Object Oriented Programming

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU
Membuat class sendiri.
Membuat Packages package nama_package;
Java Progamming Operasi I/O
Oleh : Sukma Murdani, S.Kom. SILABUS PENDAHULUAN Pengenalan OOP Pengenalan JAVA OOP (Object Oriented Programming) JAVA Class, Java Interface Encapsulation.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING
Inheritance (Pewarisan)
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
STRING Pemrograman Object Oriented dengan JAVA Teknik Informatika-UMM.
Pemrograman Berbasis Obyek
MINGGU 5 Java Programming (MKB614C)
Mendapatkan input dari keyboard
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Pemrograman Berorientasi Objek
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
Object Oriented Programming Bag.2 Pertemuan 24 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Class and Object Introduction Specifying a Class Defining Member Function A C++ Program with Class Nesting of Member Functions Private Member Functions.
1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Mendapatkan input dari keyboard
PAKET DAN IMPORT.
Bayu Priyambadha, S.Kom.  Classes, which are the "blueprints" for an object and are the actual code that defines the properties and methods.  Objects,
PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :
Perancangan dan Pemrograman Web
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #5
Object-Oriented Design (OOD)
PHP - Pemrograman Berorientasi Obyek
Object oriented analyst and design
Access Modifier.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
Objek-Oriented Programming (OOP)
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Algoritma & Pemrograman 1
Pengorganisasian Class
BAB 1 PACKAGE (PAKET) Pokok bahasan : 1. Pembuatan paket 2.
Pengorganisasian Class
Teori Pertemuan 8 “Pengorganisasian Class”
Mendapatkan input dari keyboard
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Berorientasi Objek
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
PACKAGE (FOLDER/DIREKTORI)
PACKAGE (FOLDER/DIREKTORI)
Object Oriented Programming
JAVA FUNDAMENTAL (Object Oriented Programming)
Pendahuluan PBO.
JAVA FUNDAMENTAL.
Pilar Object Oriented Programming
PACKAGE.
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan PHP
Object Oriented Programming
Package U Abd. Rohim, MT mailto:
Pilar Object Oriented Programming
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pertemuan 5 Inheritance
Pengenalan Pemrograman 1
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #6
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Object Oriented Programming PACKAGE Object Oriented Programming

Pengantar Seringkali kita membuat project kecil dan melakukan coding ke dalam satu direktori. Apabila project yang kita lakukan besar, maka semakin banyaklah file- file yang harus dibuat. Untuk itulah kita gunakan package.

Apa itu package? Trial Package Pro Package Paket A Paket B Paket C Paket D Trial Package Pro Package

Apa itu package? sebuah sarana untuk mengelompokkan atau mengorganisasikan kelas dan interface yang sama atau sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library. Package juga cara kita mengatur file ke dalam direktori yang berbeda sesuai dengan fungsi, kegunaan serta kategori yang dimiliki.

Buat apa package? group related classes together as a namespace to avoid name collisions provide a layer of access / protection keep pieces of a project down to a manageable size

Contoh file-file yang mewakili kelas-kelas yang “dipaketkan” nama package

Membuat Package Buat direktori yang merepresentasikan tempat package yang akan dibuat

Membuat package Buat kelas (atau interface) yang akan menjadi isi package dengan susunan: // Deklarasi package package namapaket; // Deklarasi kelas public class namakelas { ... }

Membuat Package Deklarasi Package Menggunakan kata kunci package yang ditulis di baris pertama pada file sumber (.java). package namapaket; Contoh: package hewan; package hewan.MammalInt; Hanya boleh ada satu pernyataan package pada setiap file sumber.

yuk praktek sebentar...

Praktek sebentar sudah. Next teori..

Importing Package import packageName.*; // all classes Misalnya: package pacman.gui; import pacman.model.*; public class PacManGui { ... Ghost blinky = new Ghost(); } PacManGui must import the model package in order to use it.

Importing class import packageName.className; // one class Example: package pacman.gui; import pacman.model.Sprite; public class PacManGui { Ghost blinky = new Ghost(); } Importing single classes has high precedence: if you import .*, a same-named class in the current dir will override if you import .className, it will not

TUGAS Buatlah program untuk menghitung jumlah harga, potongan harga dan total harga dengan menggunakan konsep package dan konsep OOP yang Anda ketahui! Hierarki package: penjualan Utama.class input InputData.class output OutputData.class InputData.java  get & set method utk variabel Harga Barang dan Jumlah Barang OutputData.java  get method utk menampilkan Jumlah Harga, Potongan Harga, dan Total Harga Jumlah Harga = Harga Barang*Jumlah Barang Adanya potongan harga dengan syarat sbb: - Jika Jumlah Barang diantara 10 s/d 20, diskon=0.15 - Jika Jumlah Barang lebih dari 20, diskon=0.2 Potongan Harga = Diskon*Jumlah Harga Total Harga = Jumlah Harga – Potongan Harga Utama.java  inputkan harga barang dan jumlah barang dengan menggunakan class Scanner