Sistem Waktu Nyata Silabus Pengenalan Sistem Waktu Nyata

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 6 (Organisasi Input/Output)
Advertisements

Real Time Systems.
Sistem Interkoneksi dan Bus
Kelompok Sistem Komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Pengenalan Teknologi Informasi
Sistem Terdistribusi 07 – OS Client Server Oleh : Muh. Ary Azali.
Sistem Input/output (I/O)
Sistem memory Semikonduktor
Pentingnya sistem informasi bagi organisasi
Konsep dasar Pengolahan citra digital
DOAGRAM BLOK KOMPUTER.
PENGANTAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Organisasi Komputer Pertemuan 5 TATA SUMITRA M.KOM HP
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
Operating Systems Concept (Konsep Sistem Operasi) Minggu 14 Universitas Multimedia Nusantara Serpong, Tangerang Dr. Ananda Kusuma
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur & Organisasi Komputer BAB iv memori
Thirteen: Microprocessor dan Memory. 2 Objectives Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat: Mengerti tentang memory pada komputer. Mengenal.
I/O Device and I/O Module
Pengantar PLC.
Memory.
Sistem komputer.
KOMPUTER.
Sistem komputer.
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
Sistem Input/output (I/O)
Desain Prosesor Pertemuan ke 8.
I/O Device and I/O Module
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
SISTEM KOMPUTER Departement of Computer Science
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Sistem Operasi Silabus : Pendahuluan Struktur Sistem Komputer
TEORI KOMUNIKASI DATA Oleh: Hanafi, ST.
Melvini Eka Mustika JURUSAN TEKNIK KOMPUTER
Pengantar Teknologi Informasi
Transmisi data digital
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
Sistem komputer.
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK REAL-TIME
Pengaplikasian PLC Dyah Darma Andayani.
ORGANISASI KOMPUTER & ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur Komputer II
KOMPUTER.
Karakteristik sinyal statik dan dinamik
Micro-programmed Control (Kontrol Termikroprogram)
Struktur interkoneksi bus
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Organisasi Komputer II
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
PENG. SISTEM & TEKN. INFORMASI
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Organisasi Komputer II
WATER LEVEL CONTROL Berbasis SCADA
I/O Device and I/O Module
Sistem Kendali Terprogram
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Danang Wahyu Utomo PERANGKAT LUNAK Danang Wahyu Utomo
Defri Kurniawan PERANGKAT LUNAK Defri Kurniawan
I/O Device and I/O Module
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
PRINSIP DASAR SISTEM ISYARAT ELEKTRONIK OPERASI SINYAL DAN SISTEM
Programmable Logic Controllers
Sistem Waktu Nyata Real Time Sistem
Transcript presentasi:

Sistem Waktu Nyata Silabus Pengenalan Sistem Waktu Nyata Konsep Computer Control Perangkat keras yang diperlukan Algoritma Direct Digital Control Bahasa pemrograman Waktu nyata Sistem Operasi Perancangan Sistem waktu nyata Analisis perancangan Dependability, Fault Detection and Fault Tolerance Pustaka : Stuart Bennett, Real-Time Computer Control:An Introduction, 2nd Edition, Prentice Hall, 1994

Latar Belakang Usulan penggunaan komputer yang beroperasi pada waktu nyata sebagai bagian dari Sistem Pengaturan dikemukan dalam paper dari Brown dan Cambpell (1950) Plant Proses reaction Computer Mean of Quality Measurement Appropriate parameter Raw material Reference

Latar Belakang Computer digital pertama yang berhasil digunakan untuk pengontrolan waktu nyata adalah untuk operasi pengontrolan automatic pilog dan sejata pesawat terbang pada tahun 1954 Penggunaan komputer digital dalam industri mulai pada akhir tahun 1950 sedangkan penggunaan komputer digital sebagai pengontrol sistem waktu nyata mulai berhasil pada 1962 yang disebut direct digital control (DDC) Pada saat itu digunakan alat simpan mulai dari inti besi (ferrite core) sampai drum store. Program disimpan dalam programmable read-only memory (PROM).

