UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I INTERFACE UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
pendahuluan Antarmuka (Interface) secara umum merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
tujuan Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut
User friendly (ramah dengan pengguna): a. Memiliki tampilan yang bagus agar suatu program interface dapat menjamin komunikasi yang baik dengan pengguna maka suatu system harus menggunakan bahasa/icon yang umum digunakan serta memenuhi beberapa kriteria seperti berikut : User friendly (ramah dengan pengguna): a. Memiliki tampilan yang bagus b. Mudah dioperasikan c. Mudah dipelajari d. Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut
2. WYSIWYG (what you see is what you get) 3 2. WYSIWYG (what you see is what you get) 3. Mengurangi frustasi, ketidaknyamanan, dan kebingungan pada pengguna 4. Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja
Perangkat interface 1. Hardware , perangkat yang digunakan berupa Perangkat Input dan Output ( I/O ) yang berfungsi sebagai : a. Port Serial b. Port Parallel c. Port USB d. Port SCSI e. Port Infra Merah
Perangkat interface 2. Software, perangkat software yang digunakan ada dua jenis yaitu : a. Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah. Pada umunya disebut dengann Command Line Interface(CLI). b. Graphical Interface : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna. Biasanya disebut dengan Graphical User Interface(GUI)
Graphical User Interface(GUI) GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Ada 5 (lima) tipe utama interaksi untuk interaction yang menggunakan Graphical Interface: Direct manipulation, pengoperasian secara Menu selection, pilihan berbentuk menu Form fill-in, pengisian form Command language, perintah tertulis Natural language, perintah dengan bahasa alami
Aplikasi interface System kelistrikan (SCADA) Perkantoran Kendali proses Penerbangan (Navigasi pesawat) Desain pekerjaan Komunikasi dan telematika
Sejarah interface Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface(MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Istilah lain dari user interface seperti man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)
NEXT MEETING