Metode Rekayasa Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengembangan Sistem Informasi
Advertisements

Metoda perancangan dan konstruksi sistem
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak 1
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Kelompok 1 Mochammad. Nasir Mochammad. Nasir Isommuddin Isommuddin T. Yusak D
Tugas Sistem Informasi Manajemen
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
MODEL PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
Siklus Hidup Pengembangan Sistem
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
PENGEMBANGAN APLIKASI
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISA DESAIN BERORIENTASI OBYEK
System Development Part 1
Anna dara andriana., M.kom
System Development Life Cycle (SDLC)
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Pemeliharaan Perangkat Lunak
METode rekayasa perangkat lunak
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Siklus Hidup Perangkat Lunak
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM.
FASE DESAIN.
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
RPL.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi IV
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
PENGEMBANGAN SISTEM.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SDLC (System Development Life Cycle)
Anna dara andriana., M.kom
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
3 Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System)
Siklus Hidup Pengembangan Sistem (System Development Life Cycle)
BAB III ANALISIS DAN PERENCANAAN SISTEM
Pengembangan Perangkat Lunak
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Siklus Hidup System.
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi IV
Pengembangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN SISTEM.
Pengembangan Sistem Informasi
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Impelementasi Sistem 11/22/2018.
ANALISA DESAIN BERORIENTASI OBYEK
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Transcript presentasi:

Metode Rekayasa Perangkat Lunak

System Development Life Cycle (SDLC)

The waterfall model

Prototype Prototyping adalah salah satu pendekatan dalam rekayasa perangkat lunak yang secara langsung mendemonstrasikan bagaimana sebuah perangkat lunak atau komponen-komponen perangkat lunak akan bekerja dalam lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual dilakukan (Howard, 1997).

Prototyping model

Tahapan Rekayasa Perangkat Lunak

TAHAPAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK Pola umum tahapan rekayasa perangkat lunak analysis design implementation (coding) testing maintenance

Analisis Analisis sistem adalah sebuah teknik pemecahan masalah yang menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponennya dengan tujuan mempelajari seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk meraih tujuan mereka. Analisis mungkin adalah bagian terpenting dari proses rekayasa perangkat lunak. Karena semua proses lanjutan akan sangat bergantung pada baik tidaknya hasil analisis.

Bagian-bagian Analisis Analisis Masalah Analisis Kelemahan Analisis Kebutuhan Pengembangan Sistem Analisis Kelayakan

Desain / Perancangan Desain perangkat lunak adalah tugas, tahapan atau aktivitas yang difokuskan pada spesifikasi detil dari solusi berbasis computer (Whitten et al, 2004). Desain perangkat lunak sering juga disebut sebagai physical design. Jika tahapan analisis sistem menekankan pada masalah bisnis (business rule), maka sebaiknya desain perangkat lunak fokus pada sisi teknis dan implementasi sebuah perangkat lunak (Whitten et al, 2004).

Output utama dari tahapan desain perangkat lunak adalah spesifikasi desain. Spesifikasi ini meliputi spesifikasi disain umum yang akan disampaikan kepada stakeholder sistem dan spesifikasi disain rinci yang akan digunakan pada tahap implementasi. Spesifikasi desain umum hanya berisi gambaran umum agar stakeholder sistem mengerti akan seperti apa perangkat lunak yang akan dibangun.

Desain arsitektur rinci perangkat lunak diperlukan untuk merancang sistem sehingga memiliki konstruksi yang baik, proses pengolahan data yang tepat dan akurat, bernilai, memiliki aspek user friendly dan memiliki dasar-dasar untuk pengembangan selanjutnya. Desain arsitektur ini terdiri dari desain database, desain proses, desain user interface yang mencakup desain input, output form dan report, desain hardware, software dan jaringan.

Implementasi (coding) adalah tahapan menerjemahkan hasil disain logis dan fisik ke dalam kode-kode program computer

Pengujian Pengujian sistem melibatkan semua kelompok pengguna yang telah direncanakan pada tahap sebelumnya. Pengujian tingkat penerimaan terhadap perangkat lunak akan berakhir ketika dirasa semua kelompok pengguna menyatakan bisa menerima perangkat lunak tersebut berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.

Perawatan dan Konfigurasi Ketika sebuah perangkat lunak telah dianggap tidak layak untuk dijalankan, maka tahapan baru menjadi muncul yaitu perawatan perangkat lunak.