Putri Rosary Rezy Junio Stefanus hans Tasya Berlianna Venny Veronica

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MAKNA BERMAIN DENGAN PENGGUNAAN BAHAN ALAM SEBAGAI ALAT PERMAINAN ANAK DR. Anggani Sudono MA.
Advertisements

SENI BATIK KELAS : XII IPS/Bahasa SEMESTER : 2 Program : IPS/Bahasa
Pasar dalam Kegiatan Ekonomi
BAB II. corak busana pengantin yogyakarta
KD : 1. Mendeskripsikan sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia.
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
Teknik Sulaman Fantasi dan Sulaman Brazilian oleh: Dra
Paskibraka Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, yang bertugas untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan.
 Jogja, Surga Para Traveller di Jawa 
History of Indonesian Art & Culture
Filosofi Alam Etika kepemimpinan dalam masyarakat Jawa dikenal dengan istilah “Hasta Brata” (hasta=delapan, brata=sikap/tindakan/darma). Istilah ini diambil.
Rafi dan Luthfi. Daerah Istimewa Jogjakarta merupakan propinsi kecil kedua, setelah propinsi DKI Jakarta dan terletak di tengah Pulau Jawa, dikelilingi.
MOTIF UKIRAN TORAJA MIA MEILIA MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA ii JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS.
BY RANSI SR ( senior) Kraton yogyakarta.
Suku Sasak Suku Sasak adalah suku bangsa yang mendiami Pulau Lombok dan menggunakan bahasa Sasak. Suku ini berasal dari Jawa dan Bali. Sebagian besar masyarakatnya.
Kriya Tekstil Indonesia
Keraton Yogyakarta (Ngayogyakarta)
Design by : Aisya Faiq Naris ~Madhe~
MENGHIAS KAIN.
Profil Potensi Daerah Istimewa Yogyakarta (produk dan kerajinan)
 Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah provinsi yang berdasarkan wilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan.
Pesona Wisata Kota Yogyakarta
Profil potensi daerah istimewa yogyakarta ( produk dan kerajinan )
Profil potensi diy1 By:Safiya aJani Hando Class:4 D.
PERKEMBANGAN TARI KLASIK GAYA YOGYAKARTA
By:dimas rizky khautal hilmy
Sejarah Batik Indonesia yang Mendunia
BATIK.
TUGAS PRAKARYA KAIN TRADISIONAL INDONESIA FITA PRATIWI ANIFA
ALL ABOUT “YOGYA’’ BY : RAFLI, WILDAN.
POTENSI WISATA PROPINSI D.I.YOGYAKARTA
Kelompok: II Anggota: 1. Adzani Bangkit Kumbara2 / X4 2. Amalia Mega Anjani6 / X4 3. Dina Ayu Fadzila10 / X4 4. Febri Ana Rizqiani14 / X4 5. Ika Maharani.
MENGENAL SUKU BADUY DARI BANTEN
BAHAN BAKU / BAHAN UTAMA Oleh : Diah Nurani Pratiwik, S.Pd.
KEPEMIMPINAN DALAM POLITIK DAN PEMERINTAHAN (KEPEMIMPINAN BIROKRASI)
Kisah Telaga Warna Kalau kita pergi ke daerah Puncak, Jawa Barat, di sana terdapat sebuah telaga jika dilihat pada hari yang cerah akan terkesan airnya.
Pertemuan 1 PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NASIONAL DAN BAHASA NEGARA.
TAMPIL ELEGAN DENGAN KOKO GAUL PALING TRENDY
Produk Kerajinan Tekstil
Tata Cara Penggunaan Lambang Negara Garuda Pancasila
WEDDING MC ( Pembawa Acara Resepsi Pernikahan).
Cindelaras dan Ayam Sakti
Blangkon Blangkon adalah tutup kepala yang digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa. Blangkon sebenarnya bentuk praktis dari.
Ragam Bahasa: Variasi bahasa yang timbul karena perbedaan pemakaian
MANAJEMEN PROYEK PELATIHAN PEMBUATAN KERAJINAN KAIN ENDEK DI DESA KALIANGET KEC. SERIRIT, KAB. BULELENG UNTUK PENGANGGURAN GUNA MENYONGSONG MEA 2016.
Penyajian Data.
NILAI RELIGIUS TARI BEDHAYA KETAWANG KRATON SURAKARTA HADININGRAT
Dakon Permainan dakon adalah salah satu permainan tradisional masyarakat Jawa. Di luar Jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congklak. Di Lampung.
Tari Golek Manak Warisan Seni dan Budaya Yogyakarta
Pendidikan Ketrampilan
Bersabar Tanpa Terbebani
KEMENANGAN ATAS KUASA-KUASA JAHAT
RAGAM HIAS PADA BAHAN TEKSTIL
INDUSTRI BATIK di INDONESIA
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag
Dyah Ayu Annisa Mulia (XI IPA 5/11)
Nama : Ratna Dhammena Santika NPM : Kelas : 4EA10
Yang benar vs yang salah
SISTEM KEKERABATAN Dasar kekerabatan masyarakat Asmat adalah keluarga inti monogami, atau kadang-kadang poligini, yang tinggal bersama- sama dalam rumah.
KAIN TAPIS LAMPUNG OLEH : KELOMPOK 16 KORTEN : Ahmad Salsabila.
Ragam Bahasa: Variasi bahasa yang timbul karena perbedaan pemakaian
BUAH KEBENARAN KELUARGA FILIPUS
BAB VII YESUS SEBAGAI SAHABAT, TOKOH IDOLA, DAN JURUSELAMAT
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
MENGENAL BATIK A.JENIS MOTIF BATIK Batik Bojonegoro SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS VI SEMESTER I.
Makna Dan Arti Pada Motif Kerajinan Tekstil
“AKU MENJADIKAN SEGALA SESUATU BARU”
ALLAH MENCIPTAKAN… Lesson 1 for July 6, 2019.
CETAK BIRU UNTUK DUNIA YANG LEBIH BAIK
TRADISI MAANTAR PATALIAN/JUJURAN PADA MASYARAKAT ADAT BANJAR OLEH: ARIE SULISTYOKO.
Transcript presentasi:

