Seminar Transfromasi dan Integrasi Ilmu Sains Dalam Robotika

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
POSISI DI DEPAN KOMPUTER
Advertisements

Format Teks dan Spasi Paragraf
Searching.
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Kekontinuan Fungsi.
Robosoccer LAYER I & II. Layer 1  Semua Fungsi-fungsi yang terkait dengan keberadaan informasi kecepatan motor kanan & kiri.
Teknik Kamera Elektronik Arie Nugraha, M.Si
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
SENSOR ROBOT.
Pencarian Pulau Komodo Team “GhoTiC-V” Nur Frandianto W. Yudho Anggara Putra Yogi Permady Jurusan Sistem Komputer Universitas Gunadarma Laporan Kemajuan.
BALTHAZAR KREUTA, SE, M.SI
Junaidi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
ANALISIS RASIO KEUANGAN
Digital to Analog Conversion dan Rekonstruksi Sinyal Tujuan Belajar 1
KINEMATIKA.
Pengantar Manajemen Proyek Software.
Penerapan Turunan Riri Irawati, M.Kom 3 sks.
WALI KELAS: Struktur Organisasi BK, Persyaratan, Peran, Tugas, Tanggungjawab, Pelaksanaan dan Pelaporan Oleh : Ir. Christian HL, M.Pd.
TEKNOLOGI BIOENERGI.
HIPOTESIS.
Findings from Diagnostic Study
MAPPING STUDY REPORT Athik Hidayatul Ummah Disampaikan dalam
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SRIWIJAYA
EVALUASI PEMBELAJARAN SD
Pemeliharaan Betina Dewasa, Induk Bunting dan Menyusui
QUEUE Copyright 2008 by Yohana.
PROGRAM LINEAR (Definisi, Metode Grafik, Metode Substitusi )
Pengenalan tentang Risiko dan Imbal Hasil
AKUNTANSI KEUANGAN 2 (IFRS) Program Studi Akuntansi
STATISTIKA Pengertian :
DASAR – DASAR ROBOTIKA Rian Rahmanda Putra Fakultas Ilmu Komputer
DRABC UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
RANGKAIAN DIGITAL SHIFT REGISTER.
ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN MENINGITIS
KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PETERNAKAN
Teknologi Dan Rekayasa
Seleksi Kondisi/Pencabangan
PEKERJAAN SOSIAL Allen Pincus dan Anne Minahan (1973) mengemukakan, bahwa “Pekerjaan sosial menekankan pada interaksi antara orang dengan lingkungan sosialnya.
ANATOMI FISIOLOGI SISTEM REPRODUKSI WANITA dan konsepsi
PROGRAM LINEAR (Definisi, Metode Grafik, Metode Substitusi )
MEKTAN 2 Tegangan-tegangan pada Suatu Massa Tanah
MODUL16 Aplikasi Fitur Bentuk
Kepaniteraan Klinik Departemen Saraf
Model Transportasi Ayundyah Kesumawati. Model Transportasi Ayundyah Kesumawati.
Pertemuan Ke 2 SISTEM PERSAMAAN LINEAR (SPL)
ANDRI SAHATA SITANGGANG
Sistem Berkas – Sesi 12 dan 13
TRANSFORMASI LAPLACE Yulvi Zaika.
2 Unit Matriks Determinan dan Invers matriks
SEKURITAS DILUTIF.
PRAKTIKUM FTS STERIL KELOMPOK 1 & 2
Kesetimbangan Kimia Created by
Persamaan Garis Lurus SMP Kelas VIII A Amal Harfiansyah
FUNGSI KUADRAT & aplikasinya Resista Vikaliana, S.Si. MM 30/04/2016.
Pengurutan (Shorting)
2. Dengan garis bilangan Ketentuan : Ketentuan : –Operasi Penjumlahan dan Pengurangan adalah operasi 2 atau lebih bilangan yang di operasikan dengan tanda.
Penentuan harga pokok.
SAMPLING EMISI STACK.
Kelompok 4 Anggota Kelompok: Jumardi ( )
OLEH ALLEN TRIPUT MUNIAGA
Ukuran Penyebaran (Dispersi)
Distribusi Peluang Kontinu
عن أبي ذر رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم فيما روى عن الله تبارك وتعالى أنه : ( قال :
DAYA DUKUNG PONDASI PADA TANAH LEMPUNG
Suhartono (B.Sc.-ITS; M.Sc.-UMIST,UK; Dr.-UGM; Postdoctoral-UTM)
Integral Riemann Juwairiah, S.Si., M.T Juwairiah IF UPNVY.
Metode gps Gigih pilihanto Avina husna
溝通活動 第二課.
Transcript presentasi:

Seminar Transfromasi dan Integrasi Ilmu Sains Dalam Robotika Sofa Sofiana, M.Kom. MOS, MCE

PREDIKSI Menerjemahkan perintah manusia pada tahun 2024, Menulis esai perguruan tinggi pada tahun 2026,  Mengendarai truk pada tahun 2027, Bekerja sebagai pramusaji pada tahun 2031,  Menulis buku pada tahun 2049 dan Menjalankan operasi pada tahun 2053.

