PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
Advertisements

Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Pendahuluan IMK-M1.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
KERANGKA DASAR SPK.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Human Computer Interaction
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
KERANGKA DASAR SPK.
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Tugas Latihan UTS dan UAS
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pendahuluan.
Pertemuan Kedua Pendahuluan
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Tujuan instruksional umum:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPTER MOHAMAD HILMAN 2016.
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

PENDAHULUAN BY Ade Irma PS

Mengapa Interaksi Manusia dan Komputer ? Contoh : - Tombol pilihan Save dan Delete pada menu disuatu aplikasi yang ada di komputer. - Karena jika kita salah menerapkan pilihan ini, maka ia bisa menyebabkan kita kehilangan beberapa jam kerja = bencana - Walaupun sebisa mungkin komputer dibuat user friendly, familiar pada user dan easy to use, gampang digunakan, namun kesalahan-kesalahan masi saja terjadi.

Mengapa Interaksi Manusia dan Komputer ? Perlu mempertimbangkan bagaimana Interaksi Manusia dan koomputer (IMK) diterapkan dalam proses desain. Pendesainan sistem yang dapat digunakan dan berguna tidaklah sesederhana perilaku berderma kepada pengguna atau sekedar merupakan bagian dari usaha pemasaran, ia juga dapat meningkatkan perilaku hukum.

Apakah Interaksi Manusia dan Komputer itu ? Dimulai abad ini dari pabrik-pabrik dengan penekanan pada tugas-tugas manual. Perang dunia ke dua IMK menghasilkan lebih banyak sistem senjata yang lebih efektif. Secara tradisional, ergonomi berhubungan dengan karakteristik fisik dari sistem dan mesin dan bagaimana hal-hal ini mempengaruhi kenerja pengguna.

Siapa yang telibat dalam IMK IMK adalah subjek yang multi disiplin Pendesainan suatu sistem yang interaktif melibatkan - ilmu komputer membahas tentang perancangan aplikasirekayasa antar muka untuk digunakan oleh manusia dengan mudah, - Ilmu Psikologi : Pengetahuan mengenai persepsi pengguna dan ketrampilan penyelesaian masalah. - Ergonomi : kemampuan fisik pengguna untuk mendapatkan lingkungan kerja yag nyaman. - Sosiologi : Konteks dan interaksi manusia dann komputerdalam struktur sosial. - Ilmu dan rekayasa / teknik komputer : mampu untuk membangun teknologi yang diperlukan - Bisnis : mampu untuk memasarkannya - Desain Grafik : presentasi antarmuka yang efektif antara manusia dan komputer - Penulisan Ilmiah : mengahasilkan buku manual

TEORI DAN IMK Tak ada teori umum dan terpadu mengenainya Evolusi dari tugas pada waktunya akan mempengaruhi desain sistem ideal, evolusi menyediakan daya motivasi di belakang daur pengembangan sistem, dibandingkan dengan penolakan keseluruhan ide dari desain pendukung. Untuk mendapatkan keberhasilan : Useful (berguna), dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan. Usable (dapat digunakan) dapat dikerjakan dengan mudah dan alamiah tanpa adanya bahaya dan lain-lain Used (digunakan) membuat orang menggunakannya, menarik, perlu untuk digunakan, menyenangkan dan lain-lain

IMK DALAM KURIKULUM Desainer tak akan dapat mengelak dan mengacuhkan antarmuka dalam hal fungsional dari sistem yang di desain. - Jika antarmukanya jelek, fungsionalnya menjadi tak jelas, jika didesain dengan baik, ia akan menjadikan fungsionalitas sistem mendukung pekerjaan pengguna. IMK seharusnya diintegrasikan pada setiap kuliah ilmu komputer atau rekayasa perangkat lunak Haruslah menjadi pertimbangan kita jika kebutuhan akan kompleksitas penambahan dalam sistem harus disesuaikan dengan penembahan kejelasan dan kegunaan dalam antarmuka yang digunakan.

FOKUS DESAIN Tak ada yang namanya proses sekali jadi - Berpikirlah seperti pengguna Cobahlah itu lebih dulu Libatkanlah pengguna

STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM Bagian Antarmuka : yang berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dengan komputer yang menjalankan program tersebut. Bagian Aplikasi : berfunsi untuk menghasilakan informasi berdasarkan olahan data yang menggunakan suatu algoritma tertentu

PENGEMBANGAN ANTARMUKA Hal-hal yang perlu diperhatikan : Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialo : ragam dialog, struktur, isi, grafis, waktu dan kecepatan tampilan. Penggunaan Purwarupa yang didsarkan pada spesifikasi dialog formal bersama-sama dengan calon pengguna, perancang sistem serta peranti bantu untuk proses percepatan pembuatan purwarupa Tekik evaluasi untuk mengevaluasi hasil proses purwarupa yang telah dilakukan.