PEMASARAN RELaSIONAL Experiential Marketing

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Media Audio Visual sebagai media iklan
Advertisements

3 P E R T E M U A N KERJA, SIFAT DASAR DAN MOTIVASINYA
Memahami Proses Pemasaran Dan Perilaku Konsumen
Diferensiasi Pengertian:
CUSTOMER SATISFACTION
Loyalitas Pelanggan.
Menciptakan Ekuitas Merek
PERILAKU KONSUMEN Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului.
Pembentukan Sikap Dan Tingkah Laku
DIRI, KONSEP DIRI, dan PENYESUIAN DIRI
Pembelajaran Konsumen
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PRODUK I. (AFEKSI DAN KOGNISI KONSUMEN TERHADAP PRODUK) Setiap manusia pasti memiliki perbedaan baik dalam sikap.
Definisi Kepuasan Pelanggan
PASAR DAN PEMASARAN.
Model Perilaku Konsumen
Perilaku Konsumen Topik 2 Kepuasan Konsumen (Tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan dengan harapannya) Faktor yg mempengaruhi kepuasan Macam-macam.
KONSEP-KONSEP PERILAKU
ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Konsumen
PERILAKU INDIVIDU & PERBEDAANNYA..
BAB II KONSEP PEMASARAN.
KERJA, SIFAT DASAR DAN MOTIVASINYA
Pemasaran Marketing Sales. Pemasaran Marketing Sales.
Pengambilan Keputusan Konsumen
Prinsip-Prinsip Pemasaran
Pembelajaran Konsumen
Bab I Mendefinisikan Pemasaran untuk Abad ke-21
Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) – 3 SKS MEREK (BRAND)
MARKETING PROGRAM Segmentasi Target Market Formulation
MARKETING COMMUNICATION (PENDAHULUAN)
ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN
Memahami Proses Pemasaran Dan Perilaku Konsumen
Pengambilan Keputusan Konsumen
E. Sutisna, SE, MM.
Bab 9 Menciptakan Ekuitas Merek
Konsep Diri By : Afrira Esa Putri.
KONSEP PERIKLANAN.
BAB II KONSEP PEMASARAN.
Nama Kelompok: M. Solihin. A1C Indah Wahyudini
PPT 8 Strategi Kreatif.
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL
PEMASARAN RELaSIONAL Pertemuan ke 5.
SIKAP DAN KEPUASAN KERJA
SIKAP DAN TINGKAH LAKU. TINGKAH LAKU MANUSIA DAN LINGKUNGAN SOSIAL (HUMAN BEHAVIOR AND SOCIAL ENVIRONMENT)
MENGANALISIS PASAR KONSUMEN
Menciptakan ekuitas merek
Topik 6 Lingkup Psikologi Konsumen
Bab I Mendefinisikan Pemasaran untuk Abad ke-21
PEMASARAN RELaSIONAL Pertemuan ke 4.
MANAJEMEN PEMASARAN Pemasaran Abad 21
KEWIRAUSAHAAN TOPIK 6 RENCANA PEMASARAN.
PERILAKU KONSUMEN.
PEMASARAN RELaSIONAL Strategi , Taktik , Value
PENGENALAN TERHADAP AFEKSI DAN KOGNISI
MOTIVATION, PERSONALITY, and EMOTION
Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) – 3 SKS MEREK (BRAND)
PERILAKU KONSUMEN Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului.
PERILAKU INDIVIDU & PERBEDAANNYA..
KONSEP DIRI Adalah pandangan dan perasaan tentang diri kita sendiri, meliputi apa yang kita pikirkan dan kita rasakan.
Bab I Mendefinisikan Pemasaran untuk Abad ke-21
MEMBANTU KLIEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
MANAJEMEN PEMASARAN BAB 1 PENGERTIAN PEMASARAN DAN PROSES PEMASARAN
PERILAKU KONSUMEN Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului.
MANAJEMEN PEMASARAN BAB 1 PENGERTIAN PEMASARAN DAN PROSES PEMASARAN
Persepsi dan Sikap Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Konsumen
ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN
Pengambilan Keputusan Konsumen
ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN
Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran
Transcript presentasi:

PEMASARAN RELaSIONAL Experiential Marketing Pertemuan ke 9

Experiential Marketing Pertemuan ke 9 Dalam hal ini yg dimaksud dg ‘experience’ adalah su/ peristiwa yg bersifat pribadi dalam merespon stimulasi yg diberikan o/ penjual/produsen. Dalam strategi Experiential Marketing konsumen tdk saja melakukan permintaan barang berkualitas, tp juga menginginkan ada manfaat emosional, berupa memorable yaitu adanya pengalaman yg mengesankan yg tdk terlupakan, ada pengalaman unik yg positif, pengalaman holistik melalui seluruh pancainderanya. Strategi Experiential Marketing ini akan m’geser pendekatan tradisional marketing yg medasarkan konsumen hanya bersifat rasional saja.

Sasaran dr experiential marketing u/ memberi pengalaman kpd konsumen melalui lima tipe pengalaman, yaitu : 1. sense ; 2. feel ; 3. think ; 4. act ; 5. relate. Sense, ini menciptakan sensory experiences melalui penglihatan, suara, sentuhan, perasaan dan penciuman yg memberikan kesan keindahan, kesenangan, kepuasan, melalui adanya stimuli , process dan consequences atau hasil yg diperoleh karena adanya stimuli dan proses tsb. Feel, ini menyentuh inner feelings and emotions dg sasaran membangkitkan pengalaman afektif, shg ada rasa gembira dan bangga , seperti munculnya rasa nostalgia.

Think, ini menciptakan aspek kognitif, problem solving experiences Think, ini menciptakan aspek kognitif, problem solving experiences. Pikiran yg bagus akan membawa pelanggan mampu berpikir positif, shg memberikan opini yg positif thdp produk dan lembaga. Act, ini menyentuh pengalaman dlm gaya hidup. Ada kalanya perubahan dlm gaya hidup dipengaruhi o/ inspirasi, spontan karena melihat model. Konsumen akan membeli karena pengaruh dari luar dan opini dari dalam.

Relate, ini mencakup sense, feel, think dan act Relate, ini mencakup sense, feel, think dan act . Ini adalah pengalaman individual berhubungan dg orang lain dlm budaya tertentu. Misalnya dlm pemasaran kosmetik, dpt menciptakan fantasi pada lawan jenis. Jadi dlm hal ini ada tujuan u/mengkaitkan individu dg sesuatu yg berbeda di luar dirinya. Pada era kompetisi tajam seperti sekarang ini, produk harus memberikan suatu pengalaman yg menyentuh emosi konsumen.

Tugas Berdasarkan pengalaman masa lalu, seseorang selalu ingat pada brand tertentu ( brand equity ) baik yg positif maupun yg negatif. Gambar dan jelaskan, bagaimana mewujudkan brand equity dari tiga hal , yaitu image / citra , loyalitas , dan penghargaan / penilaian (value) !?

A . . . ... B . . . . .. C . . . . .. D . . . . . .