Algoritme dan Pemrograman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 2 Struktur Dasar.
Advertisements

Dosen : Rinci Kembang Hapsari, S.Si
Flowchart (1) Mata Kuliah: Dasar Pemrograman
Praktikum Bahasa Pemrograman Pertemuan #1 Program Sarjana Alih Jenis Departemen Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor 2011.
Algoritme dan Pemrograman
Struktur Kondisi dan Perulangan
Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.
ALGORITMA DEFINISI & FLOWCHART
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Algoritma dan Struktur Data
Flowchart dan Pseudocode
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
Algoritme dan Pemrograman
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002 ] Pertemuan 01.
III. STRUKTUR KONTROL.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
ALGORITMA DAN BILANGAN BULAT
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
Notasi Algoritma.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
1 Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002] Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu :  Memahami struktur kendali pengulangan (looping)
Algoritma dan Pemrograman
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
P ERTEMUAN K E -2 T UGAS K ELOMPOK 3.2 A LGORITMA & P ROGRAM P EMBAGI TEKECIL SUATU BILANGAN.
PHP? PHP adalah server-side web programming
Algoritme dan Pemrograman
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
Penulisan Algoritma dan Flowchart
Flowchart (Diagram Alur)
Dasar-dasar Algoritma Dan Representasi Algoritma
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
Notasi Algoritma & Tipe Data
Algoritma & Pemrograman
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
Algoritme dan Pemrograman
Struktur Seleksi (Percabangan)
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Algoritme dan Pemrograman
penyusunan algoritma (flowchart)
Flowchart.
Aliran Kendali (Flow Control)
Algoritme dan Pemrograman
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Remainder Senin depan mulai UTS Praktikum
Latihan #0 Dengan menggunakan pernyataan looping WHILE dan jumlah instruksi sesedikit mungkin, tuliskan cuplikan program (bukan program lengkap, hanya.
Algoritme dan Pemrograman
Pengendalian Proses : Perulangan /Looping
Algoritme dan Struktur Data
Tipe data & Variabel 1. Aturan Leksikal. 2. Operator. 3. Statement
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
Pertemuan ke 9.
Algoritma dan Pemrograman (Pertemuan 04)
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Tipe data & Variabel 1. Aturan Leksikal. 2. Operator. 3. Statement
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
Algoritme dan Pemrograman
Bab 2 Struktur Dasar.
Keterampilan komputer 1AB
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
PHP.
Kenalan Alghoritma Wahab Sya’roni, M.Kom
Algoritma dan Struktur Data
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu.
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
Transcript presentasi:

Algoritme dan Pemrograman Kuliah #2 Penulisan algoritme Pseudocode Menentukan output suatu algoritme ILKOM IPB

