Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Pemrograman
Advertisements

Algoritma Pemograman 1 A
TEORI ALGORITMA.
Pengenalan Algoritma Ardian Maretta Prastiawan, Ssi
Logika Algoritma & Pemrograman
Algoritma dan Flowchart
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Algoritma.
Dasar- Dasar Algoritma
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Algoritma & Pemrograman 1B JAVA
Algoritma?!? Flowchart ?!?# DASAR PEMROGRAMAN.
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
Algoritma dan Flowchart
Mahasiswa diharapkan dapat:
Algoritma dan Pemrograman
Pertemuan 1 Muhamad Haikal,S.Kom., MT
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah. Kata logis (logika)
Pengenalan Algoritma.
Pendahuluan Algoritma dan Pemrograman I-A
Flowchart (Diagram Alur)
ALGORITMA PEMEROGRAMAN
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Algoritma merupakan pondasi yang harus dikuasai mahasiswa yang ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien, khususnya untuk.
MODUL 3 PSEUDOCODE.
Pengantar Pemrograman
Start.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
Virdiandry Putratama,ST Politeknik Pos Indonesia Tahun 2015
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (Pertemuan 01)
penyusunan algoritma (flowchart)
Algoritma dan Pemrograman
Flowchart.
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Algoritma.
YOHANA NUGRAHENI Pengantar Algoritma YOHANA NUGRAHENI
Kontrak Perkuliahan Grace L.A. Sihombing
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pertemuan 1.
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Sequence
PENGANTAR ALGORITMA.
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Pengantar Konsep Bahasa Pemrograman
Keterampilan komputer 1AB
Algoritma & Pemrograman 1
EL 2001 – Dasar Pemrograman Budi Rahardjo Teknik Elektro ITB
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
Algoritma & Pemrograman 1
PEMROGRAMAN I Semester I 2017/2018
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
ALGORITMA PEMROGRAMAN 3
Algoritma dan Flowchart
Algoritma pemrogaman komputer
Algoritma dan Struktur Data
ALGORITMA 1 Temu 1.
Pengenalan Algoritma.
Algoritma Pemrograman II
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu.
Dasar Konstruksi Pemrograman
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010

Mahasiswa diharapkan dapat: Mengetahui tentang bahasa pemrograman komputer dan kategorinya Menyelesaikan permasalahan menjadi sebuah algoritma, flowchart kemudian mengimplementasikannya menjadi sebuah program komputer Memahami dan menggunakan konsep pemrograman prosedural untuk menyelesaikan masalah

Sekilas Bahasa Pemrograman Apa yang Disebut Bahasa Pemrograman? Bahasa pemrograman adalah teknik komunikasi standar untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer. Layaknya bahasa manusia, setiap bahasa memiliki tata tulis dan aturan tertentu.

Bahasa pemrograman memfasilitasi seorang programmer secara tepat menetapkan data apa yang sedang dilakukan oleh komputer selanjutnya, bagaimana data tersebut disimpan dan dikirim, dan apa yang akan dilakukan apabila terjadi kondisi yang variatif. Bahasa pemrograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, menengah, dan tingkat tinggi. Pergeseran tingkat dari rendah menuju tinggi menunjukkan kedekatan terhadap ”bahasa manusia”.

Kategori Bahasa Pemrograman 1. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan compiler. Sebagai contoh adalah : JAVA, C++, Visual Basic dll

2. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi komputer. Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.

3. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah Dimana penggunaan instruksi telah mendekati bahasa sehari – hari, walaupun masih cukup sulit untuk dimengerti karena menggunakan singkatan – singkatan seperti STO yang berarti simpan (STORE) dan MOV yang artinya pindah (MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah Fortran.

Alur Pembuatan Program Seorang programmer tidak melakukan pembuatan dan pengkodean program secara begitu saja, namun mengikuti perencanaan dan metodologi yang terstruktur yang memisahkan proses suatu aplikasi menjadi beberapa bagian.

Berikut ini langkah – langkah sistematis dasar dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman : 1. Mendefinisikan masalah 2. Menganalisa dan membuat rumusan pemecahan masalah 3. Desain Algoritma dan Representasi 4. Pengkodean, Uji Coba dan pembuatan dokumentasi

Definisi Permasalahan Mari kita definisikan sebuah contoh permasalahan : ”Buatlah sebuah program yang akan menampilkan berapa kali sebuah nama tampil pada sebuah daftar”

Analisa Permasalahan Contoh masalah : Menampilkan jumlah kemunculan sebuah nama pada daftar Input Terhadap Program : Daftar Nama, Nama yang akan dicari Output Dari Program : Jumlah kemunculan nama yang dicari

Definisi Algoritma Algoritma adalah langkah logis tertentu untuk memecahkan masalah. Urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat. Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Alur pemikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.

Contoh Algoritma Algoritma Pergi ke kampus Bangun dari tidur Pergi ke kamar mandi Berpakaian Naik Kendaraan Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.

Manusia-Komputer Pelaksana Algoritma adalah komputer Manusia dan komputer berkomunikasi dengan cara : Manusia memberikan perintah-perintah kepada komputer berupa instruksi-instruksi yang disebut program. Bahasa pemrograman sangat bermacam-macam: C,C++,Java,PHP,C#.

Kriteria Algoritma Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar. Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran. Definiteness (pasti):algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu. Finiteness (ada batas) : algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role) Effectiveness (tepat dan efisien):algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif.

Jenis Proses Algoritma Sequene Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria tertentu. Iteration Process: instruksi dikerjakan selama memenuhi suatu kondisi tertentu. Concurrent Process: Beberapa instruksi dikerjakan secara bersama.

Pseudo Code Kode atau tanda yang menyerupai (Pseudo) atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudo code sering digunakan oleh manusia untuk menuliskan algoritma

Contoh Algoritma Mencari bilangan terbesar dari dua bilangnan yang diinputkan : Contoh algoritma : Masukan bilangan pertama Masukan bilangan kedua Jika bilangan pertama > bilangan kedua maka kerjakan langkah 4, jika tidak, kerjakan langkah 5. Tampilkan bilangan pertama. Tampilkan bilangan kedua.

Pseudo-code Input a Input b If a > b then kerjakan langkah 4 Print a Print b

Perbandingan Algoritma Pseudo-code Nilai A ditambah dengan 5 A <- A + 5 Cetak Nilai A bila lebih besar dari 10 IF A > 10 THEN PRINT A Dari dua bilangan A dan B, cari bilangan yang terbesar IF A > B THEN A ELSE PRINT B

Bagian Program Suatu program pada dasarnya terdiri dari 3 bagian : Input: Bisa ada bisa tidak. Proses Output: Minimal satu output

Langkah Membuat Program Memilih Algoritma Menulis Program Menguji Program Menulis Dokumentasi Merawat Program

Soal-soal Menghitung Usia berdasarkan tahun Menghitung Luas persegi panjang