STRUKTUR DATA PERTEMUAN 8 vandawaa@yahoo.com.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pointer Struktur Data.
Advertisements

STRUKTUR DATA Struktur Data - Gerlan A. Manu, ST.,MKom 1.
PERTEMUAN IV POINTER Pointer adalah suatu variabel penunjuk yang menunjuk pada suatu alamat memori komputer Pointer merupakan.
FUNGSI Deklarasi dan Definisi fungsi Void dan Non-void Fungsi main.
Pertemuan 2 ARRAY. Salah satu Struktur Data yang teramat penting adalah Array atau Larik. Array dapat didefinisikan sebagai suatu himpunan hingga elemen,
Rahmat Deddy Rianto Dako, ST, M.Eng
STRUKTUR DATA.
QUEUE II. IMPLEMENTASI QUEUE
Pertemuan 3 RECORD.
STRUKTUR DATA PERTEMUAN 6
RECORD.
Situasi Saat Program Berjalan (Run-time Environment)
Quiz struktur data Genap 2013.
Pemrograman Terstruktur
Algoritma & Struktur Data Pointer Evangs Mailoa.
Antrian (Queue) Membentuk Antrian 5 4 Depan Belakang.
POINTER (VAR.PENUNJUK)
LARIK ( ARRAY ).
Pointer Pointer.
Tenia Wahyuningrum, SKom, MT. Deskripsi singkat Larik (array) adalah deretan rinci data yang mempunyai tipe sejenis. Setiap rinci data disebut dengan.
POINTER.
Teknik Pemrog. Terstruktur 2
POINTER Struktur Data M. Haviz Irfani, S.Si. Pendahuluan Pemakaian larik tdk selalu tepat utk program2x terapan yg kebutuhan pengingatnya selalu bertambah.
Tenia Wahyuningrum pointers Tenia Wahyuningrum
LOGO UNIVERSITAS INDO GLOBAL MANDIRI JL. Jend. Sudirman No. 629 Km.4 Palembang Telp. (0711) – Fax (0711) BAB II STRUKTUR.
Pemrograman Visual [ Array ]
RECORD.
Pertemuan 3 Variabel & Konstanta.
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
STRUKTUR DATA Nanik Susanti, S.Kom.
Pemrograman Terstruktur
JENIS-JENIS DATA Pertemuan 2.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Tipe Data By Serdiwansyah N. A..
Pointer Jamaludin malik.
STRUKTUR DATA QUIZ.
Array/larik Sri Supatmi Oleh:.
Struktur Data Tipe data & Struktur Data
ARRAY Merupakan suatu variabel yang menyimpan sekumpulan nilai dengan type data yang sama. Setiap elemen nilai yang tersimpan dapat diakses melalui indeks.
Algoritma & Pemrograman 1
Struktur Data (Data Structure) – IS 2313
BAB IV – ARRAY DINAMIS DAN LINKED LIST (1)
Defri Kurniawan, M.Kom STRUKTUR DATA Defri Kurniawan, M.Kom
Pointer & Linked List.
Erna Kumalasari Nurnawati
created by PUTRA PUTRI DASPRO
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
As’ad Djamalilleil Array (Larik) As’ad Djamalilleil
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Tenia Wahyuningrum pointers Tenia Wahyuningrum
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma dan Struktur Data
Defri Kurniawan, M.Kom Pertemuan I Defri Kurniawan, M.Kom
Array Dimensi 2 & Array Dimensi 3
STRUKTUR DATA PERTEMUAN 3
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma dan Struktur Data
STRUKTUR DATA PERTEMUAN 7
Array (Larik)‏ Struktur Data 1 1.
Algoritma dan struktur data
KONSEP DASAR STRUKTUR DATA
STRUKTUR DATA PERTEMUAN 4
STRUKTUR DATA.
RECORD Denny Agustiawan,M.pd
Rahmady Liyantanto liyantanto.wordpress.com
CREATED BY PUTRA PUTRI DASPRO
Pointer.
SINGLE LINKED LIST (SLL)
Pengenalan Struktur Data
TUJUAN Tujuan Mempelajari Mahasiswa Struktur Data Mampu memahami sistem pengorganisasian data pada memori komputer dan file pada media penyimpanan data,
Transcript presentasi:

STRUKTUR DATA PERTEMUAN 8 vandawaa@yahoo.com

type A = array [1..6] of integer; POINTER QUEUE / ANTRIAN Pemakaian Array / Larik tidak selalu tepat untuk program- program yang kebutuhan pengingatnya selalu bertambah selama eksekusi program itu. Untuk itu, diperlukan suatu tipe data yang dapat mengalokasikan dan mendealokasikan pengingat secara dinamis sesuai kebutuhan. type A = array [1..6] of integer; ARRAY (LARIK)

POINTER QUEUE / ANTRIAN Nama variabel yang kita gunakan untuk mewakili suatu nilai data, sebenarnya terletak pada suatu lokasi tertentu dalam memory komputer. Saat program dikompilasi (bedakan antara kompilasi dan eksekusi), lokasi-lokasi data dalam memory sudah ditentukan dan tidak bisa diubah selama program dieksekusi. Konsekuensinya adalah banyaknya data yang bisa diolah terbatas. Contohnya adalah pada penggunaan Array. Peubah/ variabel seperti inilah yang disebut perubah statis (Static variable).

