Merancang Layout Display Karya Inovasi Pembelajaran
Penjelasan Umum
INSTRUMEN 3 PENILAIAN KARYA INOVASI PEMBELAJARAN BAGI GURU TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016
Pengertian Display Display (dalam Bahasa Inggris): pertunjukan, pameran, tontonan, barang yang dipamerkan Display Inovasi Pembelajaran: karya Inovasi pembelajaran yang dipamerkan.
Inovasi (KBBI) pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaharuan: 1 2 penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat)
Inovasi dan hasilnya dipamerkan Masalah Pembelajaran Inovasi Pembelajaran Inovasi dan hasilnya dipamerkan
Tujuan Display Inovasi Pembelajaran Tujuan display inovasi pembelajaran dalam konteks Lomba Inovasi Pembelajaran: Mengkomunikasikan karya inovasi pembelajaran hingga dapat diapresiasi baik oleh masyarakat atau khususnya kelompok tertentu (Tim Juri).
Fungsi Display Inovasi Pembelajaran Memberikan apresiasi (menilai dan menghargai karya inovasi pembelajaran), melalui kegiatan pameran. Suatu penghargaan akan timbul setelah pengamat (apresiator) melihat, menghayati, memahami karya yang disaksikannya.
HOW TO CREATE YOUR DISPLAY Mengisi bagian depan Memperhatikan warna Desain menarik Prioritas ruang dan posisi/tempat Kemasan
The Best Display Mudah dilihat dan dijangkau Keamanan Informatif dan Komunikatif Rapi dan bersih
Kelengkapan Display Karya Inovasi Pembelajaran yang disediakan Lomba Inovasi Pembelajaran Area: 200 X 150 cm Meja dan Kursi Sumber Daya/Power Listrik Pencahayaan
Kelengkapan Display Pribadi Laptop/Gadget Spanduk Banner/Poster Flyer Brosur LCD Projector Laporan
Persiapan dalam mengkomunikasikan Karya Inovasi Pembelajaran Latar belakang munculnya ide Originalitas karya, kaitan dengan produk sebelumnya (jika ada). Manfaat karya inovasi Kemampuan/skill komunikasi Sistematika
Rambu-rambu saat penjelasan Display Berdiri/duduk disesuaikan dengan kebutuhan. Gunakan bahasa yang jelas, dan lantang Lakukan seperti pertama kali Semangat! Beri tafsiran/focus pada bagian visual
Apakah produk ini karya asli Anda, bukan tiruan dari hasil karya orang? Apa yang melatar-belakangi munculnya gagasan Anda ini? Bagian yang mana yang merupakan kebaharuannya?
Apa manfaat yang bisa diperoleh dari inovasi ini? Bagaimana dampak terhadap pembelajaran?
Aspek yang dinilai saat Display Orisinalitas karya Relevansi dan kesesuaian dengan masalah pembelajaran, dan kebutuhan Tingkat ilmiah Konsistensi Tata letak (layout)
Tahapan Tata Letak(Display) Karya Inovasi Pembelajaran
PERSIAPAN Tahap persiapan yang baik dan kerjasama berbagai pihak terkait seperti panitia dan pihak pengelola lokasi pameran. Bila semua pihak menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, maka pameran akan berjalan dengan lancar dan sukses.
Menata Pameran Karya Inovasi mudah dilihat atau diamati pengunjung Karya dua dimensi sejajar mata (horizon) rata-rata pengunjung Jangan terlalu tinggi sehingga pengunjung harus menengadah Jangan terlalu rendah sehingga pengunjung harus menunduk
Menata Pameran Karya Inovasi Hasil karya tiga dimensi yang menuntut sudut pandang dari segala arah Hindari penataletakan yang mengharuskan pengunjung harus berjongkok dalam mengamatinya Hindari pemajangan yang tidak tepat seperti di pojok sehingga beberapa sisi tidak teramati dengan baik
Menata Pameran Karya Inovasi Peserta sedapat mungkin memahami lokasi pameran dari awal Pemahaman lokasi lebih awal berdampak pada pengaturan tata letak yang baik bagi karya yang akan dipamerkan
Menata Pameran Karya Inovasi Pemanfaatan barang-barang sederhana dapat menunjang tata letak yang baik bagi suatu karya yang dipamerkan. Barang-barang khas daerah namun mudah ditemukan serta murah, dapat mendukung tata letak hasil karya
DEKORASI DISPLAY KARYA INOVASI PEMBELAJARAN Ada kalanya dekorasi dapat memperkuat profil hasil karya yang dipamerkan. Hindari pemakaian dekorasi yang tidak tepat dan berlebihan sehingga menyebabkan pengunjung salah fokus
Contoh Kasus saat Display Peserta kurang memaksimalkan penataan tata letak ruang pamer Terkesan seadanya Walaupun hal yang dipamerkan cukup jelas dijelaskan secara sederhana
Contoh Kasus saat Display Tata letak hasil karya terlalu rendah sehingga pengunjung sulit mengamati dengan detail.
Contoh Kasus saat Display Bahan-bahan yang dipamerkan sangat bagus Terkesan pabrikan Sulit diduplikasi oleh sebagian besar guru di pelosok Indonesia
Contoh Kasus saat Display Berhati-hati terhadap sponsor yang memberikan dana kepada inovator, seputar komitmen, hak cipta, originalitas dan lain-lain.
Contoh Kasus saat Display Alat peraga mengandung unsur barang berbahaya. Dampak terhadap siswa kurang baik.
Contoh Kasus saat Display Identitas inovator terlihat dengan baik dan jelas. Identitas adalah penting bagi pengunjung untuk berkomunikasi lebih lanjut tentang karya inovasi.
Contoh Kasus saat Display Penggunaan alat peraga tiga dimensi Inovator berusaha menjelaskan kepada pengunjung tentang cara kerja dan metodologi.
Contoh Kasus saat Display Menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat Mudah diduplikasi
Contoh Kasus saat Display Memaksimalkan ruang yang disediakan Selain memamerkan hasil karya inovasi, dipamerkan juga metode dan hasil evaluasi Terdapat buku tamu yang berisi tamu yang juga berisi kesan dan saran-saran terhadap karya inovasi
SELAMAT MENCOBA
DRS. HIKMAT, m.Si hikmat@upi.edu universitas pendidikan indonesia Narasumber DRS. HIKMAT, m.Si hikmat@upi.edu universitas pendidikan indonesia
Tugas tindak Lanjut: Buatlah Rancangan display karya inovasi anda. Bisa digambar melalui komputer, atau dengan manual.
Identifikasi : Bahan dan peralatan apa yang akan diperlukan Material display apa saja yang akan ditampilkan (Banner/ Poster, Foto, gambar, Diagram, tabel, Monitor/komputer, lampu, mebeler, sumber listrik dlsb) Konten materi apa yang penting ditunjukkan (Judul, identitas, latar belakang, temuan, unsur kebaharuan dll)
Rancangan tata letak Lukiskan rencana penempatan elemen-elemen display. Kumpulkan di Panitia selambat-lambatnya Hari Kamis 11 Oktober 2016 Jam 17:00