Web usability Firman Wahyudi.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
1 Start with Question • Pernahkah Anda menutup sebuah website karena waktu loading yang lama? • Seberapa sering Anda menemukan website yang –tidak (atau.
Advertisements

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN
Software Processes Discussion
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
SKRIPSI.
Manusia Estimasi Kreatif Tidak tergantung energi listrik Mempunyai inisiatif Memberi instruksi pada komputer.
Interaksi Manusia dan komputer
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Usability.
USABILITY DARI ISO 9241 (ALAN DIX ET ALL, 1993)
Rahayu Utami Jurusan Sistem Informasi
KONSEP WEB.
PEMBUATAN WEBSITE RESEP MASAKAN TRADISIONAL INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA DREAMWEAVER 8.0, PHP DAN Nama : Devi Afriani Pramita Npm :
PEMBUATAN SITUS WEB PENJUALAN MEBEL PADA LILY FURNITURE
MOKHAMMAD NURKHOLIS ABDILLAH, PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TOKO ONLINE BERBASIS WEB.
Methods for Software Engineering CHAPTER 5 Software Project Planning Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
PEMBUATAN WEBSITE BENGKEL DAGE MOTOR Hendra Saputra
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Siklus Hidup Sistem Basis Data
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Perancangan dan Pembuatan Web pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tugas Akhir Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Menyelesaikan Program Diploma.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
ADOBE DREAMWEAVER CS4, PHP DAN MYSQL PEMBUATAN WEBSITE PULSA E-NET DENGAN MENGGUNAKAN for further detail, please visit
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Teknik Evaluasi.
PRINSIP USABILITY.
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN INTERFACE USER
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
Interaksi Manusia dan Komputer
PROSES PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
USABILITY.
Interaksi Manusia & Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
DAYA GUNA / USABILITY.
Pengantar SIM 2.
Testing dan Implementasi
USABILITY.
Sistem Informasi Penitipan Hewan
Evaluasi Interaksi Manusia dan Komputer Oleh : SRI HERAWATI, S.KOM
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
Membangun Web yang baik (lanjutan)
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
PROSES PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Tujuan instruksional umum:
APLIKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN PERANGKAT TELEPON SELULER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
PERANCANGAN INTERFACE DAN SKENARIO GAMIFIKASI PADA APLIKASI GO-VOTE
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
PEMBUATAN WEBSITE SMAN 1 JASINGA BOGOR DENGAN Andari
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI V
Usabilitas L. Erawan.
The Humans Role in UCD.
Software Processes Discussion
PRINSIP USABILITY.
CSG2C3/ Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN
DAYA GUNA.
Kualitas Manajemen Web
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Hari, Tanggal Judul Tugas Akhir FONT 36 Jenis Ujian Nama Mahasiswa NIM.
PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE TOKO PC GAME ONLINE Firman Isai
Metode penelitian Usability Nielsen
Transcript presentasi:

Web usability Firman Wahyudi

Web usability Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplementasikannya pada sebuah web. Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan.

Learnability Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.

Efficiency Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.

Memorability Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.

Errors Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.

Satisfaction Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.

Sebuah web dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh penggunanya. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang akan membuat pengguna meninggalkan sebuah web :  Web sulit digunakan. Homepage tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh pengguna pada web tersebut. Pengguna mendapatkan adanya kesalahan pada web. Informasi web sulit dibaca dan tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna.

Studi Kasus

www.liputan6.com

Web Liputan 6 Liputan 6 merupakan salah satu program berita di sebuah televisi swasta di Indonesia. Liputan 6 memiliki sebuah website yang berdiri sendiri (terpisah dari web SCTV) namun tetap terhubung dengan web SCTV. Web Liputan 6 beralamat di www.liputan6.com

Tujuan Utama Memberikan informasi-informasi terbaru mengenai kejadian di dalam maupun luar negeri. Memberi kemudahan bagi para pengguna untuk mengakses berita secara mobile. Menyediakan informasi mengenai alamat yang dapat dihubungi oleh pengguna (informasi kontak).