PEMODELAN OBJECT ORIENTED

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak
Advertisements

Analisis & Informasi Proses Bisnis (CSA221)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pertemuan 4 Use Case dan Aktor
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
PEMODELAN SISITEM INFORMASI
Unified Modelling Language (UML)
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
UML (Unified Modelling Language)
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
Analisis Model.
USE CASE DIAGRAM.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
UML mendukung pengembangan aplikasi Kelas application partitioning Objek-objek Business Relationships Business Process Objek-objek Use Cases Sistem untuk.
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Lecture Note: Retno Budi L Model Bisnis v [STMIK MDP] Retno Budi Lestari Pemodelan Kebutuhan.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pemodelan Kebutuhan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom Model Bisnis v [STMIK MDP] 1Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom.
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
OBJECTORIENTED ANALYSIS
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Unified Modeling Language [UML]
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Soal Kuis I PSBO.
Analisis Model.
Citra N., S.Si, MT Sistem Informasi - UNIKOM
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Object-Oriented Analysis (OOA)
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
Pemodelan objek.
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
UML mendukung pengembangan aplikasi
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PEMODELAN PROYEK (UML)
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Soal PSBO Pert.1-6.
Use Case Diagram.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Perangkat Lunak – Part 1
Analisis Model.
SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
Unified Modelling Languange (UML)
Citra N., S.Si, MT Sistem Informasi - UNIKOM
Unified Modeling Language (UML)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
Pemodelan Sistem PL.
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
USE CASE DIAGRAM.
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

PEMODELAN OBJECT ORIENTED

UML ( Unified Modeling Language ) Pemodelan visual adalah proses penggambaran informasi-informasi secara grafis dengan notasi-notasi baku yang teah disepakati sebelumnya. Notasi-notasi tersebut sangat penting dengan alasan komunikasi. Dengan notasi pemodelan yang bersifat baku, komunikasi yang yang baik akan terjalin dengan mudah antar tim anggota pengembang dengan para pengguna.

Dengan menggunakan UML pengembang perangkat lunak dapat melakukan : Tinjauan umum bagaimana arsitektur sistem secara keseluruhan. Penelahan bagaimana objek-objek dalam sistem saling mengirimkan pesan dan saling bekerja sama satu dengan yang lainnya. Menguji apakah sistem/perangkat lunak sudah berfungsi seperti seharusnya. Dokumentasi sistem /perangkat lunak untuk keperluan tertentu dimasa mendatang.

UML menyediakan 10 macam diagram untuk memodelkan aplikasi berorientasi objek, yaitu: Use Case Diagram untuk memodelkan proses bisnis. Conceptual Diagram untuk memodelkan konsep-konsep yang ada di dalam aplikasi. Sequence Diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar objects. Collaboration Diagram untuk memodelkan interaksi antar objects. State Diagram untuk memodelkan perilaku objects di dalam sistem. Activity diagram untuk memodelkan perilaku Use Cases dan objects di dalam system. Class diagram untuk memodelkan struktur kelas. Object Diagram untuk memodelkan struktur object. Component Diagram untuk memodelkan komponen object. Deployment Diagram untuk memodelkan distribusi aplikasi.

Usecase Diagram Pengertian : Use case class digunakan untuk memodelkan dan menyatakan unit fungsi/layanan yang disediakan oleh sistem ke pemakai. Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang diberi label nama sistem. Use case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal.

Komponen Pembentuk Use Case Diagram : 1. Actor Pada dasarnya actor bukanlah bagian dari use case diagram, namun untuk dapat terciptanya suatu use case diagram diperlukan beberapa actor. Actor tersebut mempresentasikan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin hanya memberikan informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem atau keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem. Actor hanya berinteraksi dengan use case, tetapi tidak memiliki kontrol atas use case. Actor digambarkan dengan stick man . Actor dapat digambarkan secara secara umum atau spesifik, dimana untuk membedakannya kita dapat menggunakan relationship

Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem: Use case adalah gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun. Catatan : Use case diagram adalah penggambaran sistem dari sudut pandang pengguna sistem tersebut (user), sehingga pembuatan use case lebih dititikberatkan pada fungsionalitas yang ada pada sistem, bukan berdasarkan alur atau urutan kejadian. Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem: Pola perilaku perangkat lunak aplikasi. Gambaran tugas dari sebuah actor. Sistem atau “benda” yang memberikan sesuatu yang bernilai kepada actor. Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (*bukan bagaimana cara mengerjakannya).

Relasi dalam Use Case Ada beberapa relasi yang terdapat pada use case diagram: Association, menghubungkan link antar element. Generalization, disebut juga inheritance (pewarisan), sebuah elemen dapat merupakan spesialisasi dari elemen lainnya. Dependency, sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya. Aggregation, bentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.

Tipe relasi/ stereotype yang mungkin terjadi pada use case diagram: <<include>> , yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya. <<extends>>, kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan alarm. <<communicates>>, mungkin ditambahkan untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association . Ini merupakan pilihan selama asosiasi hanya tipe relationship yang dibolehkan antara actor dan use case.

Tugas Pribadi Carilah defenisi, fungsi dan cara penggambaran serta contoh 10 diagram UML.

TERIMA KASIH