A. LATIHAN PERABAAN Merupakan aktifitas yang dimaksudkan untuk melatih sensitibilitas taktual melalui diskriminasi pada berbagai obyek yang ada di sekeliling.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENERAPKAN DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK
Advertisements

BILANGAN BULAT TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENERAPAN KONSEP
ALAT PERAGA MANIK-MANIK
PENANAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
PEMANFAATAN ALAT PERAGA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DI SD
DASAR-DASAR SENI RUPA.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
TEKNIK MENGGAMBAR GARIS
TEBAK KATA.
PEMANTULAN CAHAYA Widya Jati Ningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Nama Permainan : Benda Apa Ini ? Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si
KESULITAN PEMROSESAN INFORMASI
BAB I BILANGAN BULAT Mengenal Bilangan Bulat
CAHAYA & ALAT OPTIK.
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Materi Matematika.
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
D Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar
UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA
STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK
Jawab di kertas bergaris (30 Menit)
PRAKTIKUM MATERIAL JALAN
MODUL KE TIGA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PENSKETSAAN LUKISAN
MODUL KE DELAPAN MENGGAMBAR TEKNlK GAMBAR INSTRUMEN DUA PANDANGAN
Teknologi Dan Rekayasa
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
Definisi Desain Grafis
Oleh : Visvidya Husna Pratiwi NIM :
TOLERANSI Ukuran penyimpangan yang diijinkan yaitu: penyimpangan ke bawah dan penyimpangan keatas.
Matematika Lanjutan Bilangan Bulat Ke Pokok Pembahasan.
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
Definisi Desain Grafis
PENANAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
PENANAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
MENGGAMBAR TEKNIK 1.
Seni rupa 2 dimensi.
BILANGAN SAMPAI DENGAN 10
Membuat sambungan dan hubungan kayu
BALOK SUSUN DENGAN PASAK KAYU DAN KOKOT Seringkali dimensi yang ada untuk balok tidak cukup tinggi seperti yang dibutuhkan, sehingga beberapa balok harus.
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
PENANAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
MENULIS TEGAK BERSAMBUNG
OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI DENGAN 20
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Teknik Presentasi sketsa produk.
PRA MENULIS BRAILLE.
DASAR-DASAR SENI RUPA DASAR-DASAR SENI RUPA. Adaptif Standar Kompetensi.
PRA MEMBACA & MENULIS BRAILLE Sr. Vianti.
SK KD INDIKATOR TUJUAN PRASYARAT 5.
PRA MEMBACA BRAILLE TAHAP KETIGA.
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
KESULITAN PEMROSESAN INFORMASI
MENULIS PERMULAAN (1) PERTEMUAN KE-7 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
GAYA PERTEMUAN 3 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
Menempatkan Garis – Garis Gambar Teknik PPG PRAJABATAN.
PENANAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
GAYA PERTEMUAN 3 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
PENANAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
CARA PEMBUATAN KARTU PERMAINAN
Fitri Febriani Vina Vatrikatresna Riva Fakhia F Cita Adi Rachman Dewi Triani Ai Ulvi Zulfiah Hani Annisa R
TEKNIK GEOMATIKA DAN GEOSPASIAL
PENANAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
GAMBAR TEKNIK. Tujuan Mengetahui peralatan gambar teknik dan fungsinya Mampu mengoperasikan peralatan gambar teknik secara manual.
MENERAPKAN DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK OLEH : KUSTENDAR, S.T TEKNIK GAMBAR OTOMOTIF SMK AL-IHSAN PAMARICAN.
TEKSTUR. Tampilan permukaan suatu benda, yang dapat dilihat dan diraba.
PENUNJUKKAN UKURAN.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
MODUL IV PENDALAMAN MATERI
Transcript presentasi:

A. LATIHAN PERABAAN Merupakan aktifitas yang dimaksudkan untuk melatih sensitibilitas taktual melalui diskriminasi pada berbagai obyek yang ada di sekeliling anak

1. Membedakan bentuk Mengelompokkan berbagai benda dari yang terbesar sampai terkecil Labeling berbagai model tiruan Membedakan berbagai bentuk bangun datar

2. Membedakan Tekstur Mengelompokkan bentuk permukaan sesuai dengan teksturnya benda- benda 3D Mengelompokkan bentuk permukaan sesuai dengan teksturnya benda- benda 2D Membedakan kasar dan halus ( Labeling )

3. Membedakan Ukuran Mengelompokkan benda sesuai ukurannya ( Besar/ Kecil dan Tebal/ Tipis ) berbagai macam benda seperti manik- manik, bangun ruang , berbagai model benda dengan diskriminasi ukuran dsb. Labeling ukuran lebih besar/ lebih kecil, lebih tebal/ lebih halus Membedakan benda berdasarkan ukurannya

4. Permainan Menusun Balok PinBord Pasang pasak Origami Menara cincin/ balok Merobek

5. Meraba Relief Meraba Kartu Relief Kertas dibuat titik- titik timbul yang dibuat secara geometrik. Anak diarahkan untuk merapa titik- titik relief tersebut Meraba Jalur Relief Melatih perabaan anak melalui titik- titik timbul yang merupakan suatu garis. Garis tersebut dibuat panjang- pendek seperti kalimat-kalimat yang terdapat dalam buku braille

B. MENGENAL SIMBOL BRAILLE PERMULAAN Prinsip latihan pengenalan simbol braille permulaan adalah mengenalkan anak pada 6 ( enam ) titik yang merupakan formasi yang akan menyatakan simbol braille yang dimaksudkan sebelum anak memanfaatkan media baca tulis yang sebenarnya.

1. Bermain dengan Papan baca positif

2. Bermain dengan papan baca positif- negatif

3. Bermain kartu kata

C. MENULIS REGLET PERMULAAN Merupakan latihan sebelum anak memulai menulis dengan kaidah penulisan yang benar ( kemampuan pra sarat menulis braille )

1. Cara memegang pen yang benar

2. Langkah latihan menulis Menulis 6 titik Menulis titik tertentu pada setiap sel Menulis sesuai dengan metode yang dipakai

Terimakasih