TIPE DATA
Pengenalan Type Data Type data dapat dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu : 1. Type data dasar, yaitu type yang langsung dapat dipakai terdiri dari type integer, real, character dan boolean 2. Type bentukan adalah type yang dibentuk dari type dasar atau dari type bentukan lain yang sudah didefinisikan.
Type Data Dasar A. Integer Yang dimaksud dengan integer adalah bilangan bulat …-3,-2,-1, 0,1,2,3… Sebuah Integer N biasanya disajikan sebagai sebuah string di dalam memori komputer.
Operasi dalam Integer Rumusnya adalah -2n-1 <= N < 2n-1-1 dengan n adalah jumlah bit dalam komputer yang bersangkutan. Contoh : Komputer 16 bit mampu memproses integer dari -32.768 sampai 32.767 Operasi dalam Integer Operasi yang dapat dilakukan adalah operasi 1. Aritmatika yaitu : Penambahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian Integer (DIV) dan Pemangkatan
2. Perbandingan, yaitu Lebih besar, lebih kecil, lebih besar atau sama dengan, lebih kecil atau sama dengan, sama dengan dan tidak sama dengan. Operasi perbandingan akan menghasilkan nilai boolean Selain itu dikenal pula operasi modulo (Mod) Yang hasilnya didefinisikan sebagai sisa dari pembagian.
Macam-macam type Integer di dalam pemrograman Pascal, yaitu : Type Jangkauan Ukuran Shortint 128..127 8 Bit Integer -32768..32767 16 Bit Longint -2147483648.. 2147483647 32 Bit Byte 0..255 Word 0..65535
mengandung pecahan desimal, misalnya 3.65, 0.003 dan sebagainya. B. Bilangan Real Bilangan Real adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal, misalnya 3.65, 0.003 dan sebagainya. Seperti halnya pada Integer, pada bilangan Real juga berlaku operasi aritmatika dan operasi perbandingan. Macam-macam type Real di dalam pemrograman Pascal, yaitu :
Type Jangkauan Ukuran Real 2.9x10-39 .. 1.7x1038 6 Byte Single Double 5.0x10-324 .. 1.7x10308 8 Byte Extended 3.4x10-4932 .. 1.1x104932 10 Byte
C. Boolean Pada type data ini dikenal dua buah nilai, yaitu true (benar) dan false (salah) dan kadang ditulis dengan 1 dan 0. Operasi yang dapat dilakukan pada type boolean adalah operasi Logika. Operator logika yang umum digunakan adalah not and or xor
D. Type Data Karakter dan String Yang termasuk ke dalam karakter adalah : Huruf alfabet (Huruf besar dan huruf kecil), Tanda Baca, angka dan karakter khusus lainnya. Karakter biasanya ditulis diantara tanda petik tunggal. Contoh ‘a’, ‘2’ ‘%’, dan karakter kosong (‘’) Dalam bahasa Pascal Karakter ditulis dengan sintak char.
Sedangkan String adalah deretan karakter dengan panjang tertentu. Contoh String : ‘Jurusan Manajemen Informatika’ ‘Struktur’ Operasi yang dapat dilakukan pada String Adalah : 1. Operasi Penyambungan (Concatenation) Dengan menggunakan operator + 2. Operasi Perbandingan Dengan menggunakan operator Lebih besar, lebih kecil, lebih besar atau sama dengan, lebih kecil atau sama dengan, sama dengan dan tidak sama dengan.
Type Bentukan 1. Type dasar yang diberi nama type baru Alasan pemberian nama type baru mungkin agar nama baru tersebut lebih “akrab” dan lebih mudah diinterpretasi oleh orang yang membaca algoritma. Contoh : type BilanganBulat : integer BilanganBulat adalah type Bilangan Bulat yang sama saja dengan dengan type integer.
