Harmoni konvensional Harmoni modern

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Irvan Loekito Andrew Justin Christine Triana Sera Marshella FC
Advertisements

EKSPRESI MELALUI KEGIATAN BERMUSIK
TEKNIK VOKAL.
MENGAJARKAN ANAK TENTANG SUARA
PIANIS AMATIR Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (
Harmoni dan Akor.
ANSAMBEL MUSIK By Sabina Arlien.
TANGGANADA diatonis dan pentatonis
KOMPOSISI MUSIK PERKUSI
Seni Budaya Musik dan Unsur-unsurnya
Alat Musik Tradisional: Kolintang
PERATURAN BARIS BERBARIS
TEKNIK VOKAL DAN PADUAN SUARA
Seni budaya musik dan unsur-unsurnya
TANGGANADA MAYOR BER KRES (#)
MUSIK UNTUK ANAK BEGERAK DALAM MUSIK.
ARANSEMEN MUSIK.
BIRAMA SEBAGAI UNSUR DASAR IRAMA
BERKARYA DALAM MUSIK.
Keunikan Lagu Nusantara
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA
Riset Operasional - dewiyani
Nyanyian pada tari saman, terdapat 5 macam nyanyian :
Ujian Semester Mata Kuliah : Pendidikan Seni di SD
WISMA NIATI PERMATASARI, Karya-karya Lagu Keroncong Asli Ciptaan Kelly Puspita (Kajian Estetika Musik)
Ritme / Irama dan Unsur-unsurnya
MENAMPILKAN KARYA SENI MUSIK
BAB IV MENAMPILKAN KARYA SENI MUSIK
Dasar Pembentukan Tangga Nada & Chord
TEKNIK OLAH VOKAL.
DASAR-DASAR ANALISA VEKTOR
MATEMATIKA DASAR.
MUSIK MANCANEGARA PENDAHULUAN MATERI SOAL.
Seni budaya Anggota Kelompok Presentasi.
BILANGAN BULAT Bilangan Bulat Operasi Hitung pada Bilangan Bulat
Teknologi Dan Rekayasa
TEHNIK-TEHNIK PENYUSUNAN LKS Di Sampaikan Kepada Guru-Guru PAB
Notasi Gregorian 590 belum ada panjang nada
Harmoni konvensional Harmoni modern
Identifikasi Jenis Suara pada Manusia
Disampaikan Oleh WING W PANDU
MELAKSANAKAN PEKERJAAN PEMBESIAN
ORGANISASI DAN MANAJEMEN II
METODE PENGEMBANGAN FISIK
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
AKOR (chord) DISUSUN OLEH WING W PANDU
ARRANSEMEN DISUSUN OLEH WING W PANDU
Angklung Adalah Warisan Dunia
Pelatihan Pemandu Nyanyian Jemaat
SENI TARI DASAR SENI TARI.
MUSIK MANCANEGARA DI ASIA
Arif hidayat Gerak Pada Garis Lurus Arif hidayat
PRA – KALKULUS.
DASAR-DASAR MENYANYI OLEH : ANTAMA B.,M.Pd.
Asyiknya belajar fisika
Technical Meeting USAC -Cabang Paduan Suara-
Kreasi musik Kelas XI.
Membuat Lagu Sederhana FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Pertemuan 17 SAMBUNGAN KAYU
PENTAKSIRAN DALAM PENDIDIKAN JASMANI (Ujian Kecergasan)
SENI MUSIK (Musik Diatonis dan Lagu Wajib/Lagu Nasional)
Peta Konsep. Peta Konsep A. Barisan dan Deret Aritmatika.
Kreasi musik Kelas XI.
TEORI MUSIC DAN INSTRUMEN OLEH : MUHAMMAD HADIATUR RAHMAN UKM MUSIK KM 3,5 UNIVERSITAS MADURA 2018 DIKLAT ANGGOTA BARU UKM 3,5 UNIRA.
Menganalisis musik non tradisional berdasarkan simbol, dan nilai estetisnya.
Kesetimbangan (Equlibrium)
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan definisi seni musik, dan menyebutkan serta menjelaskan unsur-unsur seni.
Bermain Musik Ansambel Campuran Seni Budaya Kelas VII.
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA KOMPETENSI Siswa mampu menjelaskan definisi seni musik, dan menyebutkan serta menjelaskan unsur-unsur seni musik.
Transcript presentasi:

Harmoni konvensional Harmoni modern Ilmu Harmoni Harmoni konvensional Harmoni modern

Sopran Alto Tenor Bas Mezzo sopran Bariton Harmoni Konvensional Sopran Alto Tenor Bas Mezzo sopran Bariton

Choir/Koor Anggota (Min 25 orang bentuk satb, ssa, ssaa, ttbb, dst) Conductor syarat: Punya jiwa kepemimpinan; Punya kemampuan dan ketrampilan musik

