Nama : Luqman Tri N No : 15 Kelas :XII.Ips6

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kelas : XI IPA 4 Jajar Martono
Advertisements

Ka Dinas Dikpora DIY DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA
PENINGGALAN – PENINGGALAN SEJARAH BERCORAK ISLAM
Assalamualaikum Wr.Wb. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم.
Sekolah Standar Nasional (SSN) Mata Pelajaran : Bahasa &stra Indonesia Selamat Datang di SMP Negeri 7 Jakarta Sekolah Standar Nasional (SSN) Mata.
TEATER RAKYAT INDONESIA
TEORI DRAMA oleh: Nina Kartini Rahdiana.
WAYANG DALAM PENDIDIKAN FORMAL
Apresiasi Wayang Orang
BUDAYA HINDU Mamahami Seni Keagamaan Hindu.
SENI TEATER.
MUSIK DAERAH SETEMPAT.
B. MAKNA DAN PERANAN TEATER DALAM KONTEKS BUDAYA DAERAH.
MESIR KUNO TERRY IRENEWATY, M.Hum.
maulfisr.lecture.ub.ac.id Apresiasi Budaya Jawa maulfisr.lecture.ub.ac.id.
By : Anggraeni Sari (8.3/04) Benedicta Alvina K (8.3/06)
Wayang Golek Kebudayaan Asli Indonesia
WAYANG KULIT maulfisr.lecture.ub.ac.id.
DIAN PURBARINI, Keanekaragaman Bentuk Panakawan Wayang Kulit Purwa.
PENGANTAR.
APRESIASI KARYA SENI TEATER
Menanggapi Informasi dari Rubrik
SENI RUPA TIMUR SENI – SENI ASIA TENGGARA Pertemuan 13
AKULTURASI BUDAYA LOKAL,HINDU-BUDDHA DAN ISLAM
Musik tradisi mancanegara
ASSALAMU’ALAIKUM WR……WB. Pendidikan agama islam OLEH : KELOMPOK: 4 (EMPAT) KELAS: 1 A NAMA: ALIP MARYONO DWI PAJAR B IRAWATI RISTIANINGSIH SATITI HANING.
Islamisasi dan silang budaya di Nusantara
Teori Penyebaran Hindu-Budha
Pertemuan ke-5.  Budaya adalah ciptaan manusia, tapi budaya menguasai kehidupan manusia, karena itu kebudayaan disebut superorganik  Contoh: manusia.
PERKEMBANGAN ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA.
SEJARAH INDONESIA.
Aliyana afiyati kautsar Anissa silviana novita
sejarah masuknya islam di nusantara
Ragam Kesenian Tradisional JOGJA
Menjelaskan mengenai kesenian mamanda
Cerita & Figur Panji Cerita Panji adalah harta karun terpendam yang dimiliki Jawa Timur. Lahir di Kediri, berkembang sejak zaman Majapahit, kemudian menyebar.
Sarah Anaïs Andrieu Universitas Tirtayasa 1 Agustus 2017
KOMPETENSI DASAR Tinjauan Seni Tradisi dan Seni Modern
ILMU BUDAYA DASAR Yanti Trianita S.I.Kom.
MODEL TINJAUAN TRANSFORMASI BUDAYA
Teori Penyebaran Hindu-Budha
Angklung Adalah Warisan Dunia
PINTU MASUK DAN SALURAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA REGINA PACIS SURAKARTA
TUGAS TEKKOM “SENI TARI SALAH SATU BAGIAN DARI KEBUDAYAAN INDONESIA”
PERGELARAN/ TUGAS AKHIR
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS
Analisis Eksistensi Wayang Sebagai Identitas Nasional
Menanggapi pementasan drama
Membudayakan Seni Budaya Daerah Banjar
Tari Golek Manak Warisan Seni dan Budaya Yogyakarta
MERANCANG KARYA SENI TEATER
Kebudayaan Jawa Pra Islam Pada Masa Budha
KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM
Hakikat, karakteristik dan perbedaan Drama, Puisi dan Prosa
Proses Masuknya Pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia.
Saya dan kelompok saya akan menceritakan tentang sunan ampel.
ARSITEKTUR AGAMA HINDU - BUDDHA DI INDONESIA.
Robiatul adawiyah XI IPS 2.
TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA
Nama : AINA LIESYEIFILLA HABIBAH Npm :
Sa hyunh.
Summative Assessment Unit 3
BUDAYA HINDU Mamahami Seni Keagamaan Hindu.
BBM 3104 Kuliah 1 (M1) Pengertian bahasa Melayu Klasik
PERKEMBANGAN NEGARA TRADISIONAL BERLATAR BELAKANG HINDU-BUDHA
Interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Budha
SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SK/ KD Materi.
Seni Rupa Seni Budaya Imam Agus Saputra
ISLAMISASI DAN SILANG BUDAYA DI NUSANTARA Oleh :.
Transcript presentasi:

