INPUT DATA DI JAVA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Flow Control & Exception Handling
PERTEMUAN 4 Penyeleksian kondisi
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
C REATING FIS S UGENO WITH J AVA Praktikum 13. R EVIEW FIS Metode Penalaran Mamdani Input dan Output berupa himpunen fuzzy Penentuan nilai defuzzifikasi.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Dasar exception handling
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Algoritma & Pemrograman 1
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Struktur kontrol.
Dasar exception handling
Mendapatkan input dari keyboard
Input/output dan Kelas File
Stack (Tumpukan) Pertemuan 4 Season 1
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Aplikasi berbasis teks
Pemprograman Berorientasi Objek
Constructor dan Overloading
Input/output dan Kelas File
Mendapatkan Input dari Keyboard
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
Pengaksesan File Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
INTERFACE Pertemuan 005.
BAB XI EXCEPTION HANDLING.
Dosen : Bella Hardiyana, S. Kom
Algoritma & Pemrograman 1
JAVA FUNDAMENTAL Dhea Raniasti.
Mendapatkan input dari keyboard
Tugas Minggu Ke 9 PBO Siti Halisah
Constructor overloading
JAVA FUNDAMENTAL (Method)
THREAD Pertemuan 9.
S. Indriani Lestariningati, M.T
Method.
Pertemuan 9-11 Array.
OPERASI FILE & EXCEPTION HANDLING
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pengenalan dan Struktur Java (Operator dan Input)
PENERAPAN DASAR-DASAR SYNTAX JAVA
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
JAVA FUNDAMENTAL (Array / Larik)
JAVA FUNDAMENTAL.
291.
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Dasar Bahasa Java.
Pilar Object Oriented Programming
Tugas Akhir Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Pilar Object Oriented Programming
Contoh.
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #2 HUMANIKA
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #3 HUMANIKA
Method Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom, M.Kom.
Pilar Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek <PBO>
OOP ENKAPSULASI SMKN 2 SINGOSARI Kelas XI RPL.
Mendapatkan input dari keyboard
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Pertemuan 9-11 Array.
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

INPUT DATA DI JAVA

CONTOH PROGRAM INPUT (CONSOLE) import java.io.*; public class InputConsole { /*………………………… letakkan fungsi/prosedur untuk input disini */ public static void main(String[] args) String Nama; int Umur; System.out.print("Masukkan Nama : "); Nama = InputConsole.readString(); System.out.println("Nama anda adalah "+Nama); System.out.print("Masukkan Umur : "); Umur=InputConsole.readInt(); System.out.println("Umur anda "+Umur); }

PROSEDUR INPUT STRING public static String readString() { BufferedReader bfr = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in),1); //Menginisialisasi String String string= " "; //Mengambil String dari keyboard try string=bfr.readLine(); } catch(IOException ex) System.out.println(ex); //Mengambil string hasil pembacaan dari keyboard return string;

PROSEDUR INPUT INTEGER //Mengambil nilai int dengan parsing string //input dari keyboard public static int readInt() { return Integer.parseInt(readString()); }

PROSEDUR INPUT INTEGER //Mengambil nilai float dengan parsing string //Input dari Keyboard public static float readfloat() { return Float.parseFloat(readString()); }

pembuatan JFRAME (GUI)

desain JFRAME

Component yang bisa digunakan

CONTOH DESAIN LAYOUT

PENGATURAN PROPERTI/EVENT

CONTOH PENANGANAN EVENT private void okActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: int Usia; Usia = Integer.parseInt(umur.getText()); String keterangan; if (Usia>=0 && Usia<=5) keterangan="Balita"; else if (Usia>5 && Usia<=12) keterangan="Anak-anak"; else if (Usia>12 && Usia<=21) keterangan="Remaja"; else if (Usia>21 && Usia<=50) keterangan="Dewasa"; else keterangan="Tua"; ket.setText(keterangan); }