Interfase design Pertemuan 4.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perancangan Tampilan.
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
Sistem Penjendelaan.
DESIGN INTERFACE.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
DESAIN IMK-M5.
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
Dialog Teks dan Pengisian Borang
komponen antarmuka pengguna
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan antarmuka (design interface)
PRINSIP USABILITY.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Perancangan Antar Muka
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
FORMAT PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
Ragam dialog Pertemuan 3.
Pendahuluan.
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
Proses Design Interface (Perancangan Tampilan)
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Panduan Merancang Interface
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Interfase design Pertemuan 4.
Perancangan Tampilan.
DIALOG.
Perancangan Tampilan.
Mobile Device User Interface
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Perancangan Tampilan.
Ragam dialog Pertemuan 3.
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Perancangan Tampilan.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
RAGAM DIALOG.
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Perancangan Tampilan.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Perancangan Tampilan.
Pendahuluan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
PRINSIP USABILITY.
Model Konsep dan Gaya Interaksi
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Perancangan Tampilan.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Perancangan Tampilan.
Transcript presentasi:

Interfase design Pertemuan 4

Salah satu yang terpenting dalam antarmuka adalah tampilan yang menarik. Yang harus dimiliki oleh perancang tampilan adalah jiwa seni dan selera umum secara memadai. Seorang perancang harus mendokumentasikan pekerjaannya supaya menjadi bahan evaluasi untuk membuat tampilan baru ataupun memperbaiki tampilan sebelumnya. Program yang dibuat bukan untuk anda tapi untuk orang lain.

Cara pendekatan Dilihat dari pendekatan melalui program aplikasi dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu : Special purpose software ditujukan untuk keperluan khusus misalkan dibuatkan salah satu program inventori gudang dan pengelolaan data mahasiswa. User design centered approach. User design approach.

General purpose software digunakan untuk oleh berbagai kalangan. Perancang dapat melakukan pemaksaan walaupun dampak nya tidak laku. Disiasati dengan user dapat melakukan perubahan secara warna, walpaper, screensaver.

Komponen antarmuka pengguna Model pengguna Pemahaman dasar tentang apa yang dikerjakan program misalnya, salah satu contohnya adalah model konsep yaitu konsep berkenaan dengan keupayaan sistem, dan bagaimana sistem dapat berinteraksi dengan sistem. Salah satu contoh yaitu video perekam

Mesin perakam video (VCR) Tekan tombol ‘REC’ untuk merrkam rancangan Tekan tombol ‘STOP’ untuk menghentikan sembarang aktivitas Tekan tombol ‘PLAY’ untuk menjalankan rekaman diperlukan pemberian arahan tertentu (dengan menekan tombol yang sesuai) untuk meminta mesin melakukan aktivitas yang diinginkan

lanjutan Bahasa perintah sedapat mungkin menggunakan bahasa alami. Umpan balik adalah kemampuan sebuah program untuk membantu user untuk mengoperasikan program itu sendiri. Tampilan informasi untuk menunjukkan informasi ketika user berinteraksi dengan program tersebut.

Urutan perancangan Pemilihan ragam dialog. Perancangan struktur dialog. Perancangan format pesan. Perancangan penanganan kesalahan. validasi pemasukan,proteksi pengguna,pemulihan dari kesalaha, penampilan pesan yang tepat. Perancangan struktur data

Perancangan tampilan Berbasis tekstual Urutan penyajian Kelonggaran (spaciusness) Pengelompokkan. Relevansi. Konsistensi. Kesederhanaan.

lanjutan Berbasis tampilan. Ilusi pada objek dapat dimanipulasi misal gambar disket atau gambar shorcut. Urutan visual dan fokus pengguna. Struktur internal, objek dapat dimodifikasi oleh user. Kosakata grafis yang konsisten. Kesesuaian dengan media/informasi yang akan disampaikan.

tampilan navigasi keterangan

Tampilan berisi sketsa tampilan yang akan muncul Navigator berisi tempat yang menjelaskan kejadian misalkan tampilan itu muncul dan kapan akan beralih ketampilan lain. Keterangan berisi tentang atribut yang digunakan contoh teks judul yang digunakan adalah times new roman ato ukuran huruf