2. Record (Rekaman) Record disebut juga type terstruktur. Record tersusun dari satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dan type dasar tertentu atau type bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya Contoh : type Mahasiswa = record <NIM : String, Nama : String, Alamat : String >
Jika M dideklarasikan sebagai peubah bertype Mahasiswa, maka cara mengacu tiap field pada record M adalah M.NIM M.Nama M.Alamat Dalam bahasa Pascal record tersebut ditulis Dengan : Type Mahasiswa = record NIM : String; Nama : String; Alamat : String; End;
Tugas Buatlah dalam notasi bahasa pascal : 1. Definisikan sebuah type terstruktur untuk menyatakan data nasabah disebuah bank. Data nasabah terdiri atas field Nomor Account, Nama Nasabah, Alamat Nasabah, Kota Nasabah, dan Nomor Telpon Nasabah. Untuk setiap field definisikan type data yang cocok
2. Buatlah algoritma untuk untuk mengkonversi waktu tempuh seorang pelari maraton ke dalam detik, jika diketahui pelari maraton tersebut mamiliki waktu tempuh dalam jam-menit-detik (hh : mm : ss). Misalnya waktu tempuh seorang pelari maraton adalah 2 jam, 3 menit dan 30 detik, maka dalam detik waktu tempuhnya adalah (2*3600) + (3*60) + (40)
3. Buatlah program pascal untuk : a. Menuliskan tulisan ‘Hallo Siapa Namamu?’ b.Meminta pengguna memasukkan namanya c.Menuliskan pesan ‘Senang berteman denganmu’ <Nama>, yang dalam hal ini <Nama> adalah string yang dibaca berdasarkan soal b
4. Berapakah nilai dari variabel z dalam program berikut : x,y,z : byte; begin x :=20; y :=20; z := x * y; end.
5. Berapakah nilai dari variabel z dalam program berikut : x,y,z : string; begin x :=‘200’; y := ’23’; z := y + x; end.
6. Berapakah nilai dari variabel x,y,z dalam program berikut a,b,c,d : boolean; x,y,z : boolean; begin a := true; b := false; c := true; d := false; x := a and b or c xor d; y := a and not b or not c; z := a xor b xor c xor d; end.
Nama dan Konstanta Nama Di dalam algoritma nama dipakai untuk mengidentifikasi sesuatu dan dalam pemrograman mengacu sesuatu itu melalui namanya. Oleh karena itu nama haruslah unik. Di dalam algoritma atau pemrograman yang diberi nama dapat berupa :
1. Peubah (Variable) Peubah adalah tempat penyimpanan data/informasi di memori yang isinya dapat di ubah. Contoh : Deklarasi p : integer l : real
2. Konstanta (Constant) Konstanta adalah tempat penyimpanan di memori yang isinya tetap dan tidak dapat diubah. Notasi dalam algoritma ditulis dengan sintaks Const Contoh : const phi = 3.14 const Maks = 100
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya 3. Tipe Bentukan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya 4. Nama Fungsi dan Nama Prosedur Pembahansan akan dijelaskan kemudian Contoh : function Maksimum(a, b : integer)integer {Mengirimkan nilai terbesar antara a dan b} procedure tukar(input/output a, b : integer) (mempertukarkan nilai a dan b)
Aturan penulisan nama dalam algoritma: 1. Nama harus di mulai dengan huruf alfabet, tidak boleh dimulai dengan angka, spasi, atau karakter khusus lainnya. 2. Huruf besar dan huruf kecil tidak dibedakan. 3. Karakter penyusun nama hanya boleh huruf alfabet, angka dan underscore “_”, nama tidak boleh mengandung operator aritmatika, operator relasional, tanda baca, dan karakter khusus lainnya
4. Karakter-karakter dalam nama tidak boleh dipisah dengan spasi 4. Karakter-karakter dalam nama tidak boleh dipisah dengan spasi. Spasi dapat diganti dengan underscore. 5. Panjang nama tidak dibatasi
Nilai Nilai adalah besaran dari tipe data yang sudah didefinisikan di dalam deklarasi. Sebuah nilai dapat dimasukkan ke dalam nama peubah dengan dua cara, yaitu : Pengisian nilai secara langsung Dibaca dari piranti masukan