Pertemuan Kedua Pendahuluan Jaringan Internet
Mengapa Interaksi Manusia dan Komputer? Contoh: tombol pilihan untuk Save (menyimpan) and Delete (menghapus) pada menu di suatu aplikasi yang ada di komputer kita. Karena kalau kita salah menerapkan pilihan ini, maka ia bisa menyebabkan kita kehilangan beberapa jam kerja bencana. Walaupun sebisa mungkin komputer dibuat ‘user friendly’ – familiar pada user (pengguna) - dan ‘easy to use’ – gampang digunakan namun kesalahan-kesalahan masih saja terjadi. Jaringan Internet
cont Dari sini didapat peralatan-peralatan/sistem harus didesain dengan memperhatikan dan menghargai pekerjaan yang dilakukan orang sehari-hari. Tidak semua desain itu berdasarkan intuisi dan sulit juga membuat desain sistem yang konsisten dan handal dalam bekerjanya untuk menangani semua perilaku pengguna yang seringkali ceroboh. Antarmuka tak dapat diterapkan pada saat-saat akhir ini harus dikembangkan secara integral dengan keseluruhan sistem. Tak sekedar menampilkan “wajah yang cantik” dalam tampilannya namun harus mendukung tugas-tugas yang benar-benar diinginkan orang untuk dikerjakan, dan memaafkan kesalahan akibat kecerobohan. Perlu untuk mempertimbangkan bagaimana Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Jaringan Internet
Apakah Interaksi Manusia dan Komputer Itu? Dimulai pada abad ini dari pabrik-pabrik dengan penekanan pada tugas-tugas manual Perang dunia kedua IMK menghasilkan lebih banyak sistem senjata yang lebih efektif Asosiasi Riset Ergonomi di Amerika pada tahun 1949 Secara tradisional, ergonomi berhubungan dengan karakteristik fisik dari sistem dan mesin dan bagaimana hal-hal ini mempengaruhi kinerja pengguna Faktor-faktor manusia Termasuk dalam masalah-masalah yang dibahas dan juga akan banyak lagi masalah cognitive Ia memperhatikan kinerja pengguna dalam konteks sembarang sistem, apakah komputer, mekanik atau pun manual. Interaksi diantara manusia dan komputer dengan aspek-aspek fisik, psikologi dan teoritis dari proses ini. Jaringan Internet
Siapakah yang Terlibat dalam Interaksi Manusia dan Komputer Itu? IMK adalah subjek yang multi-disiplin Pendesainan suatu sistem yang interaktif melibatkan: Ilmu Psikologi dan cognitive Pengetahuan mengenai persepsi pengguna, cognitive dan ketrampilan penyelesaian masalah Ergonomi Kemampuan fisik pengguna Sosiologi Konteks dari interaksi Ilmu dan rekayasa/teknik komputer Mampu untuk membangun teknologi yang diperlukan Jaringan Internet
cont Bisnis Desain Grafik Penulisan ilmiah Mampu untuk memasarkannya Presentasi antarmuka yang efektif Penulisan ilmiah Menghasilkan (buku) manual Jaringan Internet
IMK dalam Kurikulum Desainer tak akan dapat mengelak dan mengacuhkan antarmuka dalam hal fungsionalitas dari sistem yang didesain IMK seharusnya diintegrasikan pada setiap kuliah ilmu komputer atau rekayasa perangkat lunak Haruslah menjadi pertimbangan kita jika kebutuhan akan kompleksitas penambahan dalam sistem harus disesuaikan dengan penambahan kejelasan dan kegunaan dalam antarmuka yang digunakan Jaringan Internet
Tak ada yang namanya proses sekali jadi! Fokus Desain Tak ada yang namanya proses sekali jadi! Berpikirlah seperti “pengguna” Cobalah itu lebih dulu Libatkanlah pengguna Iterasilah proses-proses ini Jaringan Internet
SEKIAN Jaringan Internet