Ambitus Suara Sopran: C1 –C3

Alto: f sampai d2

Tenor: c sampai a1

Bass: F sampai d 1

Letak Resonansi Dada Tengah Kepala

Penulisan dalam notasi balok. Sopran dan tenor ditulis dengan arah tangkai ke atas Alto dan bass ditulis dengan arah tangkai ke bawah

Menentukan nada Inti dari pembuatan aransemen adalah menentukan nada berdasarkan akor yang sudah ditentukan Primary triads

Memberikan chord nada dasar C Exercise 1

Exercise 1 Menggunakan chord G

Exercise 1 Menggunakan chord F

Variasi Chord

Progresi Chord

Progresi Chord Progresi chord yang paling umum I IV V I I ii V I I Vi IV I I Vi ii V I Vi V I I V Vi IV Penggunaan variasi chord M7 [ I dan IV ] M9 [ I , IV , V, ii, dan vi ] m7 [ ii, iii, vi ] Dom 7 [ I lari ke IV, V lari ke I ] III lari ke Vi Dim 7 [ 1# dim7 lari ke ii, atau V#dim7 lari ke Vi ] Chord 11 [ V11 lari ke V lari ke I ]

Buatlah Progresi Chord

Buatlah Progresi Chord

Menentukan nada : Pendobelan nada Prioritas pertama pada nada dasar (tonika) , Perhatikan lagu di bawah ini, nada pertama pada birama pertama, yaitu C mayor prioritas pertama

Pendobelan nada Prioritas ke dua pada nada ke lima (kwint) Contoh: .... Tidak dianjurkan pada nada terts (jarak ke tiga), misalnya C mayor

Jarak nada pada masing-masing jenis suara Usahakan agar jarak Sopran dengan Alto, dan Alto dengan Tenor tidak lebih dari 1 oktaf. Perhatikan contoh lagu pada birama pertama berikut ini:

Jarak nada pada masing-masing jenis suara Jarak tenor dengan bass boleh lebih dari 1 oktaf, misalnya contoh pada birama pertama ketukan ke 4, yaitu:

Jarak nada pada masing-masing jenis suara Posisi Terbuka dan Tertutup Posisi Terbuka artinya antara sopran, alto dan tenor dapat disisipi nada yang lain. Contoh

Jarak nada pada masing-masing jenis suara Posisi Tertutup artinya antara Sopran, Alto dan Tenor tidak dapat disisipi nada yang lain, seperti birama pertama baris ke dua pada lagu di atas

Jarak nada pada masing-masing jenis suara Kedua posisi ini baik terbuka dan tertutup tidak ada yang dilarang tetapi dianjurkan diguna-kan secara bergantian, artinya dalam satu aransemen keduanya bisa digunakan secara bersama-sama

Arah Pergerakan Nada Vertikal Vertikal berarti apabila ditarik garis lurus ke atas, nada-nadanya merupakan isi dari akor yang ditentukan. Horisontal Horisontal artinya deretan nada dalam setiap jenis suara hendaknya bersifat melodis, artinya interval nadanya mudah dinyanyikan, maka dari itu biasanya dicari nada yang paling dekat.

Overlapping. Dalam penggarapan aransemen SATB tidak diperbolehkan terjadi overlapping antara suara sopran, alto, tenor, dan bass. Contoh:

Paralel kwint dan oktaf Dalam penggarapan aransemen paduan suara, parallel kwint dan oktaf tidak diperbolehkan karena seharusnya dua jenis suara dapat bergerak sendiri-sendiri dan tidak terikat kebebasannya.

Paralel Oktaf Paralel yang tidak diperbolehkan misal adalah paralel oktaf untuk suara sopran dan bass dibawah ini. Ini berarti terjadi pendobelan suara melodi, maka hal ini harus dihindari. Contoh

Kadens (cadence) Kadens Adalah: Ragam Kadens Perfect Cadence IV –V – I Half Cadence V – I Plagal Cadence IV-I

Langkah-langkah menyusun aransemen paduan suara SATB Tentukan Suara Bass berdasarkan chord Buatlah pergerakan melodi bass yang berlawanan dengan suara Sopran (melodi pokok). Hati-hati hindarilah parallel kwint maupun paralel oktaf Setelah selesai menentukan suara bass, coba nyanyikan agar bisa diketahui kemelodisannya

Langkah-langkah menyusun aransemen paduan suara SATB 2. Tentukan suara tengah suara tengah, yaitu alto atau tenor Perhatikan prinsip penyusunan suara tengah Usahakan agar secara vertikal, nada-nadanya dapat selengkap mungkin sesuai dengan jenis akornya. Perhatikan prinsip pendobelan nada

Langkah-langkah menyusun aransemen paduan suara SATB Hindari overlapping tips Nyanyikanlah berulang-ulang Apabila suatu kalimat lagu perlu penekanan bisa disusun secara unisono

Aransemen SATB