ALGORITMA PEMROGRAMAN 1B* (PP :S1-KA) Pertemuan 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Suparno Blog : Penterjemahan Data (Compiler – Interpreter) Pengenalan Pengelolahan Data Elektronik.
Advertisements

Pengertian Dasar Logika dan Algoritma
1 MATA KULIAH : “LOGIKA DAN ALGORITMA” PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA DAN PROGRAM CREATED BY: AYU ANGGRIANI H PTIK A 2009 PRODI PENDIDIKAN TEKNIK.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
ALGORITMA & PEMROGRAMAN (PRAKTEK)
Algoritma dan Flowchart
Algoritma Pemograman 1 A
Komunikasi Dasar Manusia dan Komputer
TEORI ALGORITMA.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
All sections to appear here
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Dasar- Dasar Algoritma
Sejarah Bahasa BASIC Disusun Oleh : Lily W..
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PENERAPAN KOMPUTER BAGIAN 1. POKOK BAHASAN 1. PENGENALAN KOMPUTER 2. BAHASA BASIC DAN DIAGRAM ALIR 3. VARIABEL DAN KONSTANTA A. STATEMEN MENAMPILKAN DATA.
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
Praktikum Dasar-Dasar Pemrograman
By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pernyataan Percabangan
Struktur Program dan Pernyataan
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Flowchart
Mahasiswa diharapkan dapat:
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Pemrograman Dasar Kelas X.
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Pendahuluan Algoritma dan Pemrograman I-A
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Konsep Dasar Disusun Oleh : Lily W..
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pengantar Pemrograman
Struktur Program dan Pernyataan
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1B
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (PERTEMUAN 2)
Pemrograman BASIC.
Algoritma.
YOHANA NUGRAHENI Pengantar Algoritma YOHANA NUGRAHENI
Pengenalan QBasic.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Sejarah Bahasa BASIC.
Pernyataan Pengulangan Proses
Struktur Program dan Pernyataan
Pernyataan Percabangan
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A
Konsep Dasar BASIC ALGORITMA PEMROGRAMAN 1B* (PP :S1-DB) Pertemuan 3.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Konsep Dasar.
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Keterampilan komputer 1AB
Dasar-dasar Pemrograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ARRAY Dalam BASIC Disusun Oleh : Lily W..
ALGORITMA DAN FLOWCHART
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
Algoritma & Pemrograman 1
Konsep Dasar BASIC ALGORITMA PEMROGRAMAN 1B* (PP :S1-KA) Pertemuan 3.
ARRAY Dalam BASIC.
Algoritma dan Flowchart
Algoritma pemrogaman komputer
Oleh : Pramesthi Handaru
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma. LOGIKA Pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles (384 – 322 SM) Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos)
Pengantar Pemrograman
Pernyataan Pengulangan Proses
Transcript presentasi:

ALGORITMA PEMROGRAMAN 1B* (PP-011302:S1-KA) Pertemuan 1 AHMAD HIDAYAT

Games Logika? Ada 3 buah wadah terdiri dari wadah A, wadah B dan wadah C. wadah A sudah menampung 8 liter air dan masing-masing wadah mempunyai ukuran sbb: wadah A mempunyai kapasitas menampung 8 liter air wadah B mempunyai kapasitas menampung 5 liter air Wadah C mempunyai kapasitas menampung 3 liter air Pertanyaan : Bagaimana langkah dan berapa cara yang dibutuhkan agar wadah B terisi 4 liter air dengan alat ukurnya hanya wadah A, B dan C ?

Jawaban Tuang air di wadah A ke wadah B sampai penuh (air di wadah A menjadi 3 liter dan air di wadah B menjadi 5 liter) Tuang air di wadah B ke wadah C sampai penuh (air di wadah B menjadi 2 liter dan air di wadah C menjadi 3 liter) Tuang air di wadah C hingga habis ke wadah A (air di wadah c menjadi habis dan air di wadah A menjadi 6 liter) Tuang air di wadah B hingga habis ke wadah C (air di wadah B menjadi habis dan air di wadah C menjadi 2 liter) Tuang air di wadah A ke wadah B sampai penuh (air di wadah A menjadi 1 liter dan air di wadah B menjadi 5 liter) Tuang air di wadah B ke wadah C sampai penuh (air di wadah B menjadi 4 liter dan air di wadah C menjadi 3 liter).

Apa Itu? Komputer Algoritma Program Komputer

Komputer Alat elektronik untuk menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan untuk memproses dan menyiapkan data maupun informasi yang cepat dan akurat dan juga dapat membantu memecahkan masalah.

