JAVA FUNDAMENTAL.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Malang,22 November 2012
Advertisements

Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Selection (pemilihan) As’ad Djamalilleil
Flow Control & Exception Handling
Struktur Kondisi dan Perulangan
Struktur Kontrol.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Control Structures in Java Risanuri Hidayat, Ir., M.Sc.
PERTEMUAN 2 Variabel, Ekspresi, Operator, dan Flow Control
Struktur Kendali Proses (Seleksi)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Nandang Hermanto PK2 Pertemuan 3. Perulangan Pernyataan while Pernyataan do..while Pernyataan for.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Algoritma & Pemrograman 1
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
Struktur kontrol.
Object-oriented Programming (OOP) with JAVA 2011/2012
PERNYATAAN SELEKSI Matakuliah : Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2009 Versi : 1/0.
Struktur Kontrol Keputusan
Struktur Kontrol Struktur kontrol if Struktur kontrol if-else
MODUL 3 PERULANGAN PERCABANGAN ARRAY
If, If/else, switch SUSSI.
Statement Control (if dan switch)
Pernyataan Pertemuan 3 Season 1
Pemprograman Berorientasi Objek
Pemrograman Visual I Outline: Kondisi dan Aksi Selection Statement
PERNYATAAN SELEKSI Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
STRUKTUR KONTROL.
Struktur Kontrol Pemilihan
PENGENDALI PROGRAM 1 Pokok bahasan :
Pengambilan Keputusan dan Pengulangan Proses
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
Struktur Kontrol Keputusan
Ekspresi Kondisi dan Pernyataan Berkondisi
PERCABANGAN & PERULANGAN DALAM JAVA
PERCABANGAN.
BAB 4 Flow Control & Looping
JAVA FUNDAMENTAL (Method)
Bifurcation & Lompatan Instruksi
S. Indriani Lestariningati, M.T
Perulangan / Looping / Repetisi PEMROGRAMAN DASAR
PERCABANGAN Siti Mukaromah, S.Kom.
Pemrograman Web Lanjut “Pertemuan ke-3”
Percabangan dan Perulangan.
Algoritma & Pemrograman 3
PENERAPAN DASAR-DASAR SYNTAX JAVA
JAVA FUNDAMENTAL.
Bifurcation & Lompatan Instruksi
Selection (pemilihan)
PRAKTIKUM DASAR PEMROGRAMAN
Perulangan (Loop) Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Struktur Kontrol #1 Keputusan
Perulangan (Loop) Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Percabangan/Penyeleksian Kondisi
Aliran Kendali Pengulangan
JAVA FUNDAMENTAL (Array / Larik)
Pernyataan Kondisional, Perulangan dan Jump
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
UNIVERSITAS BUDI LUHUR FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI HAL : 1 Pemrograman Berorientasi Objek Struktur Kontrol.
Kamis, 08 Nopember 2018.
Struktur Kontrol Pemilihan
PERCABANGAN.
Pemrograman Web Lanjut “Pertemuan ke-3”
Logika dan Algoritma Agung BP Chapter 5.
Struktur Kontrol Pemilihan Struktur kontrol pemilihan adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untukmemilih dan mengeksekusi blok kode spesifik.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

JAVA FUNDAMENTAL

PERCABANGAN Terdapat 2 Jenis Percabangan di Java, yaitu : Pernyataan if terdiri dari : If If else Pernyataan switch Percabangan if Percabangan if di java menyatakan statement/perintah akan dieksekusi bila memenuhi syarat/kondisi tertentu. Bentuk Umum : If (Expression) Statement:

PERCABANGAN IF Contoh : public class contohif{ public static void main(String[] args){ int x=10; if (x==10) System.out.println("Nilai x = "+ x); } Output : Nilai x = 10

PERCABANGAN IF…ELSE 1. Satu Statement/Perintah if (Expression/Condition) //true statement; else //false statement; 3. Lebih Dari Dua Kondisi if (Expression/Condition1) { //true statements; } else if (Expression/Condition2) { //false statements; Else { 2. Lebih Dari Satu Statement/Perintah if (Expression/Condition) {

PERCABANGAN IF…ELSE Contoh if…else; import javax.swing.*; public class contohifelse{ public static void main(String[] args){ String input=JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nilai Akhir= "); int na=Integer.valueOf(input); if (na>=60) System.out.println(“Anda lulus "); else System.out.println(“Anda Gagal"); }

PERCABANGAN SWITCH switch ini digunakan untuk menyeleksi kondisi yang memiliki banyak kemungkinan (multiple condition), sama seperti multiple if…else. Bentuk Umum : switch (Expression) { case value1 : statements for value1; break; case value2 : statements for value2; break; case valueN : statements for valueN; break; default : statement default; }

PERCABANGAN SWITCH public class contohswitch{ public static void main(String[] args){ int a; a=3; switch(a){ case 0: System.out.println("Nilai a = 0"); case 1: System.out.println("Nilai a = 1"); case 2: System.out.println("Nilai a = 2"); case 3: System.out.println("Nilai a = 3"); case 4: System.out.println("Nilai a = 4"); case 5: System.out.println("Nilai a = 5"); case 6: System.out.println("Nilai a = 6"); default : System.out.println("Nilai Case tidak terpenuhi"); }

PERCABANGAN SWITCH Perhatikan aturan switch berikut : Ekspresi switch harus bernilai salah satu dari tipe data char,byte, short, int. dan harus dilingkupi oleh tanda kurung. Nilai1 sampai nilaiN harus memiliki tipe data yang sama dengan nilai ekspresi switch. Interpreter akan mengeksekusi statement dari suatu case, bila nilai ekspresi switch sama dengan nilai dari case. Statement pada tiap-tiap case dapat berupa statement tunggal atau terdiri dari beberapa statement. Bila terdiri dari banyak statement, harus digunakan blok untuk mengelompokkannya. Keyword break bersifat optional, namun dianjurkan digunakan pada bagian akhir statement untuk tiap-tiap case. Hal ini dimaksudkan agar begitu nilai ekspresi switch sama dengan salah satu nilai case(kondisi seleksi terpenuhi) maka interpreter akan berhenti memeriksa nilai-nilai case berikutnya. Default berfungsi sebagai statement yang akan dieksekusi oleh interpreter bila tidak ada satu pun nilai case yang sama dengan nilai ekspresi switch yang diperiksa.

LATIHAN Buatlah program menentukan Bilangan Ganjil –Genap. (if dan switch) Input : inisialisasi suatu variabel. Output : Angka 3 = Ganjil Angka 4 = Genap 2. Buatlah program untuk menentukan Nilai Akhir dan Index. Komponen Penilaian tugas 20%, quiz 10%, uts 30%, uas 40%. Input : Inisialisasi variabel Output : Nilai Tugas : 75 Nilai Quiz : 90 Nilai Uts : 80 Nilai Uas : 80 Nilai Akhir : 80 Index : A

TERIMA KASIH