KONSEP TEKNOLOGI esain 2013.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

KU1287 PENGANTAR TEKNOLOGI INDUSTRI Kuliah 11: Disain FakultasTeknologi Industri Institut Teknologi Bandung 2009.
OLEH : HAFMAHESTI RAHMI, S.SI, M.PD KEAHLIAN MANAJEMEN.
KONTEKS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN MUTU PROYEK.
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Pengembangan PL Ahmat Adil.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
1 Desain. 2 What is design ? Design (n) : Invensi atau pengaturan suatu bentuk, komponen, atau rincian sesuatu yang sesuai dengan rencana (plan). Aktivitas.
KONSEP TEKNOLOGI esain 2014.
Analisa dan disain sistem produksi
PENILAIAN KETERAMPILAN
KONTEKS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI (Lanjutan)
PROSES Perangkat Lunak
PERTEMUAN 9 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELOMPOK (GDSS)
PENGUKURAN EVALUASI TERHADAP INPUT, PROSES, OUTPUT DAN OUTCOME
Software Testing Pertemuan III.
TUGAS PENGENDALIAN KUALITAS (Setelah UTS) Disusun Oleh : Tika Yunirma (051529) Teknik Industri FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
SESI 3. KONSEP MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
PENGEMBANGAN SISTEM.
Aspek Produk Kunci pertumbuhan dan kelangsungan hidup perusahaan adalah dengan Tambahkan dari PTI Hari purnomo hal 29 dst (bab 2) mengembangkan produk.
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
SARTIKA NISUMANTI, ST., MT
Managing Software Requirement 3
Pengantar Teknologi Informasi
PriNciples That Guide Practice
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
LANGKAH ATAU PROSEDUR PERANCANGAN PABRIK
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Dipresentasikasikan oleh
ANALISA KINERJA SISTEM
Nur fisabilillah, S.Kom, MMSI | UNIVERSITAS GUNADARMA
ENTOT SUHARTONO, SKOM, MKOM
TAHAPAN PROYEK KONSTRUKSI
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
SARTIKA NISUMANTI, ST., MT
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Manajemen Proyek IT oleh: Indah Susilawati, S.T., M.Eng.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
Aspek Teknis Analisis teknis bertujuan untuk memastikan bahwa ide atau gagasan yang telah dipilih itu layak, dalam arti kata ada ketersediaan lokasi, alat,
Pembangunan Kasus Bisnis & Penentuan Alternatif
Pelaksanaan Solusi Bisnis & Pengelolaan Perubahan
Testing dan Implementasi
Enterprise Architecture
Perancangan Sistem Informasi Manajemen
EVALUASI, AUDIT, PELAPORAN DAN PENYELESAIAN PROYEK
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 3.
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Struktur dan fungsi pengolahan data
Proses Pengembangan Database
SISTEM APPROACH KELOMPOK 5 AFRIZAL ALFIANDA C1B1O8O76 LINDY STEVANI C1B SARTIKA HANDAYANI C1B RENI BUDIARTI C1B DAVID D IRAWAN C1B1O8O20.
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN MUTU PROYEK.
PERILAKU DAN DINAMIKA PROYEK
Siklus hidup pengembangan sistem
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
MANAJEMEN PROYEK Pengantar.
LANGKAH ATAU PROSEDUR PERANCANGAN PABRIK
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
DWI PURNOMO – Pengembangan Produk DWI PURNOMO –
Bab 2 metodologi pengembangan sistem akuntansi
Transcript presentasi:

KONSEP TEKNOLOGI esain 2013

Apa itu Desain? Definisi: Invensi atau pengaturan suatu bentuk, komponen, atau rincian sesuatu yang sesuai dengan rencana (plan). Aktivitas yang menghasilkan sintesa sesuatu untuk memenuhi keinginan (need). Konteks engineering : aplikasi pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) tertentu, untuk menghasilkan sesuatu yang memenuhi keinginan dalam bentuk set spesifikasi.

Desain Desain merupakan salah satu tahapan dalam langkah solusi suatu penyelesaian masalah (problem solving). Desain selalu didahului oleh proses analisis untuk menentukan semua kebutuhan yang diperlukan untuk mewujudkan rancangan. Proses analisis juga dilakukan setelah proses desain mendekati tahap akhir. Gunanya untuk melakukan evaluasi sebelum desain diwujudkan dalam wujud nyata. Analisis juga dilakukan untuk mengevaluasi desain setelah desain diwujudkan dalam wujud nyata.

