METODE SEMANTIK DALAM PENAFSIRAN AL QUR’AN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian Macam-macam Urgensi dan Kegunaan Mempelajari Munasabah
Advertisements

AL-QUR’AN : ANTAR YANG AURAL DAN KANONIK PRESENTED : AHMAD HOERUDDIN HAMBYAH FAUZI HASBIALLAH MUHAMMAD DEDES TRIYA ANDANI.
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
SEMANTIK BAHASA INDONESIA
M.K SEMANTIK Pertemuan Ke-2
oleh: Septia Sugiarsih
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PERTEMUAN KE-7 M.K: SEMANTIK
Agama Islam Pertemuan ke-3.
Pendidikan Agama Islam
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
Hal Ihwal Bahasa Baku.
Kerangka Dasar Ajaran Islam
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
BENTUK DAN MAKNA.
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Bahasa lisan dan tulisan Kelompok 2 : Arie stiawan Chania gusna devi Darmaji Edih suaedih.
OELH: APIPUDIN,S.Th.I, MA.Hum
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
IMAN KEPADA RASUL.
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD B. Esti Pramuki
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA
BAB X Salat Jum’at.
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
BIODATA NAMA : SUPRIYADI,SPd.I TTL : PURWOREJO,14 SEP 1976 ALAMAT : PERUM SALSABILA 2 JATISARI, JATI ASIH, BEKASI TELP/HP :
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
Munasabah Al-Qur’an Present By : Kelompok 5.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
AGAMA DAN KEBERAGAMAAN
Mata Kuliah Al Qur’an Hadis Oleh Syukur
Filsafat Ketuhanan Muhammad Noor, M.H.I.
oleh: Septia Sugiarsih
SEMANTIK (1) PERTEMUAN KE-13 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Agama dan Manusia A1 Putri Indori Sely Wardani Muammar Khadafi
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
KONSEP TUHAN MANUSIA & ALAM
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
? SEMANTIK Macam makna Perubahan makna Tata hubungan makna
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
Simbolisme dalam Agama Drs. H. Nur Syahid, MPdI
Agama Etimologi: Agama berasal dari bahasa sankskerta. [a = tidak; gama = kacau] artinya tidak kacau; atau adanya keteraturan dan peraturan untuk mencapai.
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
OLEH : Nima Lestari BAB II UCAPAN DAN EJAAN OLEH : Nima Lestari
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Kelompok 1 Anggi Ernestia( ) Fitria ( ) Nur Zumala Ningrum( ) M.Fadli Wibhianto( )
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Linguistik kontrastif
Pengertian Agama Islam
BAB 1 : AQIDAH – DEFINASI, KEPENTINGAN DAN SUMBER RUJUKAN
MAKNA KATA.
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
AL HADIST RAJA BATAR HASIBUAN PMI-B FDK UINSU 2019 DOSEN: H. MOHD IQBAL A. MUIN, LC,MA.
Transcript presentasi:

METODE SEMANTIK DALAM PENAFSIRAN AL QUR’AN Created by: Syukur / 12010150049 PROGRAM PASCASARJANA SUPERVISI PAI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA

METODE SEMANTIK DALAM PENAFSIRAN AL QUR’AN Latar belakang 1. AL QUR’AN SEBAGAI PEDOMAN 2. PERKEMBANGAN PENAFSIRAN AL QUR’AN 3. BERAGAM DALAM MENAFSIRKAN AL QUR’AN 4. PERBEDAAN MAKNA DALAM MEMAHAMI 5. PERLUNYA PENDEKATAN ANALISIS

PENGERTIAN SEMANTIK SEMANTIK DALAM BAHASA YUNANI SEMANTIKOS (MEMAKNAI, MENGARTIKAN, MENANDAI) SEMANTIK DALAM ISTILAH ILMU YANG MENYELIDIKI TENTANG MAKNA, BAIK BERHUBUNGAN ANTAR KATA, LAMBANG DENGAN GAGASAN ATAU BENDA YANG DIWAKILI ATAU PELACAKAN ATAS RIWAYAT MAKNA

BAHASA TERKAIT DENGAN KONDISI SEKITAR PEMAKAINYA Kata terikat kuat dengan orang yang menuturkannya dan seseorang tidak mengetahui sebelum menyaakan persepsi Contoh : Budak ; tawanan (arab) –anak kecil (melayu) Bekajang; Berkelahi (Bugis) – berteduh dari hujan (Melayu) Kolak; minuman (Jawa) – menunda waktu sebentar (Melayu)

Contoh Operasi Semantik Dalam Qur’an حافظوا على الصلوات والصلاة الوسطى وقوموا لله قانتين Kata. Kata yang membentuk ayat tersebut adalah: الصلوات،الصلاة،  , dan الوسطى  dan partikel-partikelnya adalah  و، على،   dan ل  pada lafaz jalalah. Frasa. Frasa pada ayat tersebut adalah على الصلوات،  dan الصلاة الوسطى Klausa. Klausanya adalah حافظوا  dan قوموا Kalimatnya adalah  حافظوا على الصلوات والصلاة الوسطى وقوموا لله قانتين