Apakah Learning Center Salah satu kunci sukses dalam Algoritme dan Pemrograman adalah banyak berlatih soal. Learning Center adalah sebuah situs web yang berisi latihan-latihan soal Algoritme dan Pemrograman. Mahasiswa dapat berlatih mengerjakan soal, mengumpulkan, melihat nilai, melihat top scorer, dan mengukur kemajuannya sendiri. DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Manfaat Learning Center Soal-soal dalam Learning Center harus dikerjakan secara kontinu setiap minggu, bukan Sistem Kebut Semalam. Dengan terbiasa mengerjakan soal pada Learning Center mahasiswa akan terlatih logika dan teknis pemrogramannya sehingga siap menghadapi ujian tertulis dan ujian praktikum. Pada Learning Center dosen dapat melihat siapa saja yang sudah mencoba, siapa yang belum sama sekali, siapa yang malas, dan siapa yang rajin setiap minggunya. Semua mahasiswa kelas paralel dapat bersaing untuk menjadi top scorer dan mengharumkan namanya sendiri (tentu juga nama kelasnya) pada Learning Center Pengerjaan soal Learning Center adalah syarat untuk dapat mengikuti ujian praktikum. DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Review: Algoritme dan Program Algoritme  langkah-langkah yang disusun secara berstruktur dan terurut untuk menjawab suatu persoalan dengan menggunakan bahasa manusia. Program Komputer: Instruksi terstruktur yang disusun dan diberikan kepada komputer untuk dilaksanakan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, misalnya C, Pascal, Basic, dsb. Implementasi dari algoritme yang telah disusun sebelumnya. DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Pseudocode Pseudocode merupakan salah satu cara penulisan algoritme yang baku, dengan tujuan agar ide dan logika algoritme tersebut dapat disampaikan dengan mudah. Lebih mirip (tetapi tidak sama) dengan suatu bahasa pemrograman tertentu. PseudoC (alias pseudocode C) adalah pseudocode yang banyak mengadopsi tata aturan bahasa pemrograman C. DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Contoh #1 Menjumlahkan dua bilangan bulat // Algoritme menjumlahkan dua bil.bulat procedure jumlah { read(a, b); c = a+b; print(c); } DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Contoh #2 Menentukan bilangan terkecil // Algoritme menentukan bilangan terkecil // dari tiga bilangan procedure kecil3 { read(a, b, c); if (a<b) && (a<c) print(a); else if (b<c) print(b); else print(c); } DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Elemen Pseudocode Variabel Perintah atau instruksi Assignment atau penugasan dan ekspresi Struktur kendali aliran Komentar DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Elemen Pseudocode: VARIABEL Variabel adalah elemen dari algoritme untuk menyimpan nilai tertentu pada suatu saat, dan pada saat yang lain nilai ini dapat diubah menjadi nilai lainnya sesuai kebutuhan. Dituliskan dengan suatu nama yang unik, terdiri dari alphanumeric tetapi harus dimulai dengan huruf. Case-sensitive Contoh: a, b, c, n, sum, ..... Pada contoh #1, mana saja yang termasuk variabel? DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Elemen Pseudocode: INSTRUKSI/PERINTAH Perintah/instruksi adalah satuan operasional dari suatu algoritme. Dinyatakan dalam kalimat sehari-hari yang mudah dipahami dan konsisten. Contoh: read(a,b,c); print(sum); DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Elemen Pseudocode: ASSIGNMENT dan EKSPRESI Assignment atau penugasan adalah pemberian nilai pada sebuah variabel, dapat berupa nilai literal, nilai dari variabel lain, atau nilai suatu ekspresi. Ekspresi adalah operasi yang akan menghasilkan nilai untuk diberikan pada suatu variabel. Ekspresi ini dapat berupa aritmatika maupun logika. Contoh: sum = 0; x = n; sum = sum + x; DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Elemen Pseudocode: STRUKTUR KENDALI ALIRAN Struktur kendali aliran adalah suatu bentuk atau struktur yang memiliki peranan khusus untuk mengatur atau mengendalikan urutan pengerjaan satu atau lebih operasi atau instruksi. Struktur kondisi (conditional): if, if – else, switch Struktur pengulangan (looping): for, while Struktur lainnya: continue, exit, return DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Elemen Pseudocode: KOMENTAR Komentar adalah suatu catatan tambahan yang dituliskan ke dalam algoritme dengan tujuan untuk memperjelas, tetapi tidak mempengaruhi operasi apa pun didalam algoritme. Diberi notasi awal ”//” Dapat dituliskan di bagian mana saja dalam suatu algoritme. Contoh: // Algoritme menjumlahkan dua bil.bulat DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Contoh #3 Masalah dan Perumusannya Buat algoritme menentukan apakah suatu bilangan bulat habis dibagi oleh a (a>0) Pemecahan masalah: Untuk menentukan apakah satu bilangan (misal b) habis dibagi oleh a, dapat dilakukan dengan menentukan sisa pembagian, yaitu menggunakan operasi modulo (mod). Jika bilangan b mod a=0 maka bilangan b tersebut berarti habis dibagi oleh a, dan algoritme akan mencetak teks YA. Selainnya, akan mencetak teks TIDAK. DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Contoh #3 Algoritme // Memeriksa apakah b habis dibagi oleh a procedure habisDibagi { read(b,a); t = b mod a; if (t==0) // memeriksa apakah t=0 print(" YA"); else print(" TIDAK"); } DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Contoh #4 Masalah dan Perumusannya Buat algoritme mencetak bilangan 1, 2, 3, sampai dengan n (n>0) Perumusan masalah: Masalah ini mirip dengan mesin penghitung (counter) yang biasa digunakan oleh pramugari pesawat atau penjaga pintu bioskop untuk menghitung jumlah penumpang pesawat atau penonton yang masuk gedung bioskop. Saat mau digunakan, counter diset nilai 0 (disebut inisialisasi, misalnya c=0). Setelah itu, tombol ditekan sehingga nilai sebelumnya bertambah dengan 1 (c=c+1). Hal ini dilakukan seterusnya selama (while) c kurang dari n sambil mencetak nilai c. DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Contoh #4 Algoritme // Mencetak bilangan 1, 2, sampai dengan n procedure printN { read(n); // sampai bilangan berapa? c = 0; // insialisasi while (c<n) { // selama c kurang dari n c=c+1; // nilai c sebelumnya ditambah 1 print(c); } DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Men-trace algoritme Men-trace algoritme adalah suatu proses untuk menelusuri langkah demi langkah dari suatu algoritme dan menentukan output akhirnya. Dalam pemrograman, proses ini disebut juga sebagai proses debug. Tips: Ikuti langkah demi langkah Catat setiap perubahan nilai dari suatu variabel Jika menemukan suatu pola tertentu, maka output akhir dapat langsung ditentukan tanpa mengikuti algoritme sampai selesai (hanya dilakukan oleh orang yang sudah sangat memahami algoritme) DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Contoh men-trace algoritme // Misal input n=4 procedure printN { read(n); c = 0; while (c<n) { c=c+1; print(c); } n 4 c 1 2 3 4 output 1 2 3 4 STOP DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

LATIHAN #1 Masalah: Buat algoritme mencetak hasil perhitungan b2-4ac. Contoh input (nilai a b c): 2 3 4 Contoh output: -23 DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

LATIHAN #2 Masalah: Buat algoritme mencetak bilangan bulat ganjil (gasal) dari 1 sampai dengan n. Contoh input: 8 Contoh output: 1 3 5 7 DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

LATIHAN #3 Masalah: Buat algoritme mencetak bilangan bulat dimulai dari n sampai dengan 1. Contoh input: 5 Contoh output: 4 3 2 1 DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR

LATIHAN #4 Masalah: Buat algoritme menghitung jumlah dari beberapa bilangan bulat. Input: Beberapa bilangan bulat dan diakhiri dengan nilai minus 99 atau -99 (bilangan terakhir ini tidak dijumlahkan) Output: Jumlah dari bilangan masukan selain bilangan terakhir (minus 99) Contoh input: 20 -8 0 26 37 14 -99 Contoh output: 89 DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR