KELAS & OBJEK SUSSI
SAP Membuat dan menggunakan obyek
KONSEP PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK OBJEK MENGABUNGKAN DATA DAN FUNGSI MENJADI SATU KESATUAN PROGRAM DAPAT DILAKUKAN DENGAN MUDAH, MENGURANGI DUPLIKASI KODE, MENGURANGI KESALAHAN KELAS DAN OBJEK
Berorientasi Objek? Attribute: Topi, Baju, Jaket, Tas Punggung, Tangan, Kaki, Mata Behavior: Cara Jalan ke Depan Cara Jalan Mundur Cara Belok ke Kiri Cara Memanjat
Berorientasi Objek? Attribute (State): Behavior: Ban, Stir, Pedal Rem, Pedal Gas, Warna, Tahun Produksi Behavior: Cara Menghidupkan Mesin Cara Manjalankan Mobil Cara Memundurkan Mobil Attribute Variable(Member) Behavior Method(Fungsi)
KELAS & OBJEK KELAS SEPERTI CETAKAN KUE KELAS ADALAH CETAKAN UNTUK OBJEK (INSTAN KELAS) SEJUMLAH KUE DAPAT DICIPTAKAN MENGGUNAKAN SEBUAH CETAKAN (KELAS)
Modifier Penggunaan Modifier berfungsi untuk melakukan enkapsulasi (membungkus data) pada object. Dengan menggunakan modifier kita dapat menentukan siapa saja yang boleh menggunakan atau mengakses member dari satu object.
Class Modifier Bentuk penggunaan modifier pada class : modifier class NamaClass{ … }
Class Modifier public abstract final
public Kelas terlihat kelas-kelas lain yang tidak sepaketpun
abstract Tidak ada instan kelas yang dapat diciptakan
final Kelas tidak boleh diturunkan lagi
KEYWORD new digunakan untuk melakukan instansiasi/ membuat sebuah objek baru
Inisialisasi Variabel Referensi Obyek (1) Syntax : Classname identifier = new Classname ( ) ; atau Classname identifier ; identifier = new Classname ( ); Contoh :
LATIHAN UML - Class Diagram