Contoh Perencanaan (plan)

Contoh Perencanaan (plan)

Beberapa contoh Keinginan (needs) Pendingin Kendaraan

Beberapa contoh Keinginan (needs) Silencer Bedil

Objek desain: peralatan mesin rangkaian bangunan mekanisme struktur software proses manufaktur gadget sistem teknis lainnya

Objek desain tidak berarti hanya yang berupa objek nyata (tangible) saja, tetapi juga : struktur, sistem, prosedur, cara, atau software. PROSEDUR BENAR sistem struktur prosedur

Siapa Pelaku Desain ? Engineer Teknisi atau non-teknisi Setiap orang

Analisis dalam Desain Tujuan: Mendefinisikan masalah yang timbul. Menjawab/mencari solusi atas persoalan/masalah tsb. Hasil merupakan rangkuman dari beberapa langkah. Menentukan tahap-tahan desain. Diperlukan banyak analisis sebelum melaksanakan desain

Contoh Analisis Desain penggorengan kerupuk tanpa minyak berskala besar memerlukan analisis : Struktur dan konstruksi bahan Ukuran produk Instalasi alat Kapasitas produksi Operator Prosedur pengoperasian alat Durabilitas Harga Dlsb.

Contoh Analisis Desain sepeda listrik memerlukan analisis : Struktur dan konstruksi bahan Ukuran pengguna Instalasi alat Kebutuhan kapasitas batere Kemudahan pengisian batere Prosedur pengoperasian Durabilitas Proses produksi Harga Dlsb.

Contoh Analisis Desain Lunpia Semarang memerlukan analisis : Rasa Bahan baku Struktur dan bentuk Ukuran Cara/proses memproduksi Keunikan Harga Dlsb.

Life is just a choice. Masa depan seperti apa ? Rencana jangka panjang ? Rencana jangka menengah ? Rencana jangka pendek ? Just remember a little thing (and think) : Life is just a choice.

Reproduksi Reproduksi: proses kreasi ulang sesuatu yang telah selesai didesain dan sukses diproduksi. Reproduksi melibatkan replikasi penuh atau revisi minor untuk perbaikan kecil. Reproduksi selalu melalui tahapan analisis terutama tentang kelemahan yang dimiliki pada desain sebelumnya. Reproduksi pada umumnya dilakukan karena adanya permintaan pasar yang besar. Reproduksi menjadi inti penting dalam industri manufaktur.

1969 Contoh Reproduksi 1973 2012

Contoh Reproduksi 1958 2012 1990

 Model Minor Change (MMC) Contoh Reproduksi 2004 2010  Model Minor Change (MMC)

Contoh Reproduksi 1938 2011

Desain Baik VS Desain Buruk Memenuhi semua persyaratan teknis yang diinginkan Memenuhi hanya pada bebe-rapa peryaratan teknis saja. Bekerja pada seluruh waktu Bekerja pada awalnya tetapi berhenti setelah beberapa saat. Biaya rendah Biaya tinggi Perawatan minim atau tanpa perawatan samasekali Diperlukan pemeliharaan yang sering Aman digunakan pemakai Berisiko pada pemakai Tanpa masalah Banyak masalah

Siklus Desain Simpal dalam Tentukan Semua Obyektif Pilih sebuah Strategi Desain Kumpulkan Informasi Wujudkan Desain Pertama Bangun sebuah Purwarupa Dokumen Tes Sudah Memenuhi Spesifikasi ? Uji Produk Akhir Revisi Simpal dalam N

GOOD ENGINEER Mendengarkan ide baru dengan pikiran terbuka. Mempertimbangkan berbagai metodologi sebelum memilih pendekatan desain. Tidak mempertimbangkan proyek yang lengkap sebagai tujuan utama tetapi mengutamakan pada pengujian dan pengujian kembali. Kandungan isi tidak pernah pada satu parameter desain saja, misalnya semata-mata dari trial and error. Menggunakan kata-kata seperti “saya harus tahu mengapa” dan “mempertimbangkan semua kemungkinan”

Bad Engineer Berpikir bisa menjawab semua pertanyaan, jarang mau mendengarkan ide baru. Punya visi khusus, hanya menggunakan parameter desain yang pertama. Pengeluaran produk tanpa melakukan pengujian. Menggunakan kata-kata seperti “cukup baik” dan “saya tidak mengerti bagaimana itu akan bekerja” Hanya murni mencoba-coba (trial and error) dengan rancang bangun desain.