Nama : Luqman Tri N No : 15 Kelas :XII.Ips6 Wayang kulit Nama : Luqman Tri N No : 15 Kelas :XII.Ips6

Definisi wayang kulit WAYANG adalah salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Budaya wayang meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang. Budaya wayang, yang terus berkembang dari zaman ke zaman, juga merupakan media penerangan, dakwah, pendidikan, hiburan, pemahaman filsafat, serta hiburan.

Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh muzik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan temabng yang dinyanyikan oleh para pesinden.

Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disuluhkan lampu eletrik atau lampu minyak (dian), sehingga para penonton yang berada disebelah berlawanan layar dapat melihat bayangan wayang yang berada ke kelir. Untuk dapat memahami cerita wayang (lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar.

Asal Usul Wayang Kulit Ada dua pendapat mengenai asal – usul wayang. Pertama, pendapat bahwa wayang berasal dan lahir pertama kali di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Pendapat ini selain dianut dan dikemukakan oleh para peneliti dan ahli-ahli bangsa Indonesia, juga merupakan hasil penelitian sarjana-sarjana Barat. Di antara para sarjana Barat yang termasuk kelompok ini, adalah Hazeau, Brandes, Kats, Rentse, dan Kruyt.

seni wayang masih amat erat kaitannya dengan keadaan sosiokultural dan religi bangsa Indonesia, khususnya orang Jawa. Panakawan, tokoh terpenting dalam pewayangan, yakni Semar, Gareng, Petruk, Bagong, hanya ada dalam pewayangan Indonesia, dan tidak di negara lain.

pendapat kedua menduga wayang berasal dari India, yang dibawa bersama dengan agama Hindu ke Indonesia. Mereka antara lain adalah Pischel, Hidding, Krom, Poensen, Goslings, dan Rassers. Sebagian besar kelompok kedua ini adalah sarjana Inggris, negeri Eropa yang pernah menjajah India.

Kelahiran Wyang Kulit Mengenai saat kelahiran budaya wayang, Ir. Sri Mulyono dalam bukunya Simbolisme dan Mistikisme dalam Wayang (1979), memperkirakan wayang sudah ada sejak zaman neolithikum, yakni kira-kira 1.500 tahun sebelum Masehi. Pendapatnya itu didasarkan atas tulisan Robert von Heine-Geldern Ph. D, Prehis­toric Research in the Netherland Indie (1945) dan tulisan Prof. K.A.H. Hidding di Ensiklopedia Indone­sia halaman 987.

Masuknya agama Islam ke Indonesia sejak abad ke-15 juga memberi pengaruh besar pada budaya wayang, terutama pada konsep religi dari falsafah wayang itu. Pada awal abad ke-15, yakni zaman Kerajaan Demak, mulai digunakan lampu minyak berbentuk khusus yang disebut blencong pada pergelaran Wayang Kulit.

Tokoh Wayang Kulit Batara Guru 20 November 2009 oleh Putra Lokajaya Batara Guru (Manikmaya, Dewa Siwa) merupakan Dewa yang merajai kahyangan. Dia yang mengatur wahyu kepada para wayang, hadiah, dan ilmu-ilmu. Batara Guru mempunyai sakti (istri) Dewi Uma, dan mempunyai beberapa anak.

Berikut adalah urutan anak-anak Batara Guru, dimulai dari yang paling sulung (menurut tradisi wayang Jawa): Batara Sambu Batara Brahma Batara Indra Batara Bayu Batara Wisnu Batara Ganesha Batara Kala Hanoman

Foto-Foto Wayang Kulit

Vidio Wayang