INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
Advertisements

Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
KERANGKA KERJA DAN PARADIGMA INTERAKSI
Dheni Setyawan ( ) Taufiq Yulyanto M ( ) Raka Januarsa ( )
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Materi Sesi ke 2 Konsep Sistem dan Informasi
Perancangan Sistem L. Erawan.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI Dosen : Acun Kardianawati
Pendahuluan.
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
Pengantar SIM 2.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Erik Kurniadi
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi IV
Human Computer Interaction (1)
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Desain Sistem.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
Tujuan instruksional umum:
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengembangan Sistem Informasi
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi IV
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Interaksi Manusia dan KomputerInteraksi Manusia dan Komputer Ita Erliyani S.Kom M.MIta Erliyani S.Kom M.M.
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PENGANTAR INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Merupakan suatu disiplin ilmu yang mengkaji tentang komunikasi atau interaksi di antara pengguna dengan sistem SEJARAH LATAR BELAKANG IMK Pada tahun 1950, komputer diperkenalkan secara komersial Ciri mesin sangat sulit dan tidak praktis Harga mahal dan dipakai oleh kalangan tertentu Pada tahun 1970, personal PC diperkenalkan, mulai muncul isu tehnik antarmuka pengguna Pada tahun 1980 diperkenalkan istilah interaksi manusia dan komputer Danang Sutrisno S.Komp

Interaksi: diantara kedua elemen tersebut INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PENGANTAR Kajian IMK Manusia: bagaimana manusia menerima dan memproses sistem dan apakah kelebihan dan kekurangan manusia Komputer: Tehnologi komputer dapat digunakan untuk menerima, memproses dan mempersembahkan sistem dengan kelebihan dan kekurangan Interaksi: diantara kedua elemen tersebut KEPENTINGAN YANG CIPAI IMK Komputer: tercapainya disain yang mempermudah proses interaksi antar pengguna Manusia: tercapainya efiesiensi kerja, waktu dan biaya dan kenyamanan dalam penggunaan Sosial: mudah dioperasiakan dan dipelajari oleh masyarakat luas yang ingin mengambil segala manfaat dari komputer Danang Sutrisno S.Komp

GENERASI ANTAR MUKA PENGGUNA(USER INTERFACE) INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PENGANTAR GENERASI ANTAR MUKA PENGGUNA(USER INTERFACE) Antara muka sistem berkelompok Bukan sistem interaktif Melalu perantara kerja berkelompok Memiliki kedaya gunaan rendah Antar muka berorientasikan Baris Menggukanan sistem perintah baris per baris Interaksi dialog tanya jawab Memiliki kedaya gunaan yang rendah Antar muka Screen Interaksi dalam bentuk kotak dialog Beberapa data dipaparkan dan digunakan serentak Antar muka Grafis Bermodus visual dalam bentuk grafik, ikon dan animasi Interaksi berdasarkan Window,Icon, Menu Dan Pointer(WIMP) Antarmuka masa depat Antar muka berbentuk object dan dialog bukan bentuk arahan Danang Sutrisno S.Komp

HUBUNGAN IMK DENGAN BIDANG LAIN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PENGANTAR HUBUNGAN IMK DENGAN BIDANG LAIN Psikologi: Pemahaman sifat dan kebiasaan melalui opini pengguna Grafik: Perancangan grafik menunjang interaktif menjadi mudah dan luwes Anthropologi: memberikan suatu pandangan yang dalam tentang cara kerja Linguistik: bahasa yang mudah dimengerti mempermudah proses interaksi Sosial: Berhubungan dengan segala aspek sosial Ergonomic: Berhubungan dengan aspek fisik meyangkut dengan kenyamanan dalam penggunan Tehnik elektronika dan Ilmu Komputer: Dasar penguasaan yang menyebabkan terjadinya interaksi manusia dan komputer Danang Sutrisno S.Komp

Pengertian perancangan INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PEDOMAN PERANCANGAN ANTAR MUKA PENGGUNA Pengertian perancangan Verzello/John Router III: Pendifinisian kebutuhan dan persiapan perancangan serta implementasi. “Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk” John Burch/gary Grudnitski: Penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan beberapa element terpisah dijadikan satu kesatuan yang utuh dan berfungsi George M.Scott: Bagai mana sistem dapat menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan. Menyangkut tahap konfigurasi dari komponen perangkat lunak dan perangkat keras Danang Sutrisno S.Komp