Fokus utama program Komputer secara umum

Algoritma Algoritma adalah inti/jantung dari ilmu komputer. Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma adalah memperinci langkah-langkah proses pelaksanaan dalam pemecahan suatu masalah. Disusun sebelum membuat program/aplikasi.

Sifat-sifat algoritma Banyak instruksinya berhingga Tidak ada keraguan / harus jelas Terstruktur Rangkaian proses yang berisi langkah-langkah dari suatu algoritma yang akan diproses harus ditetapkan dengan pasti, tidak berbelit- belit Batasan dari input dan output Input harus sesuai dengan jenis algoritma yang bersangkutan dan harus menghasilkan output yang pasti. Efektivitas & efisien Batasan ruang lingkup

Program Sekumpulan instruksi yang disusun dengan urutan tertentu yang melakukan suatu pekerjaan dan dikenal/dimengerti oleh komputer. Kegiatan pembuatan program : PEMROGRAMAN (Programming) Bahasa yang digunakan : BAHASA PEMROGRAMAN (Programming Language) (C++, Python, Pascal, Java, dll) Orang yang membuat program : PROGRAMER

Program Tingkatan orang komputer ( Brainware) : 1. System Analisis, bertugas menganalisa masalah 2. Programmer, bertugas membuat program 3. Operator, bertugas menjalankan program

Tingkatan bahasa pemrograman: Bahasa tingkat rendah Bahasa ini menyerupai bahasa mesin/rakitan cara penulisannya dan ditulis dalam bentuk kode Hexa. Bahasa ini paling sulit untuk dimengerti. Contoh : Bahasa mesin (machine language) & Bahasa rakitan (assembly language) Bahasa tingkat tinggi Bahasa ini adalah bahasa yang mendekati bahasa manusia, dan agar dimengerti oleh computer akan diterjermahkan dulu oleh kompilator Contoh : BASIC => Beginner's All-purpose Symbolic Instruction Code Dibuat dengan tujuan agar para pemakai langsung dapat mengetahui respon dari apa yang telah dibuat. Hexadecimal atau sistem bilangan basis 16 adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol dengan urutan angka sebagai berikut 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E,

CONTOH Algoritma Mengirim Surat Algoritma ketika ingin mengirimkan surat kepada teman, yaitu : 1. Tulis surat pada secarik kertas surat 2. Ambil sampul surat 3. Masukkan surat ke dalam sampul 4. Tutup sampul surat menggunakan perekat 5. Tempel perangko pada surat 6. Bawa surat ke kantor pos untuk di poskan

Contoh Algoritma Program Prosedur untuk menyelesaikan masalah komputansi akar bulat positif dari suatu bilangan bulat atau ( integer ) positif a, yaitu : Baca a Masukan x sama dengan 1 Hitung y sebesar X*X Jika y sama dengan a maka cetak x sebagai akar dari a. Tambahkan x dengan 1 Pergi ke langkah 3

Prosedur dibentuk ke dalam Program basic 10 INPUT A 20 X = 1 30 Y = X*X 40 IF Y = A THEN PRINT X : END 50 X = X + 1 60 GO TO 30

Sejarah Bahasa BASIC

Sejarah Basic BASIC, adalah singkatan dari Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi. Secara harfiah, BASIC memiliki arti "kode instruksi simbolis semua tujuan yang dapat digunakan oleh para pemula". Bahasa BASIC menjadi bahasa yang paling populer digunakan pada komputer mikro pada akhir tahun 1970-an dan komputer rumahan pada tahun 1980-an. Dan hingga saat ini, menjadi bahasa yang dialeknya beberapa kali berevolusi.

Sejarah Basic Bahasa BASIC yang asli didesain pada tahun 1963 oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz dan diimplementasikan oleh sekelompok siswa di Dartmouth College di bawah arahan mereka berdua. BASIC didesain untuk para siswa agar mereka dapat menulis program untuk Dartmouth Time-Sharing System. BASIC buatan Kemeny dan Kurtz dinamakan dengan Dartmouth BASIC.

Sejarah Basic Prinsip-prinsip yang digunakan dalam mendesain bahasa BASIC antara lain: Dapat digunakan secara mudah bagi para pemula. Dapat digunakan sebagai sebuah bahasa pemrograman untuk tujuan umum (general purpose) Dapat ditambahi fitur-fitur tambahan dan tingkat lanjut untuk para ahli, tetapi tetap mempertahankan kesederhanaan bahasa untuk para pemula. Harus interaktif. Pesan-pesan kesalahan harus jelas dan mudah dipahami. Merespons dengan cepat untuk program-program yang kecil. Tidak harus membutuhkan pengetahuan dan pemahaman perangkat keras komputer.