Aplikasi Program & Simulator Robot Microsoft Robotics Developer Studio

2. V-REP 3. OpenHRP3 4. Gazebo

Robot Localization Relative atau local Menggunakan encoder, gyroscope, accelerometer, ultrasonic, system penglihatan dan lain-lain. Global Menggunakan Global Positioning System (GPS) Laser dan Landmark Systems Probabilistic localization Menggunakan statistik untuk mengurangi kesalahan

LEGO Menggunakan Algoritma Dead Reckoning:

Dead Reckoning adalah sebuah proses dalam memperkirakan posisi berdasarkan posisi sebelumnya yang telah diketahui kecepatan, waktu dan jarak yang telah diketahui. zero-order convergence dan first-order convergence

zero-order convergence For each shared object { PredictedPathVector = Last_KnownPos - Last_Last_KnownPos DeltaTime = Last_KnownTime - Last_Last_KnownTime DeltaVelocity = PredictedPathVector / DeltaTime NewDeltaTime = CurrentTime - LastLastKnownTime NewPos = LastKnownPos + NewDeltaTime * DeltaVelocity }

For each shared object{ PrevPredictedPathVector = Last_KnownPos[1]-Last_KnownPos[2] PrevDeltaTime = Last_KnownTime[1] - Last_KnownTime[2] StartDeltaTime = Last_KnownTime[0] - Last_KnownTime[2] PrevVelocity = PrevPredictedPathVector / PrevDeltaTime StartPos = Last_KnownPos[2] + StartDeltaTime * PrevVelocity CurrentDeltaTime = Now - Last_KnownTime[0] PredictedPathVector = Last_KnownPos[0] - Last_KnownPos[1] DeltaTime = Last_KnownTime[0] - Last_KnownTime[1] EndPos = Last_KnownPos[0] + CurrentDeltaTime * PredictedPathVector / DeltaTime LinearConvergenceVector = EndPos - StartPos Velocity = LinearConvergenceVector / DeltaTime NewPos = StartPos + CurrentDeltaTime * Velocity }

Algoritma Follow Wall function maze(kanan, atas, kiri, bawah){  set array[#][#] as maze start[x][y] = array[0][0] // start dimulai dari titik (0,0) if(start[x+1][y])==null //kanan turn right; maze(bawah, kanan, atas, kiri); if(start[x][y+1])==null //atas turn ahead; maze(kanan, atas, kiri, bawah); if(start[x-1][y])==null//kiri turn left; maze(atas, kiri, bawah, kanan); if(start[x][y-1])==null//bawah turn down; maze(kiri, bawah, kanan, atas); }

Begitu seterusnya hingga menemukan jalan keluar. Periksa kanan: jika ada tembok, periksa atas. Jika tidak ada tembok, belok kanan. Periksa atas: jika ada tembok, periksa kiri. Jika tidak ada tembok, jalan lurus. Periksa kiri, jika ada tembok, periksa bawah. Jika tidak ada tembok, belok kiri. Periksa bawah, jika ada tembok, kembali periksa kanan. Jika tidak ada tembok, jalan mundur. Begitu seterusnya hingga menemukan jalan keluar. Periksa bawah, jika ada tembok, kembali periksa kanan. Jika tidak ada tembok, jalan mundur."

Cheetah

Sumber Adriansyah, Andi. (2014). PERANCANGAN ROBOT LOCALIZATION MENGGUNAKAN METODE DEAD RECKONING. SINERGI. 18. 25-30. http://www.kompidolar.com/2009/02/algoritma-algoritma-robotika.html http://www.asalasah.com/2012/05/9-gambaran-robot-canggih-masa-depan.html http://www.thepanicchannel.com/robot/berdasarkan-survey-robot-akan-menguasai-manusia-di-masa-depan/ https://tekno.tempo.co/read/902612/profesor-widodo-kunci-masa-depan-adalah-hidup-bersama-robot