahkan Asumsi bila diperlukan

Rumah Makan Sedap (Cont…) Class

Rumah Makan Sedap (Cont…) Event

Rumah Makan Sedap (Cont…) Event Table

Rumah Makan Sedap (Cont…) Class Diagram

Rumah Makan Sedap (Cont…) Cluster

Presentasi Kelompok Presentasi Kelompok

Terima Kasih