Mata Kuliah New Media : Perkenalan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Advertisements

Aplikasi Teknologi dalam Pembelajaran Kontrak Kuliah Jurusan Teknik Elektro Universitas Udayana September 2011.
EKPLANASI TOPIK PERTEKOM Didik Haryadi S. Pertemuan 1 Kuliah Pengantar  Misi Perkuliahan.  Desain Perkuliahan.  Kesepakatan Berbagai Aturan Perkuliahan.
Program D1 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika - ITB 3 April 2012.
Desain Grafis Untuk Semua Orang
UT MATERI PENYEGARAN TUTORIAL ONLINE (TUTON) TAHUN 2013.
Desain Web R0312 – Grafik Komputer.
Peminatan Mobile Computing
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
JEJARING SOSIAL (FACEBOOK)
CMT 3112 SEJARAH MEDIA BARU AHLI KUMPULAN : NUR WAJIHAH BT MOHD IZUDDIN C11A210 NOORSUHADA BT BAHARUDIN C11A155 MOHD KHAIRUL HAZIQ BIN MAT DAUD C11A101.
KELOMPOK : HARI CAHYA NUGRAHA ZUAGERI ADHIRAHMANA ALENA RIZKI RATU DEWI AYU M TEDDY MARZEN Technopreneurship.
PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER Triyanna Widiyaningtyas, S.T, M.T 2010.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
Memahami etimologi multimedia
Personel brand and corporate brand
Produksi Multimedia (KMN 504)
Desi Pibriana.
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
K-LINK VIRAL MARKETING Indonesia 2015
SILABUS MATA KULIAH BIOLOGI DASAR
SILABUS MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
ADG4A6 – SDKV V Minggu 1 - Pengantar Kode | Matakuliah DKV TCIS | 2015
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
Konsep Kelas Maya.
Dasar Komputer dan Internet
INTERNET SEBAGAI PERPUSTAKAAN VIRTUAL
SILABUS MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA DI SD
Pengantar TEKNOLOGI INFORMASI
Pemrograman Game.
PROGRAM TEAM KERJA DAN AKTIVITAS USAHA
PENGEMBANGAN MEDIA.
TINJAUAN DESKOMVIS Kode : DKV 217 Bobot : 2 SKS
PEMROGRAMAN PIRANTI BERGERAK
Pengantar Mobile Computing (Sistem Komputasi Bergerak)
KOMUNIKASI MASSA CYBER COMMUNICATION.
APLIKASI Iqbal Izzuddin
REKAYASA WEB MEPA KURNIASIH Pertemuan I
SILABUS MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Komponen E-Learning
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Erizal, S.Si, M.Kom Internet dan Web Erizal, S.Si, M.Kom
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Nama Pengajar | nomor mata kuliah
Rancangan Perkuliahan Semester
AUDIO VISUAL KREATIF Pertemuan ke-1
E-Learning dan Strategi Implementasinya
Universitas dian nuswantoro
SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN
T.Henny Febriana Harumy S.Kom
Mendesain Pembelajaran yang Inovatif untuk Suatu Program Pelatihan
SOCIAL NETWORK (JEJARING SOCIAL)
Interactive multimedia
STATISTIK PROBAB I L ITAS Represented by : & FIRMANSYAH, S. KOM.
Internet dan Web Erizal, S.Si, M.Kom.
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA CETAK
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
SILABUS MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA DI SD
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
Cyber Extension Kementerian Pertanian. Cybex??? Cyber Extension merupakan inovasi media penyuluhan yang cukup efisien dan efektif karena dengan sekali.
Transcript presentasi:

Mata Kuliah New Media : Perkenalan

New Media Mahasiswa mempunyai wawasan dalam pemanfaatan new media dan menghasilkan ide yang inovatif Konsep-konsep dari pengembangan desain new media Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan dasar konsep dan pemikiran tentang new media Mahasiswa dapat membangun dan mengembangkan aplikasi new media yang didasari konsep dan pemikiran yang benar Mahasiswa menghasilkan satu media pendukung berupa new media untuk Tugas Akhir

Peluang Di New Media Semakin berkembangnya aplikasi digital, terutama aplikasi mobile dan web. Transisi ke e-Technology, seperti e-learning, e-government, e-commerce, dll. Perusahaan teknologi mencari startup company yang berpotensi, banyak dari startup ini beranggotakan tidak lebih dari 10 orang awalnya dan mereka mengembangkan “killer application”. AFTA (Asean Free Trade Area) 2015 yang memungkinkan banyak perusahaan teknologi asing yang masuk ke Indonesia, sebagian besar diantaranya akan memerlukan desainer untuk aplikasi digital. Perkembangan wearable device, seperti smartwatch dan smartglasses, yang memerlukan desain khusus untuk UX dan UInya.

New media Media yang digunakan untuk menjelaskan kemunculan media yang bersifat digital, terkomputerisasi, dan berjaringan sebagai efek dari semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Arshano sahar (2014)

New media Ciri-ciri media baru menurut Denis McQuail (2011). Adalah saling keterhubungan (interkonetivitas) Aksesnya terhadap khalayak individu sebagai penerima maupun pengirim pesan Interaktivitasnya Kegunaan yang beragam sebagai karakter yang terbuka

Peluang Di Bidang New Media (contoh) Facebook Pertama kali dikembangkan oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz and Chris Hughes pada tahun 2004 WhatsApp Dikembangkan pada 2009 oleh 2 orang, Brian Acton and Jan Koum Dibeli Facebook pada Februari 2014 dengan harga US$19 billion. Waze (GPS-based app+social network) dikembangkan pertama kali oleh 3 orang, yaitu Uri Levine, Ehud Shabtai, and Amir Shinar pada tahun 2008 Pada 2013, Google membeli Waze seharga $966M Netflix DLL

Materi 1 – planning and costing (Vaughan, 2011) 2 – designing and producing (Vaughan, 2011) 3 – testing (Vaughan, 2011) 4 – delivering (Vaughan, 2011) 5 – game (Koster, 2014), (Schell, 2008), (Fullerton, Swain, & Hoffman, 2004), (Crawford, 2003) 6 – multimedia instruksional (Lee & Owens, 2004) 7 – multimedia storytelling (Glebas, 2009), (Jackson, 2010) 8 – desain aplikasi digital (Mathis, 2011), (Nodder, 2013), (Neil, 2014), (McInnes, 2011) 9 – desain user experience dan user interface (Mathis, 2011), (Nodder, 2013), (Neil, 2014), (McInnes, 2011) 10 – web

Model Perkuliahan Fokus ke diskusi, pengembangan konsep dan riset, bukan tutorial Perkuliahan teori untuk memperdalam konsep dan metode Adanya kelompok-kelompok yang meneliti topik yang spesifik

Hasil Perkuliahan Tahapan detail dalam pengembangan desain multimedia. Minimal satu media pendukung atau prototype media utama (dalam bentuk new media) untuk skripsi. Minimal 3 tinjauan pustaka dari jurnal dan 7 dari buku.

Research Area Interface design Digital packaging design Multimedia based advertising design Animation and visual effects Virtual reality, visualization and simulation design Video and film production Interactive and digital art Multimedia learning Multimedia elements design Game design Creative contents Web and mobile User experience dan user interface design

Ketentuan Kuliah Absen : minimal 75% kehadiran (11x masuk dari 14x pertemuan) Persentase Penilaian Tugas : 40% UTS : 30% UAS : 30%

Contact Noor Hasyim, M.Ds Bidang minat : Game tecnology and Mulimedia Email : noor.hasyim@dsn.dinus.ac.id HP : 085727368128