Peranan Psikologi Lintas Budaya dalam Mengembangkan Psikologi di Indonesia Kuliah Pendahuluan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Psikologi sebagai Ilmu
Advertisements

UNSUR UNSUR MASALAH PENELITIAN
Isyu-isyu penting dalam teori Kepribadian.
Ilmu Budaya Dasar Tim Pengajar IBD FH – UI.
Ulasan Jenis Etika Ika Rahma S.
Tinjauan Kepustakaan.
MEMILIH METODE PENELITIAN
Pendidikan Kewarganegaraan
PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA PENDAHULUAN BY: SAFITRI
Penentuan Subjek dan Sumber Data
SEJARAH, KEBUDAYAAN, IPTEK DAN MASALAH SOSIAL
DEPARTEMEN PENDIDIKAN
Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan
HIPOTESIS Dr. Chairul Anam, SE, MS.
PENGANTAR AKUNTANSI KEPERILAKUAN
MODERNISASI Mencakup suatu proses transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam artian teknologis serta organisasi sosial.
PENGENALAN PENELITIAN
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
MATERI (I) PENGANTAR DASAR-DASAR SOSIOLOGI
Bagan Arus Kegiatan Penelitian
KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA.
Psikologi lintas budaya
Identitas Nasional.
MEDIA DAN IDENTITAS Pandangan Media Tentang Ras dan Kesukuan Dalam Pemantapan & Pengembangan Nilai-Nilai Demokrasi Prof. Erman Anom, Ph.D.
Matakuliah : O0174/Komunikasi Antar Budaya
LANDASAN KURIKULUM DEDE ROSYADA.
Antropologi Psikologi
Metode Penelitian Perkembangan Manusia
PRINSIP–PRINSIP Perkembangan
EPISTEMOLOGI ADMINISTRASI
Muktikulturalisme sebagai Basis Integrasi Nasional
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
MEMILIH METODE PENELITIAN
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Komunikasi Lintas Budaya
KEMAJEMUKAN BANGSA INDONESIA
Minggu ke I Lia Aulia Fachrial, S. Psi., M. Si
Pembelajaran ips di sd.
Pertemuan ke-11 TERAPAN DAN ANTROPOLOGI PEMBANGUNAN
Ilmu Sosial Dasar.
Psikologi Lintas Budaya
STUDI KUALITATIF.
Antropologi.
Pertemuan 1 S1 PGSD UNEFA Yuni Mariani Manik, S.Pd., M.Pd.
Psikologi Lintas Budaya
PENELITIAN KUALITATIF
Kajian dan Kerangka Kerja Umum dalam Psikologi Lintas Budaya
ISD Sebagai salah satu MKDU (MATA KULIAH DASAR UTAMA)
METODOLOGI PENELITIAN PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA
BIAS BUDAYA DAN AGAMA DALAM “KLAB”
Mengkaji sejarah masyarakat atau kemasyarakatan
DEPARTEMEN PENDIDIKAN
Ketahanan Nasional & Identitas Nasional
IDENTITAS NASIONAL MASYARAKAT MADANI
ANTROPOLOGI BUDAYA Pertemuan ke 3 “Metode Ilmiah Antropologi”
INTEGRASI SOSIAL DAN NASIONAL DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL
Kebudayaan dan Masyarakat - 2
Kuliah Metodologi Penelitian S-1 Manajemen FE UNEJ
PERAN KONTEKS DALAM PENGAJARAN BAHASA
Kedudukan dan Peran Pancasila bagi Bangsa Indonesia
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
PERBANDINGAN SISTEM ADMINISTRASI NEGARA
Keberagaman Budaya - SMA 71 Jakarta // Muatan Lokal
Psikologi Lintas Budaya
TEORI DAN METODE PENELITIAN
ANTROPOLOGI.
Ulasan Jenis Etika Ika Rahma S.
TEORI DAN METODE PENELITIAN ANTROPOLOGI BUDAYA
Persamaan dan Perbedaan. Dalam konseling lintas budaya, budaya atau kebudayaan (culture) meliputi tradisi, kebiasaan, nilai-nilai, norma, bahasa, keyakinan.
Transcript presentasi:

Peranan Psikologi Lintas Budaya dalam Mengembangkan Psikologi di Indonesia Kuliah Pendahuluan

Cross Cultural Psychology: Research & Applications Psikologi lintas budaya sebagai kritik terhadap keuniversalan teori-teori psikologi barat Relevansi psikologi lintas budaya untuk mempelajari manusia Indonesia Beberapa tantangan bagi peneliti psikologi lintas budaya di Indonesia

Pembahasan ini akan ditinjau dari: Psikologi lintas budaya sebagai kritik terhadap keuniversalan teori-teori psikologi barat PLB  rasa ketidakpuasan peneliti psikologi di Barat tentang pernyataan bahwa: teori psikologi bersifat UNIVERSAL Pembahasan ini akan ditinjau dari: Sejarah perkembangan psikologi lintas budaya di Barat Perkembangan sikap peneliti non-Barat terhadap perkembangan psikologi lintas budaya

