IT132 Dasar-dasar Pemrograman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemograman berorientasi prosedur merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk.
Advertisements

Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
BAHASA PEMROGRAMAN C IRSAN JAELANI.
- PERTEMUAN 5 & 6 – PERULANGAN
All sections to appear here
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
SPESIFIKASI PROSES Materi Pertemuan 9.
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Sistem Penjendelaan.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Pertemuan 1 Dasar Pemrograman Triana Elizabeth S. Kom Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
MATERI 3 PROSEDUR.
Analisa & Perancangan Sistem Informasi
REPETITION / PERULANGAN LOOP/Iteration
IT-132 Dasar-Dasar Pemrograman
Menggunakan Menu dan kotak Dialog
STRUKTUR PEMROGRAMAN PYTHON
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Diagram Alur (Flowhart)
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 6
Mahasiswa diharapkan dapat:
PENCABANGAN.
Flowchart dan Pseudocode
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Perancangan Sistem L. Erawan.
Algoritma dan Pemprograman 1
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 3
Implementasi Algortima
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 2
RUMAH TINGGAL – MASALAH INTERIOR
Sequence Diagram Level Design
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Array Multidimensi.
Dasar – dasar Algoritma dan Pemrograman
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
PERTEMUAN 5 KAMUS DATA & STRUKTUR KODE.
STRUKTUR DASAR PROGRAM
Pemrograman Repetisi Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
IT-132 Dasar-Dasar Pemrograman
PENDAHULUAN Desain terinci ini merupakan kelanjutan dari desaian sistem secara umum yang telah disetujui manajemen. Langkah-langkah utama yang dilakukan.
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Dasar-Dasar Pemrograman
Pemrograman (IN124) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Pengendalian Proses : Perulangan /Looping
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
BAB 1 PENGENALAN PASCAL.
SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER CIPTA KARYA INFORMATIKA
Algoritma dan Sequence
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Permainan Mengingat Wajah Dengan Menggunakan JavaScript Hendra Kumala,
Minggu 10 Imam Fahrur Rozi
SOAL REMIDIAL SISTEM DIGITAL 2013
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Latihan Pertemuan Operasi Seleksi
Algoritma & Pemrograman 1
LOOPING - FOR.
Algoritma & Pemrograman 1
Kenalan Alghoritma Wahab Sya’roni, M.Kom
IT-132 Dasar-Dasar Pemrograman
GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN PYTHON Titus Pambudi
Oleh : Pramesthi Handaru
Dasar-Dasar Pemrograman
Pemrograman (IN124) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
Sequence Diagram & Collaboration Diagram
Pemrograman (IN124) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Dasar Konstruksi Pemrograman
Diagram Alur (Flowhart)
Transcript presentasi:

IT132 Dasar-dasar Pemrograman Sequence IT132 Dasar-dasar Pemrograman

Program Secara sederhana dapat dikatakan sebagai rencana (plan) Dalam kehidupan sehari-hari, kita telah terbiasa membuat rencana/program Seperti rencana belajar, makan, wisata, ...

Plan Terdapat 3 jenis plan Architects's plan Game plan Method plan

Architects's plan Merupakan rancangan cetak biru, desain arsitek atau gambaran dari sesuatu yang akan terjadi tanpa penjelasan atau instruksi untuk membuatnya

Game Plan Strategi yang digunakan dalam permainan Seperti permainan kartu atau catur Terdapat fleksibilitas dalam pelaksanaan

Method Plan Merupakan perencanaan yang mendetail Merupakan rencana yang diikuti dari awal sampai akhir dengan benar Merupakan bentuk yang paling mendekati dengan program

Ukuran dari Rencana Rencana dapat disusun dari garis besar sampai sedetail mungkin Program yang disusun merupakan rencana yang disusun secara mendetail.

Tujuan, Rencana dan Kesalahan Rencana dapat disusun dari garis besar sampai sedetail mungkin Program yang disusun merupakan rencana yang disusun secara mendetail.

Sequence Rencana dibuat dengan menjalankan dari perintah sederhana yang dijalankan secara berurutan (sequence) Urutan jalannya perintah dapat menentukan hasil akhir dari rencana

Contoh Sequence Perjalanan dari rumah ke kampus Keluar dari rumah Jalan dari depan rumah ke tempat perhentian angkota Naik angkota yang menuju ke kampus Turun dari angkota di tempat perhentian dekat kampus Dari tempat perhentian jalan ke kampus

Before – After Diagram Dalam rangkaian aksi akan mendeskripsikan bagaimana sesuatu dilakukan dan kemudian apa yang akan dicapai Aksi pertama mengambil suatu kondisi awal Aksi terakhir menghasilkan kondisi akhir

Before – After Diagram Program (Proses) Before: Rumah (Aksi awal) Kampus (Aksi akhir)

Sequence Perintah untuk mencetak di layar komputer Kursor : tanda tempat tampilnya karakter yang akan dicetak Perintah yang digunakan: cetak_bintang (p*) menampikan satu bintang di layar cetak_spasi (ps)  menampilkan satu spasi di layar cetak_baris (nl)  mengganti baris di layar

Sequence sebelum sesudah | KURSOR *** * ** *** ***** *** *

Contoh Buatlah program untuk menampilkan: ***** * *

Contoh Buatlah program untuk menampilkan *---*---* *---*---* *---*---* *---*---* ***-*** 1 ***-*** --*-- 2 *---*---* *-* 3 ***-*** * *---*---*

Soal Buatlah program untuk menampilkan NIM dengan aturan: Ambil 4 digit dari belakang Ukuran 5x5 Digit pertama dan ketiga menggunakan simbol * Digit kedua dan keempat menggunakan simbol + Dicetak secara horizontal

Soal Buatlah program untuk menampilkan NIM dengan aturan: Ambil 4 digit dari belakang Ukuran 5x5 Angka ganjil menggunakan simbol * Angka genap menggunakan simbol + Dicetak secara vertikal