Putri Rosary Rezy Junio Stefanus hans Tasya Berlianna Venny Veronica Batik Yogyakarta Putri Rosary Rezy Junio Stefanus hans Tasya Berlianna Venny Veronica

Jenis Batik Yogyakarta berasal dari warisan budaya pada zaman kerajaan Mataram Kotagede ketika Sultan Agung Hanyakrakusuma bertahta. Perpecahan yang terjadi pada kerajaan Mataram tahun 1755 membuat kerjaraan ini terbagi menjadi dua yakni Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat dan Kasultanan Surakarta Hardiningrat. Busana kerajaan mataram saat itu tersebar di dua kasultanan tersebut. Namun Kasultanan Surakarta akhirnya memutuskan untuk membuat pola batik baru, sehingga semua busana kerajaaan Mataram dipindahkan ke Kasultanan Yogyakarta.

Motif Ceplok, Grompol Motif batik Ceplok ini mencakup berbagai macam desain geometris, biasanya didasarkan pada mawar melingkar, bintang atau bentuk kecil lainnya, membentuk pola simetris keseluruhan pada kain Kegunaan : Di pakai oleh Ibu mempelai putri pada saat siraman. Makna Filosofis : Grompol, bermakna berkumpul/bersatu. Memakai Batik jenis ini diharapkan berkumpulnya segala sesuatu yang baik-baik, seperti rizky, keturunan, serta kebahagiaan hidup.

Berikut ini adalah gambar motif batik Ceplok:

Motif batik Kawung Motif batik kawung ini dikenal dengan motif batik tertua, dulunya disediakan untuk keluarga kerajaan. Motif kawung ini merupakan penampang buah aren kelapadan beberapa mengatakan salib di antara empat oval mengacu pada sumber energi universal. Meskipun ada banyak variasi, struktur dasar adalah kelompok empat lingkaran atau oval hampir menyentuh satu sama lain, diletakkan pada kain dalam simetri geometris. Kegunaan : Digunakan di kalangan kerajaan. Makna Filosofis : Motif ini melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal- usulnya. Motif Kawung juga melambangkan empat penjuru (pemimpin harus dapat berperan sebagai pengendali perbuatan baik). Juga melambangkan bahwa hati nurani sebagai pusat pengendali nafsu yang terdapat pada diri manusia, sehingga ada keseimbangan pada diri manusia.

Berikut ini adalah gambar motif batik Kawung khas yogyakarta :

Motif batik Parang Kadang-kadang disebut sebagai keris atau pola pedang oleh orang luar, panggilan Jawa motif Parang Lidah api, atau lidah api. Parang adalah salah satu yang paling kuat dari motif batik dengan garis-garis yang kuat diagonal paralel. Ada ratusan variasi, dari 2cm kecil di Parang Klithik ke terbesar di 8cm atau lebih di Barong Parang. Parang Barong Di masa lalu kali, Parang Barong adalah pola suci hanya dikenakan oleh raja. Motif mengingatkan dia untuk menjaga dirinya sendiri dengan hati-hati sehingga ia akan menjadi penguasa, bertanggung jawab jujur dan adil. Parang Rusak Lain dari desain Parang dikenakan oleh keluarga kerajaan pada acara-acara kenegaraan, Parang Rusak melambangkan pertarungan internal manusia melawan kejahatan dengan mengendalikan keinginan mereka sehingga mereka yang bijaksana, akhlak mulia akan menang. Motif parang seperti gambar dibawah ini.

berikut ini adalah motif batik parang khas yogyakarta :

Motif Batik Lereng Design motif batik lereng adalah baris diagonal pola di antara motif parang, banyak ditemukan untuk polanya hanya deretan garis diagonal sempit penuh dengan seluruh array pola kecil. Merupakan salah satu pola lama disediakan untuk keluarga istana kerajaan Kegunaan : Busana daerah Makna filosofis : Agar si pemakai diharapkan dapat menghindari hal-hal yang kurang baik.

Berikut ini adalah gambar untuk Motif batik lereng :

Motif batik Nitik Motif batik nitik sendiri terkenal dengan motif batik tertua karena dulunya terinspirasi oleh kain tenun dengan patola yang dibawa oleh para pedagang gujarat dari india. dengan design titik titik serta geometri. Dulunya biasanya dipakai oleh orang tua dari pasangan pernikahan orang truntum. Kegunaan : Digunakan pada acara resmi. Makna Filosofis : Orang yang memakai diharapkan menjadi bijaksana dan dapat menilai orang lain dengan tepat

Berikut ini adalah gambar motif batik Nitik yogyakarta :

Motif batik Semen Semen, berdasarkan semi kata, yang berarti untuk tumbuh atau tumbuh, non- geometris pola terinspirasi oleh alam. Dipenuhi dengan bergaya, bunga batang, daun, pegunungan, dan hewan, kelompok desain adalah sangat penting untuk royalti pada acara-acara khusus, serta masyarakat umum dalam penggunaan sehari-hari Kegunanaanya sendiri sangat banyak tergantung motif semen itu sendiri contoh: Motif Semen Romo Sawat Gurdo Cantel Kegunaan : Upacara tujuh bulanan. Pakaian pesta. Makna filosofis : Agar si pemakai selalu mendapatkan berkah Tuhan.

Berikut ini adalah gambar motif batik semen khas yogyakarta :