Pengantar Teknik Elektro

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SISTEM OPERASI Oleh : Wahyu Andhyka Kusuma
Advertisements

Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Outline Tugas Akhir Program Studi Teknik Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Erna Kumalasari Nurnawati
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Pertemuan I (Satu) Yani Sugiyani.  Apa Yang Anda Ketahui dari Sistem Operasi ? (Tuliskan definisi yang anda ketahui di WB !)  Rubah definisi tersebut.
ALAT UNDI DENGAN PENAMPIL 7’SEGMENT MELALUI INTERFACE Hasanudin
Sistem Pengolahan Data Komputer bag.1
PROGRAM APLIKASI PEMBUATAN BANGUN MATEMATIKA UNTUK Ayub Marstyo Putro for further detail, please visit
KOMPUTER.
Pengantar Arsitektur Organisasi Komputer
Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK
SISTEM PENGOLAHAN DATA (Arsitektur Komputer)
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Pendahuluan Mata Kuliah Sistem Operasi ( )
SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER
Oleh : Maskie Z. Oematan Teknik Informatika UNIKOM 2010
Organisasi dan Arsitektur Komputer
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Struktur Sistem Komputer
Sistem Pengolahan Data Komputer
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Pendahuluan.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PERTEMUAN 1 PENDAHULUAN.
SISTEM OPERASI Pertemuan II.
Sistem Pengolahan Data Komputer
Pertemuan 2 Pengantar Author : Linda Norhan, ST.
Pengenalan Bahasa Pemrograman
PERTEMUAN 1 PENDAHULUAN.
GRAFIKA & PUBLISISTIK,MENGAPA By SR Jannah
KONTRAK PERKULIAHAN Kehadiran / Presensi : 10%
Pengantar Sistem Komputer
PENGANTAR SISTEM OPERASI
Gambaran Umum Sistem Informasi Manajemen
Alat Proses ( Process Device)
Pengantar Teknik Elektro
KOMPUTER.
SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER
Pengantar Teknik Elektro
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pendahuluan TEK 2629 Arsitektur Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Kenalan dulu, yuk !. Kenalan dulu, yuk ! Nama : Alifia Dyah Ratu Anisa Tempat/tgl lahir : Dili, 12 Juli Alamat : Sukolilo Park Regency M-4 No.
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pengantar Arsitektur dan Organisasi Komputer
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
Pengantar Teknik Elektro
Materi Organisasi Komputer
SKEMA DASAR SISTEM KOMPUTER
Pendahuluan.
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Konsentrasi TEKNIK KOMPUTER, KENDALI dan ELEKTRONIKA
BAB VII MIKROKONTROLLER
Arsitektur Komputer Pertemuan - 1 Oleh : Tim Pengajar.
Fokus Arsitektur Komputer
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Sistem Internet of Things (SIoT)
Konsep Dasar Aplikasi.
Amik Universal Jl. Setia Budi No.20 AD Tanjung sari Medan Telp. (061) ,
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
APLIKASI MODUL PENGENALAN BENTUK DAN WARNA UNTUK Faiz Djibran
Pengantar Arsitektur Sistem Komputer untuk Perangkat Prosesor.
Transcript presentasi:

Pengantar Teknik Elektro Teknik Teknologi Informasi BAB 2 : Perangkat keras dan perangkat lunak

Bidang Ilmu Teknik Teknologi Informasi Perangkat Keras Perangkat Lunak Sistem Basis Data Jaringan Komputer Materi Pendukung

Bidang Ilmu Perangkat Keras Dasar Elektronika (Semester 3) Mikroprosesor (Semester 4) Organisasi dan Arsitektur Komputer (Semester 5) Pemrograman Bahasa Rakitan (Semester 5) Interface dan Periperhal (Semester 7)

Dasar Elektronika Tujuan : Materi : Kompetensi : Mengenal karakteristik dan parameter komponen elektronika. Dasar Semikonduktor, karakteristik dioda, karakteristik transistor, dll Mahasiswa memahami karakteristik komponen elektronika Mahasiswa memahami cara kerja dioda, transistor, dan komponen lain. Mahasiswa dapat membuat rangkaian pengganti transistor