Perkembangan Semantik Bahwa setiap kata dalam al Qur’an memiliki kata definitif dan alternatif makna Contoh ; kata mawt Alternatif ; tetes yang belum dihidupkan, manusia yang salah beriman, tanah gersang dan tandus, ruh yang hilang

Contoh Interpretasi Muqatil Hubungan makna dasar dengan makna kembangan seperti kata MA’ (air) hujan seperti dalam QS 15:22, QS 25:48, QS 8:11dan QS 31:10, salah satu bunyi artinya, “kami turunkan hujan dari langit lalu kami beri minum kamu dengan air itu”(QS 15:22), air sperma, seperti QS 25:54 “Dia-lah yang menciptakan manusia dari air” pijakan yang amat fundamental dalam kehidupan orang beriman, seperti yang tertera dalam QS 16:65, “Allah menurunkan dari langit air dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya

Menurut Toshihiku Izutsu Kosa kata dalam al Qur’an : kosa kata yang hanya memiliki satu makna, kosa kata yang memiliki dua alternatif makna, dan kosa kata yang memiliki banyak kemungkinan arti selaras dengan konteks dan struktur dalam kalimat yang memakainya

Makna Dasar dan Rasional Makna konotatif, yang dalam prakteknya, sangat bergantung kepada konteks sekaligus relasi dengan kosa kata lainnya dalam kalimat. seperti : Allah, wahyu, tanzil dan sebagainya akan mengalami pengembangan dan perluasan makna yang amat berarti. Hal ni disebabkan, kata yang bermakna dasar “buku” tersebut menjadi luas medan maknanya, seperti kitab suci al-Qur’an, bibel Yahudi, dan Kristen.

Semantik Leksikal Makna referensional ; (kitab; al-Qur’an). Nonreferensial; (“akan”, “selalu”, “karena”). Denotasi dan konotasi (hujan itu rahmat-hambatan bagi penjual es) Analisis eksistensional (Islam; tunduk, patuh, selamat, damai, sejahtera, integral) dan analisis intensional (agama yang dianut nabi Muhammad) Analisis komponensional (ummu /ibu hubungannya dengan al ummah dan imam) Makna dan pemakaiannya (umum-lafdzi-isthilah) Kesinoniman, keantoniman, kehomoniman, dan kehiponiman (libas, harts bermakna wanita QS:2:187&223) berarti; 1. Beranting emas, perak 2. polaris; tidak kaya tidak miskin / sederhana.

Semantik Gramatikal Semantik gramatikal, erat kaitannya dengan tata bahasa, yaitu morfologi dan sintaksis. Morfologi adalah ilmu yang menyangkut struktur internal kata, dalam bahasa Arab dikenal ilmu shorof berupa hubungan sintagmatik seperti dalam QS at-Taubah;3 lafal rasuluhu (dengan lam dhammah) tidak boleh diubah rasulahu (dengan lam fathah), karena akan terjadi perubahan arti, walaupun secara sintaksis sah, dan hubungan paradigmatik seperti salima-islam-muslim. Serta makna sintaksis merupakan kajian ilmu nahwu adalah makna atas hubungan gramatikal di luar batas kata.

Kasus Metode Analisis Semantik Definisi kontekstual, Contohnya kata al-birr dalam surat al-Baqarah:177. definisi al-birr bukan sebagai aktivitas menjalankan aturan-aturan formalisme agama secara lahiriyah, tetapi merupakan bentuk kebaktian sosial yang sebetulnya muncul dari kepercayaan monoteisme kepada Tuhan. Sinonim substantif, contoh surat al-A’raf :94-95, di mana kata ba’sa dan dharra’ posisinya diganti sayyi’ah. Struktur semantik Contohnya kasus perbedaan kata antara khair dan hasanah Prinsip non-X, struktur semantik kata X yang masih samar diperjelas dengan memandang bentuk negatif, bukan. Contoh kata istakbara padan surat al- Sajadah:15. Bidang semantik, sebagai seperangkat hubungan semantik antara kata tertentu denga bahasa. Contoh kasus kelompok tak terpisahkan kata iftara dan kata kaziba yang tergabung dalam kata zhalima. Ungkapan paralelisme retorik juga memberikan gambaran adanya relasi sinonimitas. Contoh kasus surat al-Maidah:44,45, dan 47. ada tiga kata yang mengandung relasi sinonimitas, yaitu kafir, dzalim, dan fasiq.

Semantik Diakronik dan Semantik Sinkronik Semantik diakronik ; pandangan bahasa dengan menitik beratkan pada waktu Semantik sinkronik pandangan thp kata yang melintasi garis historis.

Objek penelitian tafsirnya Q.S. An Nahl:16;78 Akhraja, sami’a (telinga menangkap), abshara (memahami pembicaraan), af’idah (memperhatikan panggilan) tasykurun (pujian)