Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kerangka Kognitif Restyandito, S.Kom, MSIS.
Advertisements

DISPLAY.
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
Teori Belajar Kognitivisme
Arief Fanshuri Situated action Activity Theory Distributed Theory.
Teknik Sistem Informasi Industri
Interaksi Manusia dan Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK REQUIREMENTS ANALYSIS FUNDAMENTALS
Social Learning Theory
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Usability Heuristic, User Requirement and Cognitive Model
INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS. Usebility Heuristic.
Teori, prinsip dan pedoman IMK
PERTEMUAN KE-9 PERKULIAHAN SISTEM OPERASI
Bina Sarana Informatika
PERANCANGAN BASIS DATA
Sistem komputer.
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
Kerangka Kerja & Paradigma Interaksi
Presentasi dan properti leksikal MODEL PENGGUNA KOGNITIF
PENGANTAR SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM)
Model pengguna (Kognitif)
SISTEM KOMPUTER Departement of Computer Science
KERANGKA KERJA DAN PARADIGMA INTERAKSI
A Little History.
Struktur dan Fungsi CPU (II)
Information Processing Theory
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Human Computer Interaction (HCI)
Teori Pemprosesan Informasi
Latihan Ujian UTS dan UAS no 16 – 20 IMK
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Model pengguna (Kognitif)
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Interaksi Manusia – Komputer Rani Susanto, M.Kom
Teori, Prinsip dan Pedoman
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia.. Lanjutan)
Pertemuan 11 Model Kognitif.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Presentasi dan properti leksikal MODEL PENGGUNA KOGNITIF
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Pemodelan Sistem Bisnis
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Komponen HCI.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPTER MOHAMAD HILMAN 2016.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan Kesepuluh Model kognitif
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PANDANGAN UMUM SISTEM OPERASI DAN SISTEM KOMPUTER
ANALISA DAN PERANCANGAN
Pengenalan Sistem Pakar
User & Task Analysis ALGHIFARI HERLAMBANG AHMAD SYAWLANA SHARADINAH MUNISAH.
Model pengguna (Kognitif)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Model pengguna (Kognitif)
Model Kognitif.
Model pengguna (Kognitif)
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer Model Kognitif Oleh Nur Ayu Catur Wulandari.Skom Kayla_mot30@yahoo.com UIB - Interaksi Manusia & Komputer

Pemodelan Kognitif memperkirakan pikir dan reaksi Peranan Manusia dalam IMK & Evaluasi Pemodelan Kognitif Model Human Processor GOMS Cognitive Complexity Theory Keystroke Level Model UIB - Interaksi Manusia & Komputer

Pemodelan Kognitif memperkirakan pikir dan reaksi Peranan Manusia di pandang dari sisi pendekatan dalam pembuatan sistem , adalah : • Sensory processor (berkaitan dengan keterbatasan manusia) • interpreter/predicter (berkaitan dengan pengetahuan) • aktor / pelaku ( berkaitan dengan tugas dan konteks sosial) UIB - Interaksi Manusia & Komputer