Pendahuluan BASIC merupakan bahasa tingkat tinggi (high level language) yang bersifat intrepreter yaitu memungkinkan untuk mengoperasikan komputer secara interaktif, program dapat ditulis, dijalankan, dirubah, dan dijalankan lagi tanpa harus melalui tahap kompilasi, seperti bahasa tingkat tinggi lainnya yang berbentuk compiler.

Jenis-Jenis Bahasa Basic BASICA GW-BASICA MBASIC Turbo BASIC Quick BASIC QBASIC POWER BASIC Dll

Modus operasi pada BASIC Modus langsung / Direct Mode / Immediate Mode / Command Mode modus ini cara kerjanya mirip dengan kalkulator dimana hasil langsung ditampilkan. Contoh : Print 5+10 atau ? 5+10 15 15 Ok Ok

Modus operasi pada BASIC Modus tidak langsung / Indirect Mode / Program Mode modus ini pada setiap awal program harus diberi nomor baris dan untuk menjalankan program digunakan command RUN Contoh : LET A=5 20 LET B=7 30 PRINT A+B 40 END Output 12

Program Instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer agar dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu

Bahasa Pemrograman Bahasa yang digunakan untuk membuat program Klasifikasi bahasa pemrograman : Bahasa tingkat rendah (Low level language) : bahasa yang berorientasi mesin Bahasa mesin (machine language) Bahasa rakitan (assembly language) Bahasa tingkat tinggi (High level language) : bahasa yang berorientasi kepada bahasa manusia BASIC Pascal COBOL Untuk dapat dijalankan, program harus diterjemahkan ke dalam kode-kode yang dimengerti oleh komputer

Bahasa Pemrograman Proses penterjemahan dapat dilakukan oleh : Interpreter Compiler

Langkah Pemrograman Menulis program Menjalankan program untuk menguji kebenaran perogram Jika ada kesalahan (logika maupun kaidah), program diperbaiki dan kembali ke langkah 2

Mulai Menulis program Menjalankan program Ada kesalahan ya Memperbaiki program tidak Selesai

BASIC Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code Diciptakan Prof . John G. Kemeny dan Thomas Kurtz di Darthmouth College, New Hampshire USA, program dijalankan pertama kali 1 Mei 1964 Beberapa jenis/versi BASIC : BASICA GW-BASIC MBASIC TurboBASIC QuickBasic QBasic PowerBasic dll

QBasic Salah satu versi dari bahasa BASIC Dibuat oleh Microsoft Corporation Merupakan interpreter Dikemas di dalam DOS (mulai versi 5.0)

Menu pada QBasic File, berisi operasi yg berhubungan dengan file seperti : Mengosongkan editor Menyimpan file Mencetak program ke printer Keluar dari Qbasic Edit, berhubungan dengan operasi penyuntingan prorgam, seperti : Copy & paste Membuat subrutin / fungsi View, di antaranya untuk melihat jendela hasil program

Menu pada QBasic Search, berguna untuk mencari dan mengganti teks Run, untuk menjalankan/mengeksekusi program Debug, untuk melakukan debugging (pencarian kesalahan) Options, untuk mengatur berbagai pilihan, misalnya untuk menentukan lokasi dari file QBASIC.HLP Help, berisi tentang bantuan pemakai yang disediakan QBasic

Menulis Program Menulis program baru : Pilih menu File – New Ketikkan baris-baris program, misal PRINT “Selamat belajar” PRINT “QBASIC”

Menjalankan Program Pilih menu Run – Start atau tekan Shift-F5 Hasil

Menyimpan Program Pilih menu File – Save Ketik nama file yang diinginkan

Keluar dari QBasic Memanggil Program Pilih menu File – Exit Pilih menu File – Open Ketikkan nama file yang diinginkan Keluar dari QBasic Pilih menu File – Exit

Referensi Seri Diktat Kuliah : Pengantar Algoritma dan Pemrograman : Teknik diagram alur dan bahasa Basic Dasar, Penerbit Gunadarma Yay Singleman, Business Programming Logic 2nd –ed, Prentice Hall Engelwood Cliffs, NewJersey, 1982. Gottfried, Programming in BASIC, MC Graw Hil, Ne York, 1981. Insap Santosa, Program-program Terapan Menggunakan Quick Basic, Andi Yogyakarta. Jogiyanto, Teori dan Aplikasi dan Program Komputer Bahasa Basic, Andi Yogyakarta. Rijanto Tosin, Quick Basic, Dinastindo. Wikipedia

TERIMA KASIH