DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALGORITMA dan STRUKTUR DATA 1
Advertisements

PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Bahasa Pemrograman Lanjutan
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
Pemrograman Terstruktur
Pemrograman Windows.
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
Shofia D. Agustina.  Agar dapat dieksekusi oleh komputer, algoritma harus diterjemahkan terlebih dahulu kedalam notasi bahasa pemrograman. Penerjemahan.
Algoritma & Struktur Data Pointer Evangs Mailoa.
Perkembangan Bahasa.
Elemen Dasar Program C++
Konsep Utama Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
PRAKTIKUM ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
STRUKTUR DATA (1).
Algoritma dan Struktur Data
Pendahuluan Definisi :
Pengenalan Program C++
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Fungsi dan Prosedur.
IT234 - Algoritma dan Struktur Data Ramos Somya. Asal kata Algoritma berasal dari nama seorang ilmuan Persian yang bernama Abu Ja’far Mohammed lbn Musa.
Dasar Pemrograman Nama : 1. Panca Mustapa (P ) (P ) 2. Prana Yudha P 2. Prana Yudha P (P ) (P )
BAB I PENDAHULUAN.
Algoritme dan Pemrograman
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
Bahasa Pemrograman dasar
Algoritme dan Pemrograman
Pengantar Struktur Data Pertemuan 1 Season 1
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 2
Pertemuan 1 Pengenalan Bahasa C++.
PENGANTAR TEKNIK KOMPILASI
Pemrograman Terstruktur
Struktur Program TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman
Pendahuluan & identifier pada bahasa c dan c++
INPUT DAN OUTPUT OLEH: SRI SUPATMI,S.KOM.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Bahasa C – Intro Yenni Astuti, S.T., M.Eng..
Pertemuan 2 (Perkenalan Bahasa C) .:: Erna Sri Hartatik ::.
Pertemuan 1 (Perkenalan Bahasa C) .:: Nurul Fuad, S.Kom., M.Kom.::.
Struktur Data (Data Structure) – IS 2313
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
PEDOMAN PENYUSUNAN ALGORITMA
PENGENALAN C++ Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.
Minggu 5 Imam Fahrur Rozi
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemrograman
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemrograman
02.1 Hari-2.
(Struktur Dasar, Variabel, Tipe Data, Input, Output, Komentar)
Input Dan Output.
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma dan Struktur Data
PENGENALAN C++ Sejarah C++ Struktur Bahasa C++ Input & Output
Pemrograman Terstruktur
Input dan Output Pertemuan ke-3 Bahasa C.
Algoritma Struktur Data
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
INTRODUCTION TO C++
Konsep Utama Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
Pemrograman Terstruktur
Pertemuan 2 Pengantar Pemrograman
INTRODUCTION TO C++
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pertemuan 3 (Struktur Bahasa C) .:: Erna Sri Hartatik ::.
Dasar Komputer & Pemrograman 2B
Operator, Variabel, Konstanta, Tipe Data
Transcript presentasi:

DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER Minggu 1 - Praktikum Imam Fahrur Rozi

Target Setelah menempuh materi ini, mahasiswa hendaknya mampu:  Memahami tentang konsep dasar pemrograman komputer

Pokok Bahasan Konsep Dasar Pemrograman Program Bahasa Pemrograman Langkah Membuat Program Translator Tahap Pengembangan Program C/C++ Struktur Dasar Program C/C++ Sintaks Output

Dasar Pemrograman Komputer

Prinsip Kerja Komputer

Program Program merupakan Sederetan instruksi yang dikerjakan oleh komputer, untuk memproses data hingga menghasilkan output yang diinginkan Untuk membuat program, sebelumnya perlu dirancang langkah-langkah penyelesaian masalah  algoritma Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu

Program Program = Algoritma + Bahasa Pemrograman Belajar membuat Program, berarti belajar untuk membuat algoritma dan mentranslasikan algoritma tersebut ke bahasa pemrograman, hingga program bisa jalan dan didapatkan hasil yang diinginkan

