Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

Pelatihan Sikda GENERIK
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog Interaksi
DESIGN INTERFACE.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
Dialog Teks dan Pengisian Borang
komponen antarmuka pengguna
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan antarmuka (design interface)
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
PERANCANGAN INTERFACE USER
Perancangan Antar Muka
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Ragam dialog Pertemuan 3.
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
Proses Design Interface (Perancangan Tampilan)
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Panduan Merancang Interface
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Interfase design Pertemuan 4.
Perancangan Tampilan.
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
Perancangan Tampilan.
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Ragam dialog Pertemuan 3.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interfase design Pertemuan 4.
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Ragam Dialog.
RAGAM DIALOG.
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Ragam Interaksi.
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Transcript presentasi:

Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer Jenis Perangkat Lunak General Purpose Software (Public Software) Special Purpose Software (Job Order Software/ Made Tailor Software) Pendekatan Perancangan User-centered design Perancangan yang melibatkan pengguna dalam pembuatan antarmuka User design Approach Perancangan antarmuka yang dilakukan pengguna Perancangan/IMK/Mira

PRINSIP DAN PETUNJUK PERANCANGAN Empat Komponen Antarmuka Pengguna Model Pengguna Merupakan model konseptual yang diinginkan pengguna dalam memanipulasi informasi dan proses yang dia aplikasikan Bahasa perintah Merupakan piranti untuk memanipulasi model Umpanbalik Merupakan kemampuan program untuk membantu pengguna dalam mengoperasikan program Penampilan informasi Merupakan petunjuk status informasi atau program ketika pengguna melakukan tindakan, perlu dirancangan pesan-pesan yang efektif Perancangan/IMK/Mira

Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer Urutan Perancangan Penentuan Ragam Dialog Perancangan Struktur Dialog Perancangan Format Pesan Perancangan penanganan kesalahan Perancangan Struktur Data Tampilan Berbasis Teks Urutan Penyajian Kelonggaran Pengelompokan Relevansi Konsistensi Kesederhanaan Perancangan/IMK/Mira

Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer Tampilan Berbasis Grafis Ilusi pada obyek-obyek yang dapat dimanipulasi Urutan Visual dan Fokus Pengguna Struktur Internal Kosakata Grafis yang Konsisten dan Sesuai Kesesuaian dengan media Waktu Tanggap Merupakan waktu yang dibutuhkan suatu proses terjadi Penanganan kesalahan 2 Jenis kesalahan : Compile time error Kesalahan sintaksis yang secara langsung dapat dideteksi kompiler Run time error atau fatal error Kesalahan logika ketika program dijalankan Penanganan : buat modul error trapping Perancangan/IMK/Mira

Contoh Berbasis Teks Data Pribadi Nama : Disainer Tmpt/tgl lahir : Bandung, 18 Oktober 1983 Jenis Kelamin : Pria Alamat : Jln. Dipatiukur 112 Bandung 40253 Telepon : 022 2508654 Riwayat Pendidikan SD : SD Negeri 4 Bandung SMP : SMP Negeri 1 Bandung SMA : SMA Negeri 8 Bandung S1 : ITB Bandung Riwayat Pekerjaan dst……. Perancangan/IMK/Mira

Contoh Berbasis Grafis SISTEM INFORMASI KEUANGAN PT. SELALU MAJU BANDUNG LOGO User Id Password Created by Disainer dkk Bandung 2006 Login Lupa Password Perancangan/IMK/Mira

Contoh Perancangan Ukuran 1024x786 warna sesuai dengan setting windows No : T01 Ukuran 1024x786 warna sesuai dengan setting windows Font 14 Arial warna hitam -Klik Lihat Data atau Alt L menuju T02 -klik Data baru atau Alt D menuju T03 -klik Edit baru atau Alt E menuju T04 -klik keluar atau Alt K muncul M01 Lihat Data Data Baru Edit Data Keluar Perancangan/IMK/Mira

Contoh Perancangan Ukuran 1024x786 warna sesuai dengan setting windows No : T02 Ukuran 1024x786 warna sesuai dengan setting windows Font 14 Arial warna hitam -Klik Cari atau Alt C muncul M02 jika data tak ditemukan -klik Menu Utama atau Alt M menuju T01 Cari Menu Utama Perancangan/IMK/Mira

Contoh Perancangan Nama Tgl Lahir Bln Thn Dan seterusnya No : T03 Ukuran 1024x786 warna sesuai dengan setting windows Font 14 Arial warna hitam -Klik Simpan atau Alt S muncul M03 -Salah input M04, M05, M06 -klik Menu Utama atau Alt M menuju T01 Nama Tgl Lahir Bln Thn Dan seterusnya Simpan Batal Menu Utama Perancangan/IMK/Mira

Jaringan Semantik M01 M02 Tampilan Navigasi Alt L T01 Pesan T02 Alt M Alt D Alt M T03 M04 M03 Perancangan/IMK/Mira