As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Class List As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OOP Java 04 Tugas Array & String.
Advertisements

GUI MENGGUNAKAN HANDPHONE BERFASILITAS J2ME
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 2 Page 1 MINGGU 2 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Midlet –User Interface Tujuan Instruksional Khusus: Agar.
Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
Graphic User Interface
Polymorpism.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 3.
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Graphical User Interface (GUI)
Komponen-Komponen dalam J2ME
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) “Skill to do comes of doing. “ (Ralph Waldo Emerson)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDP (MIDlet) dan Tools
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
Argumen Command-line Sebuah aplikasi Java dapat menerima sejumlah argumen dari command-line. Argumen dari command line memberikan kesempatan bagi.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 4 (12 APRIL 2011)
Pengenalan low level UI Pengenalan tentang Canvas Menggambar dan menampilkan teks, gambar, garis, kotak, dan sudut Menentukan warna, huruf, dan coretan.
MEET 3 PADA MINGGU KEMAREN KITA SUDAH MEMPELAJARI TENTANG LIST, YANG MANA LIST ITU TERBAGI MENJADI TIGA YAITU IMPLICIT,EXLUSIVE, DAN MULTIPLE Sekarang.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format.
High Level User Interface
Objek-Oriented Programming (OOP)
Pemprograman Berorientasi Objek
POLYMORPHISM (Overloading)
MIDP High-Level User Interface
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Constructor overloading
JAVA FUNDAMENTAL (Method)
As’ad Djamalilleil Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
MIDlet User Interface (2)
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class dan Object As’ad Djamalilleil
Membangun User Interface
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Abstract & Interface As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Array As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
Review Materi Java Fundamental
Membuat Kelas.
MIDlet User Interface (3)
Pemrograman Berorientasi Object
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Tugas Akhir Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Instalasi JME & Uji Coba
Mobile Teknologi Pertemuan 2
Method Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom, M.Kom.
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
- PERTEMUAN 2- CONSTRUCTOR
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #8
Transcript presentasi:

As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Class List As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com

Class List List adalah sebuah versi full-screen dari ChoiceGroup yang memiliki sebagian besar dari interface pemrogramannya Kegunaannya yang umum adalah dikelompokkan ke dalam sebuah interface bernama Choice, yang memiliki metode-metode berikut:

public int append(String string, Image image); public void delete(int index); public Image getImage(int index); public int getSelectedFlags(boolean[] flags); public int getSelectedIndex(); public String getString(int index); public void insert(int index, String string, Image image); public boolean isSelected(int index); public void set(int index, String string, public void setSelectedFlags(boolean[] flags); public void setSelectedIndex(int index, boolean selected); public int size();

List memiliki dua constructor yang sama dengan ChoiceGroup dan cara kerjanya pun sama: public List(String title, int type); public List(String title, int type, String[] strings, Image[] images); Perbedaannya terdapat pada parameter pertama yang ditampilkan sebagai judul pada layar List, dimana digunakan sebagai label pada ChoiceGroup

List juga dapat menampilkan pilihan secara EXCLUSIVE dan MULTIPLE, serta memiliki mode ketiga, yaitu Choice.IMPLICIT dimana tidak dapat digunakan pada ChoiceGroup Mode IMPLICIT membuat List berperilaku seperti list standard atau layaknya menu pada Java untuk aplikasi desktop Berikut adalah contoh potongan kodenya:

List ls = new List("List", List.IMPLICIT); Image red = Image.createImage("/red.png"); Image green = Image.createImage("/green.png"); Image blue = Image.createImage("/blue.png"); ls.append("Red", red); ls.append("Green", green); ls.append("Blue", blue); Karena List bukanlah sebuah Item, maka perubahan pada status seleksi tidak dilaporkan ke ItemStateListener Perubahannya dapat dideteksi dengan menambahkan sebuah Command yang ditempatkan di dalam List dan dihubungkan ke CommandListener

Tidak ada Command yang dapat dihubungkan dengan aksi seleksi pada List List menyediakan sebuah Command bertipe private, yaitu List.SELECT_COMMAND yang menunjukkan bahwa metode commandAction() telah dipanggil sebagai hasil dari seleksi IMPLICIT dari List Argumen Displayable menerima objek yang berupa List itu sendiri Untuk menghubungkan CommandListener dengan List, digunakan metode setCommandListener() yang diwarisi dari Displayable:

List ls = new List("List", Choice.IMPLICIT); ls.setCommandListener(new CommandListener(){ public void commandAction(Command c, Displayable d){ // menangani notifikasi dari List } );

Berikut adalah contoh kode untuk mendeteksi perubahan seleksi pada List: public void commandAction(Command c, Displayable d){ if (c == List.SELECT_COMMAND){ //terjadi aksi seleksi pada List handleChoiceSelection((Choice)d); } else { //memproses yang lain }

Kode di atas hanya berlaku pada List bertipe IMPLICIT saja CommandListener tidak akan diberitahu jika terjadi perubahan seleksi untuk List bertipe MULTIPLE atau EXCLUSIVE Untuk kedua tipe tersebut perlu ditambahkan Command untuk membaca seleksi pada List

Aplikasi Demo List 1 import javax.microedition.midlet.*; import javax.microedition.lcdui.*; import javax.microedition.lcdui.List; public class DemoList extends MIDlet{ private Display disp; private List ls; public DemoList(){ disp = Display.getDisplay(this); }

public void startApp(){ ls = new List("Demo list", List.EXCLUSIVE); ls.append("Pertama", null); ls.append("Kedua", null); ls.append("Ketiga", null); ls.append("Keempat", null); disp.setCurrent(ls); } public void pauseApp(){} public void destroyApp(boolean unconditional){}

Aplikasi Demo List 2 import javax.microedition.midlet.*; import javax.microedition.lcdui.*; import javax.microedition.lcdui.List; public class DemoList extends MIDlet{ private Display disp; private List ls; public DemoList(){ disp = Display.getDisplay(this); }

public void startApp(){ ls = new List("Demo list", List.MULTIPLE); ls.append("Pertama", null); ls.append("Kedua", null); ls.append("Ketiga", null); ls.append("Keempat", null); disp.setCurrent(ls); } public void pauseApp(){}

public void destroyApp(boolean unconditional){}

Aplikasi Demo List 3 import javax.microedition.midlet.*; import javax.microedition.lcdui.*; import javax.microedition.lcdui.List; public class DemoList extends MIDlet{ private Display disp; private List ls; public DemoList(){ disp = Display.getDisplay(this); }

public void startApp(){ ls = new List("Demo list", List.IMPLICIT); ls.append("Pertama", null); ls.append("Kedua", null); ls.append("Ketiga", null); ls.append("Keempat", null); disp.setCurrent(ls); } public void pauseApp(){}

public void destroyApp(boolean unconditional){}