Definisi Sistem Waktu Nyata Menurut definisi Kamus komputer Oxford : Setiap sistem yang waktu terjadinya output sangat signifikan. Jarak antara waktu input terhadap waktu terjadinya output harus sangat kecil terhadap waktu yang diperbolehkan. Menurut Cooling pada buku Software Design for Real Time Systems (1991): Sistem Waktu Nyata adalah sistem yang harus memprodukis respon yang tepat dalam suatu batasan waktu yang tentu. Komputer yang responnya melebihi batasan waktu ini akan memberikan performansi yang terdegradasi atau malfunction

Definisi Sistem Waktu Nyata (2) Sebuah sistem waktu nyata membaca input dari plant dan mengirim sinyal kontrol ke plant pada waktu-waktu yang ditentukan oleh pertimbangan operasional dari plant bukan oleh sistem komputer Menurut Bennet: Sebuah program yang ketepatan operasinya tergantung pada hasil logika komputasi dan waktu suatu hasil diproduksi

Klasifikasi Sistem Waktu Nyata Suatu ciri sistem waktu nyata adalah komputer yang terhubung dengan lingkungan melalui peralatan interfacing yang banyak dan komputer menerima dan mengirim bervariasi sinyal. Contoh Sistem Waktu Nyata: Proses pengambilan uang pada ATM Proses login atau pendaftaran online Proses pengenalan sidik jari pada absensi Proses perekaman suara Sistem pendeteksian dan alarm Sistem pengiriman data transmisi (TV, Telepon) Proses isi ulang pulsa

Klasifikasi Sistem Waktu Nyata (2) Sistem Waktu Nyata diklasifikasikan menjadi : Clock-based Task (Cyclic, periodic) Event-based Task (aperiodic) Interactive Systems Clock-based Task Sistem Waktu Nyata yang diukur berdasarkan konstanta waktu yaitu waktu yang diambil dari respon suatu plant terhadap perubahan input atau beban. Konstanta waktu bisa diukur dalam satuan jam untuk proses kimia atau detik untuk sistem penerbangan. Semakin kecil konstanta waktu maka sampling rate semakin kecil

Sinkronisasi diperoleh dengan menambahkan clock pada sistem komputer yang dikenal dengan real-time clock. Sinyal clock ini digunakan untuk menginterrupt operasi komputer pada waktu-waktu yang telah ditetapkan (Clock-interrupt) Event-Based Task Sistem yang beraksi karena respon terhadap suatu kejadian (event). Contoh menutup katup pada saat permukaan air sudah mengenai batas penuh. Digunakan interrupt untuk memberitahukan komputer aksi yang diperlukan atau bisa juga mempergunakan pooling (komputer menanyakan (polls) pada sensor apakah perlu dilakukan aksi)

Interactive Systems Sistem waktu nyata yang terjadi karena adanya suatu kejadian dan waktu rata-rata dari respon kejadian ini tidak boleh melebihi waktu yang ditetapkan. Jadi merupakan gabungan antara clock-based dan event-based hanya bedanya waktu respon setiap kejadian tidak selalu sama. Misal pengambilan uang di ATM.

Batasan Waktu (Time Constraints) Sistem Waktu Nyata dapat dibedakan berdasarkan Batasan waktu: Hard Real-Time Sistem Waktu Nyata yang harus memenuhi target waktu pada setiap kesempatan Contoh : Pengontrolan Temperatur blower Soft Real-Time Sistem Waktu Nyata yang tidak harus memenuhi target waktu tetapi harus memenuhi suatu nilai ketepatan yang diambil dari nilai rata-rata. Contoh : Pengambilan uang di ATM

Kriteria Sistem Waktu Nyata Terdapat dua kriteria yang harus dipenuhi oleh sistem waktu nyata yaitu: Batasan Waktu (time constraint) Setiap sistem dengan waktu nyata memiliki batasan waktu berupa waktu maksimum proses (akuisisi, transmisi, perekaman, perhitungan) dan standar waktu (waktu yang sama dengan waktu sehari-hari) Respon waktu dan Saturation Limit Sistem Waktu nyata jika dipergunakan untuk mengontrol alat perlu mempertimbangkan kecepatan dari respon alat dan batas saturasi dari alat tersebut