ARRAY (LARIK) POINTER QUEUE / ANTRIAN Untuk mengatasi keterbatasan itu, digunakanlah variabel dinamis yang disebut Pointer. Pointer adalah variabel dinamis yang hanya dialokasikan saat diperlukan saja, dan dapat didealokasikan saat variabel tidak diperlukan lagi. Variabel pointer ini hanya mencatat alamat lokasi dari sebuah variabel pada memori (alamatnya acak). Pada saat dikompilasi, alamat dari variabel belum ditentukan. Kompiler hanya mencatat bahwa variabel ini akan diperlakukan sebagai variabel dinamis. ARRAY (LARIK)

ARRAY (LARIK) POINTER QUEUE / ANTRIAN Pada variabel Statis, isi variabel pada lokasi tertentu adalah data/nilai sesungguhnya yang akan kita olah. Namun, pada variabel Dinamis, nilai dari variabel Pointer adalah alamat lokasi dari tempat data/nilai sesungguhnya yang disimpan. Sehingga dengan kata lain, isi variabel Pointer ini akan menunjuk ke suatu alamat lokasi dimana data sesungguhnya berada. Dalam Pointer, nilai data sesungguhnya disebut Simpul/Node ARRAY (LARIK)

ARRAY (LARIK) DEKLARASI POINTER Tipe data Pointer biasanya dideklarasikan pada bagian type : Contoh : Artinya, variabel X dan K adalah variabel bertipe Pointer yang hanya bisa diisi oleh nilai integer. type variabel = ^simpul simpul = tipe_data ARRAY (LARIK) type Bulat = ^integer; var X, K : Bulat;

DEKLARASI POINTER DEKLARASI POINTER T1 ? T2 ? Artinya, T1 dan T2 bertipe pointer yang dapat diisi oleh sebuah record. Perintah new(T1) dan new(T2) adalah untuk membuat/ mengalokasikan simpul dalam pegingat. type Point = ^Data; Data = record Nama : string[30]; Alamat : string[50]; Next : Point; end; var T1, T2 : Point; begin new(T1); new(T2); alamat nama next ? T1 ? T2

Pengisian nilai QUEUE / ANTRIAN POINTER ? T1^.Nama := ‘Brow’; type Point = ^Data; Data = record Nama : string[30]; Alamat : string[50]; Next : Point; end; var T1, T2 : Point; begin new(T1); new(T2); T1^.Nama := ‘Brow’; T1^.Alamat := ‘Jember’; Brow Jember T1 ? T2 ? T1 ? T2

POINTER QUEUE / ANTRIAN ? Kopi alamat T2 := T1; T1 T2 Kopi isi nilai type Point = ^Data; Data = record Nama : string[30]; Alamat : string[50]; Next : Point; end; var T1, T2 : Point; begin new(T1); new(T2); T2 := T1; Brow Jember T1 ? T2 Kopi isi nilai T2^ := T1^; Brow Jember T1 ? T1 Brow Jember T2 ? T2

POINTER QUEUE / ANTRIAN DANGER / BAHAYA Pemberian statement hanya dapat dilakukan untuk perubah perubah yang bertipe sama. Dengan demikian, statemen pemberian berikut adalah SALAH : T1^ := T2; T1 := T2^; T1 := (^_^) ;

POINTER QUEUE / ANTRIAN CONTOH SOAL 1

POINTER QUEUE / ANTRIAN CONTOH SOAL 1

POINTER CONTOH SOAL 2

POINTER QUEUE / ANTRIAN CONTOH SOAL 2

dispose(var_pointer) QUEUE / ANTRIAN POINTER Penghapusan Pointer Pointer yang telah kita alokasikan (buat) dapat kemudian kita dealokasikan (hapus) kembali saat program dieksekusi. Setelah suatu pointer dihapus, maka lokasi itu akan bebas dan dapat digunakan oleh peubah/variabel pointer lain. Penghapusan atau pendeaokasian pointer ini dilakukan melalui perintah : dispose(var_pointer)