Pengertian perancangan INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PEDOMAN PERANCANGAN ANTAR MUKA PENGGUNA Pengertian perancangan Kesimpulan arti Perancangan sistem: Tahap setelah analisa dari siklus dan pengembangan sistem Pendifinisian dari kebutuhan fungsional Perisiapan rancang bangun implementasi Menggambarkan bagaimana sistem terbentuk Dapat berupa gambaran, perencanaan, pembuatan sketsa Termasuk menyangkut konfigurasi dari software dan hardware dari sistem Danang Sutrisno S.Komp

2 TAHAP PERANCANGAN SISTEM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PEDOMAN PERANCANGAN ANTAR MUKA PENGGUNA 2 TAHAP PERANCANGAN SISTEM Perancangan Konseptual/Logis Identifikasi pada kebutuhan pengguna dan pemecahan masalah yang akan diimplementasikan 3 Langkah penting dalam Perancangan Konseptual Evaluasi Alternatif perancangan Penyiapan spesifikasi rancangan yang terdiri dari Output, Penyimpanan data, input, prosedure pemprosesan data dan operasi Penyiapan Laporan rancangan sistem konseptual Danang Sutrisno S.Komp

2 TAHAP PERANCANGAN SISTEM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PEDOMAN PERANCANGAN ANTAR MUKA PENGGUNA 2 TAHAP PERANCANGAN SISTEM 2. PERANCANGAN FISIK Terjemahan rancangan konseptual dalam bentuk fisik, spesifikasi yang lengkap Hasil akhir dari Perancangan meliputi: Rancangan keluaran, berupa laporan dan rancangan dokumen Rancangan masukan, berupa rancangan layar pemasukan data Rancangan antarmuka, rancangan interaksi antar pengguna Rancangan platform, rancangan penentu hardware, software yang digunakan Rancangan basis data, berupa rancangan berkas dan basis data Rancangan Modul, Rancangan modul atau program dengan algoritmanya Rancangan control, rancangan control yang digunakan Dokumentasi, hasil pendokumentasian hingga tahap pisik Rancangan pengujian, rencana yang dipakai untuk proses pengujian Danang Sutrisno S.Komp

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PEDOMAN PERANCANGAN ANTAR MUKA PENGGUNA TUJUAN REKAYASA SISTEM Fungsionalitas yang semestinya Tentukan tugas apa yang akan dilaksanakan Tugas umum mudah ditentukan, yang jarang lebih sulit ditentukan Fungsionalitas harus lengkap Kehandalan, ketersediaan, keamanan dan integritas data Kehandalan, berfungsi seperti yang diinginkan Ketersediaan, meliputi segala yang dibutuhkan Keamanan, terlindungi dari segala penyimpangan Integritas data, terlindung dari segala kerusakan Standarisasi, integrasi, konsistensi dan portabilitas Standarisasi, keseragaman sifat2 antarmuka pengguna Integritas, keterpaduan antar paket aplikasi dan software bantu Kosistensi, keseragaman dalam suatu program aplikasi Portabilitas, dimungkinkannya data konversi pada berbagai perangkat Danang Sutrisno S.Komp

Penentuan sasaran pegunaan dari tugas2 yang sangat penting INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PEDOMAN PERANCANGAN ANTAR MUKA PENGGUNA TUJUAN PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA Penentuan sasaran pegunaan dari tugas2 yang sangat penting Lima faktor manusia yang terukur sebagai berikut: Waktu belajar: berapa lama seseorang dapat memperlajari cara untuk melakukan tugas Kecepatan kinerja: berapa lama tugas diselesaikan Tingkat kesalahan: berapa banyak kesalahan dan apasaja kesalahan tersebut Daya ingat: bagaimana kemampuan pengguna mempertahankan daya ingat Kepuasan subjective: bagaimana kesukaan pengguna dari berbagai aspek Danang Sutrisno S.Komp