Bahasa Pemrograman Tingkat tinggi Tingkat rendah Adalah Bahasa khusus yang digunakan untuk membuat suatu program komputer Tingkat tinggi Lebih dekat dengan bahasa manusia Lebih mudah dipahami Contoh: C, C++, Java, Pascal, dsb Tingkat rendah Lebih dekat dengan bahasa mesin Lebih sulit dipahami Contoh: bahasa asembly

Langkah dalam Membuat Program Pamahi masalah/definisi masalah Buat model Buat algoritma Tulis program Compile Running Dokumentasi

Langkah Membuat Program

Langkah Membuat Program (1. Definisi Masalah)

Langkah Membuat Program (2. Buat Model)

Langkah Membuat Program (3. Rancang Algoritma)

Langkah Membuat Program (4. Tulis Program)

Translator Dari bahasa pemrograman tingkat tinggi, agar bisa dijalankan oleh mesin perlu diterjemahkan Translator  digunakan untuk menterjemahkan bahasa pemrograman hingga bisa dikenali dan dieksekusi oleh komputer Ada 2 macam: Interpreter Compiler

Translator Interpreter: Input: Output: Contoh: Source Code / Kode Program Output: Interpreter tidak menghasilkan file baru/file objek Source code langsung diterjemahkan oleh interpreter dan langsung dijalankan, tanpa diubah dulu ke file objek Contoh: PHP

Translator Compiler: Input: Output: Contoh: Source Code / Kode Program Compiler menghasilkan file baru/file objek Source code akan dianalisis oleh compiler dan diterjemahkan menjadi object code dan ditulus ke dalam file objek/file baru (COMPILE TIME) Object code ini yang selanjutnya akan dijalankan (RUN TIME) Contoh: C, C++, Java dsb

Translator Compiler

Tahap Pengembangan Program C/C++ C++ Source Code  File Object  Running COMPILE RUN

Struktur Dasar Program C/C++ <preprocessor_directive> int main(){ <statement> ; return 1; } <preprocessor_directive> void main(){ <statement> ; } atau

Struktur Dasar Program C/C++ Preprocessor Directive : bagian yang mengikutsertakan file atau berkas-berkas fungsi, pendefinisian konstanta, atau fungsi makro tertentu Fungsi main() : fungsi atau bagian program yang pertama kali akan dijalankan. Program C/C++ yang tidak memiliki main() maka ia tidak bisa dijalankan langsung Statement : adalah baris instruksi tertentu. Dan setiap statement diakhiri dengan tanda ;

Sintaks Penulisan Preprocessor Directive Digunakan sintaks #include dan diikuti dengan nama file header Tidak perlu diakhiri dengan ; Contoh: #include <stdio.h> Artinya file header stdio.h akan diikutsertakan ke dalam program yang dibuat.

Sintaks Penulisan Fungsi main() Diawali dengan tipe data void atau int. Beberapa compiler mengharuskan diawali dengan tipe data int. Jika menggunakan int makafungsi main harus diakhiri dengan return 1. Jika void, fungsi main tidak perlu diakhiri return. Nama fungsi main ditulis dengan huruf kecil semua dan diikuti dengan tanda (), seperti main() Kemudian statement-statement dituliskan di dalam {……..} Contoh : int main(){ void main(){ <statement> ; <statement> ; return 1; } }

Sintaks Output Digunakan sintaks printf(“……….”); Harus menggunakan preprocessor directive #include <stdio.h> Contoh: printf(“Hello World”); printf(“Nama \t : Imam F \n”); printf(“Nilai Panjang = %i \n”, p); \t untuk enampilkan tab, \n untuk menampilkan ganti baris %i digunakan untuk menampilkan nilai yang ada di variabel p. Asumsinya variabel p memiliki tipe data integer. Untuk menampilkan data Float maka digunakan %f, jika Char digunakan %c, jika String atau banyak karakter digunakan %s Perhatikan penggunaan tanda “…”

Contoh Program 1 Preprocessor Directive Fungsi main() Statement Output program: Hello World * Di Preprocessor Directive, digunakan stdio.h karena fungsi printf ada di dalam file header stdio.h tersebut

Contoh Program 2 Output program: NAMA : “Imam” NIM : 318392183 \t untuk menamilkan tab, dan \n untuk ganti baris