Mikroprosessor Tujuan : Materi : Kompetensi : Pengetahuan dasar, analisa, dan perancangan sistem digital berbasis mikroprosessor dan mikroontroller Data bus dan address bus, address decoding, perencanaan perangkat keras, dll Mahasiswa memahami pengertian, filosofi, aplikasi dan konsep data bus dan address bus Mahasiswa mengetahui dasar-dasar perangkat keras Mahasiswa mampu membuat rangkaian perangkat keras menggunakan mikroprosessor dan mikrokontroller beserta cara memrogramnya sesuai dengan kebutuhan

Organisasi dan Arsitektur Komputer Tujuan : Materi : Kompetensi : Mengenal struktur komputer melalui pemahaman fungsi komponen dan kegunaannya Komponen CPU, ALU dan Register, operasi aritmatika, interface, I/O prosessor, dll Mahasiswa memahami struktur komputer Mahasiswa mengetahui inturksi-intruksi pada CPU Mahasiswa mengerti cara kerja CPU

Pemrograman Bahasa Rakitan Tujuan : Materi : Kompetensi : Penerapan teori pemrograman menggunakan bahasa rakitan (assembly) Level bahasa pemrograman, instruksi I/O, pengurutan dan kontrol program, dll Mahasiswa mengetahui karakteristik bahasa rakitan Mahasiswa dapat memahami instruksi I/O Mahasiswa memahami konsep register, pengalamatan, dan emulator.

Interface dan Periperhal Tujuan : Materi : Kompetensi : Mengetahui penerapan prinsip dasar interface dan periperhal dalam sistem elektronik digital dan komputer Bus I/O Memory interfacing, prinsip komunikasi dua arah, data transfer, dll Mahasiswa dapat mengaplikasikan prinsip dasar interface dan periperhal Mahasiswa dapat membuat hardware terprogram komputer yang dapat bekerja sesuai kebutuhan

Bidang Ilmu Perangkat Lunak Algoritma dan Struktur Data (Semester 5) Rekayasa perangkat lunak (Semester 5) Pemrograman berorientasi objek (Semester 5) Teknik Komputer Interaktif (Semester 5) Multimedia (Semester 7)

Algoritma dan Struktur Data Tujuan : Materi : Kompetensi : Mempelajari cara penyelesaian suatu masalah secara program komputer Tipe data dan jenis-jenis algoritma. Mahasiswa mengetahui tipe dara dalam pemrograman Mahasiswa mampu merancang alur program untuk menyelesaikan suatu permasalahan

Rekayasa Perangkat Lunak Tujuan : Materi : Kompetensi : Mempelajari cara mengembangkan perangkat lunak berkualitas Pengertian, paradigma, perkembangan, dan prospek rekayasa perangkat lunak, dll Mahasiswa mengetahui alur pengembangan perangkat lunak Mahasiswa memahami perencanaan dan persyaratan perangkat lunak Mahasiswa dapat membuat program menggunakan bahasa pemrograman tertentu Mahasiswa dapat melakukan manajemen perangkat lunak

Pemrograman Berorientasi Objek Tujuan : Materi : Kompetensi : Mampu menerapkan teori dan praktek pemrograman yang berorientasi objek Karakteristik implementasi Pemrograman berorientasi objek Mahasiswa mengetahui bahasa pemrograman berorientasi objek dan penggunaannya Mahasiswa mengenal konstanta dan variabel dalam pemrograman Mahasiswa bisa menerapkan karakteristik pemrograman berorientasi objek

Teknik Komputer Interaktif Tujuan : Materi : Kompetensi : Mempelajari metode interaksi pengguna dengan program Window, Natural User Interface, Augmented Reality, dll Mahasiswa mampu membangun model interaksi program dan pengguna Mahasiswa dapat membuat program yang mudah digunakan

Multimedia Tujuan : Materi : Kompetensi : Mempelajari desain program berbasis grafis dan suara Pemrograman multimedia, Antar muka program, Konsep program animasi, dll Mahasiswa memahami penggunaan multimedia dalam program Mahasiswa bisa menggunakan visual basic Mahasiswa bisa memasukkan beragam unsur multimedia kedalam program

SEKIAN