Pemodelan Kognitif memperkirakan pikir dan reaksi Teknik Evaluasi: 1. Human = Sensory processor ( percobaan kuantitatif) 2. Human = Interpreter/ predicter ( analisa tugas / proses kognitif) 3. Human = actor / pelaku ( Participatory Design , ethnographic) UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User Membedakan pendekatan: HCI dalam pembuatan sistem - Manusia sebagai Mesin pemroses informasi (Machine Side) Manusia sebagai Pelaku dalam konteks (Human Side) UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User Model Kognitif adalah sebuah model yang di rancang dari cara kerja user,untuk mengetahui bagaimana user akan berinteraksi dengan interface Komponen: - membentuk beberapa aspek dari pemahaman user, pengetahuan, maksud dan pemrosesan - beragam dalam level representasi : rencana dan pemecahan masalah tingkat tinggi, sampai ke aksi motorik tingkat rendah (mis: keypress) UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User 1. Model Human Processor (MHP) Dari Card,Moran, dan Newell (1980an) Adalah model yang menganggap manusia sebagai sistem pemrosesan informasi Komponen MHP: • kumpulan memori dan pemrosesan bersama • kumpulan Prinsip Operasi • model diskrit dan berurutan • setiap tahapan mempunyai karakteristik waktu (tambahkan waktu tiap tahapan untuk memperoleh total waktu kerja) UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User Subsystem: - Perceptual, Kognitif dan Motorik (masing-masing memiliki prosessor dan memori ) - isi memori kerja menyulut aksi yang tersimpan dalam long-term memory • Sistem Persepsi : - terdiri atas banyak sensor dan memori pendukung. - memori terpenting adalah pada penyimpanan visual dan audio image ; - menunda output sistem sensor ketika sedang dikodekan (simbolik) ; • Sistem Kognitif: - Menerima kode2 simbolik (informasi) dari penyimpanan sensor image pada memori kerja-nya. - Menggunakannya dengan informasi (yang telah tersimpan sebelumnya) pada long term memory untuk memutuskan aksi/respon. • Sistem Motorik: menjalankan response yang sesuai UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User 2. GOMS (Goals, Operators, Methods, Selection) Rules (dikembangkan oleh Card,Moran dan Newell) • Goal / Tujuan : status terakhir yang ingin dicapai, kemudian uraikan dalam sub tujuan. • Operator : aksi pada tingkat paling rendah (untuk menjalankan suatu kegiatan); misal: press key, drag mouse, memindahkan pointer • Methods: urutan operator (prosedur) untuk menuntaskan suatu tujuan (satu atau lebih) contoh: Memilih kalimat gerakkan mouse ke awal kata, press mouse, tarik ke akhir kata, lepaskan mouse • Selection Rules: - dipakai ketika ada pilihan cara - ujicoba GOMS untuk memperkirakan metode mana yang digunakan Contoh: dapat menghapus sebuah kata baik dengan cara ctrl-X ataupun melalui menu tertentu. UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User 2 Asumsi : – Expert user melakukan operasi pada user interface – Berinteraksi dengan sistem adalah problem solving – Penguraian/dekomposisi subproblem – Menentukan goals untuk mengatasi problem – Mengetahui urutan operasi untuk mencapai goal/tujuan. – Nilai waktu untuk setiap operasi UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User Prosedur GOMS: - menganalisa urutan langkah - perkirakan durasi tiap langkah dan akhirnya total waktu keseluruhan langkah. Analisa digunakan untuk menentukan jalur critical, waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas) Batasan: - GOMS bukan untuk tugas-tugas dimana langkahlangkahnya kurang dipahami - bukan untuk user awam/ tidak berpengalaman. Varian GOMS : GOMS seringkali digabungkan dengan Keystroke Level Analysis (KLM) KLM : hanya dapat menganalisa step seperti keypress, pergerakan mouse; (GOMS tingkat rendah) UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User Tugas terbagi jadi 2: Akusisi tugas Eksekusi tugas (prediksi tugas) Cara Kerja KLM : perhitungan waktu tiap operator ditambah aturan nilai M (pada keadaan tertentu) K keystroke B press mouse button P pointing (menggerakkan mouse ke target) H homing (perpindahan antara tangan dan keyboard) D menggambar garis dengan mouse M Mental preparation R Respond system (dihitung hanya bila mengakibatkan user menunggu respon sistem tsb) UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User Contoh: Memilih kalimat: meraih mouse 0.40 menunjuk ke kata pertama 1.10 menekan tombol mouse 0.60 tahan dan bawa ke kata akhir 1.20 lepas tombol mouse 0.60 3.90 secs UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User Model Kognitif • Situated action • Activity Theory • Distributed Theory UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User • Situated Action : - Teori mengenai ‘aksi’ yang selalu ada dalam konteks sosial ataupun fisikal - Situasi memegang peranan dalam aksi user - Dapat terjadi problem dalam komunikasi mesinmanusia, sehingga situasi tidak lagi berarti. - Merupakan teori sosial, karena tidak hanya mempertimbangkan bagaimana seorang user berinteraksi dengan sebuah sistem..tapi juga bagaimana berinteraksi dengan user dan sistem lain di sekitar Contoh: kegiatan pada mesin fotokopi. - instruksi baru berarti respon sebelumnya sudah sesuai /cukup - tidak ada respon berarti aksi tidak selesai - tidak ada respon berarti aksi harus diulang atau diperbaiki. UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User Activity Theory Komponen : - Subyek : yang melakukan aktifitas - Obyek : tujuan kegiatan yang dimaksud - Mediasi : alat untuk mencapai obyek - Hasil : hasil interaksi antara subyek, obyek, dan mediasi Subject Object Mediation - Aktifitas adalah hubungan antara manusia, apa yang hendak mereka capai dan alat untuk mencapainya - ber Orientasi obyek - Setiap bagian dari aktifitas diubah dan dikembangkan dengan mengerjakannya - Aktifitas adalah ‘mesin’ dari pengembangan manusia dan teknologi UIB - Interaksi Manusia & Komputer

UIB - Interaksi Manusia & Komputer Koginitif/ Model User Distributed Cognition theory - menekankan aspek sosial pada kognisi - pendekatan yang bermanfaat untuk redesign sosial aspek pada kognisi dengan menempatkan tekanan pada individu dan lingkungannya. -Memandang sebuah sistem sebagai sebuah kumpulan representasi dan membentuk pertukaran informasi antara representasi ini. UIB - Interaksi Manusia & Komputer

THANK YOU