Perkembangan Psikologi Lintas Budaya di Barat Awalnya: sifat keuniversalan psikologi  kritik dari para antropolog Contoh: Kritik Malinowski terhadap teori Oedipus complex (Freud) Anak lelaki remaja Kep. Trobiand  benci pada paman dari pihak ibu Karena: paman sebagai penegak disiplin bagi anak di Kep. Trobiand

Perkembangan Psikologi Lintas Budaya di Barat Perkembangan  lambat Asumsi: budaya Barat  superior Etnosentrisme peneliti Barat “psikologi orang primitif” Periode setelah tahun 1970  penelitian-penelitian psikologi lintas budaya banyak menyertakan peneliti non Barat  Konsep yang khas dari kebudayaan yang diteliti ikut diperhitungkan  Namun, dana masih dari Barat (78%), arah penelitian tergantung penyandangan dana

Perkembangan sikap peneliti non-Barat dalam penelitian psikologi lintas budaya Tahap pertama: Peneliti  menerima pendidikan dari negara Barat Manfaat penelitian: untuk latihan Tahap kedua: Peneliti negara Barat  mengajak peneliti non Barat ikut dalam tim penelitian Mengkaji penelitian secara kritis Tahap ketiga: Peneliti non Barat aktif dalam penelitian untuk mengembangkan teori maupun metode penelitian Contoh: penelitian psikologi sosial di Amerika Selatan penelitian ttg kemiskinan & perkembangan nasional di India; dll

Perkembangan Psikologi Lintas Budaya Pada tahap tiga: Penelitian psikologi lintas budaya mempunyai dua perhatian Ikut berpartisipasi dalam mencari teori-teori psikologi yang bersifat universal dimana kekhasan budaya memberikan sumbangan Mengembangkan teori psikologi yang relevan untuk menjawab kebutuhan masyarakat  Indigenous psychology

Relevansi Psikologi Lintas Budaya untuk mempelajari manusia Indonesia Bagaimana rumusannya? Kendala: Bangsa Indonesia  banyak etnik; karakteristik yg bervariasi Konsep yg digunakan belum teruji secara empiris Penelitian deskriptif  ciri-ciri dan kualitas pribadi yg dianggap ideal oleh kelompok/etnik tt  jarang  Negara berkebudayaan majemuk  MULTIKULTURAL

Relevansi Psikologi Lintas Budaya untuk mempelajari manusia Indonesia Masyarakat plural berkebudayaan majemuk Memiliki banyak tradisi budaya, dimana pluralisme dihargai (oleh seluruh populasi: kelompok yg mengalami akulturasi dan kebijakan pemerintah) Kekhasan masing-masing budaya dipertahankan

Relevansi Psikologi Lintas Budaya untuk mempelajari manusia Indonesia Masyarakat plural yg tidak berkebudayaan majemuk Usaha-usaha pemerintah atau usaha politik ditujukan untuk mengubah populasi menjadi  HOMOGEN Kekhasan masing-masing budaya cenderung untuk dihilangkan Bagaimana Indonesia? Bhineka Tunggal Ika  masyarakat plural yang majemuk

Relevansi Psikologi Lintas Budaya untuk mempelajari manusia Indonesia Keanekaragaman ini  lahan yang subur bagi penelitian psikologi lintas budaya Budaya; bahasa; tingkat pendidikan; jenis mata pencaharian; agama; kepercayaan; gaya hidup; dll. Sumbangan paling penting dari PLB: Menemukan konsep-konsep yang berlaku umum (etic)bagi manusia Indonesia dengan tetap memperhatikan konsep-konsep yang berlaku hanya untuk kelompok tertentu (emic)

Relevansi Psikologi Lintas Budaya untuk mempelajari manusia Indonesia Menemukan definisi operasional dari manusia Indonesia!! Dengan metode ilmiah dan empiris yang dapat dipertanggungjawabkan Diperlukan banyak penelitian deskriptif  pendekatan emic-etic.

Beberapa tantangan bagi peneliti lintas budaya di Indonesia Adaptasi konsep dan teori Barat agar dapat diterapkan dalam konteks Indonesia Penelitian tentang hubungan antar-kelompok etnik Penelitian tentang efektivitas berbagai program pengembangan di bidang sumberdaya manusia

Menemukan “Obama Indonesia” Indonesia  laboratorium hidup bagi pemahaman psikologi lintas budaya dan psikologi ulayat (indegenous psychology). Obama unggul  muda, inspiratif dan pernah terekspos pada budaya lain sehingga ia punya kepekaan terhadap kesulitan masyarakat. Perspekstif-nya menjadi lebih kaya. Indonesia? Pertikaian antar kelompok; antar pendukung calon kepala daerah; dll. PEMAHAMAN MANUSIA INDONESIA