Please wait……. Loading……..

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DISAIN TIM.
Advertisements

TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MUSIK
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SERTA PERKEMBANGANNYA
Kuliah II Macam – Macam Model Konsep Kurikulum
PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
AROPAH, Perancangan Media Promosi Jurusan Seni Rupa FBS UNNES Melalui Media Katalog Studio Patung.
SEMINAR PROPOSAL JUDUL
Aplikasi Belajar MengenaI Sejarah dan Budaya Indonesia Untuk Anak Dian Pujarwaty for further detail, please visit
PENDEKATAN SCIENTIFIC MATA PELAJARAN PRAKARYA
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Unik Ambar Wati (Social Probem Solving)
ASRI WINAHYU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI TEKNIK DESKRIPSI BENDA KONKRIT SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARSARI 2 KECAMATAN.
Berbasis Komputer (Studi Kasus pada Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.
ONNY UNTUNG PRIBADI, MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN INQUIRY OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SUB POKOK.
SITI AMANAH, PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD.
Analisis Kurikulum Matematika
MATERI KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran Dr. Bambang Ismanto, M.Si. Adela Istanto PROGRAM STUDI.
“APLIKASI PENERIMAAN SISWA BARU SMP NEGERI 2 JAKARTA Firmansyah
PEMBUATAN GAME LEGENDA ANAK DEWA MENGGUNAKAN RPG STUDIO Steven Rosario
RIA RISKANIA ANITA SARI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BUKU HARIAN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN.
SAINS DI SEKOLAH DASAR IMANUEL SAIRO AWANG PRODI PGSD
GALIH FRAM AJI, PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DISERTAI KARTU BERGAMBAR PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP N.
FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Pembuatan Proposal Skripsi (PTK) versi PGSD UMP
AHMAD FAUZI, EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASISIS PROYEK (PBP) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN.
Tugas dan Peranan Guru Dalam Pembelajaran
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
INDAH AYUNING TYAS, Model Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Belajar Siswa.
IFA SEFTIA RAKHMA WIDIYANTI, TRANSVISI BERVISI SETS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BENCANA TANAH LONGSOR TERINTEGRASI DALAM MATERI GAYA UNTUK SISWA.
KOMUNITAS DESA KEBUDAYAAN DALAM KOMUNITAS PERTANIAN / PEDESAAN
Kurikulum pendidikan Matematika dan Sains
PERMASALAHAN KURIKULUM Dr. RATNAWATI SUSANTO., M.M., M.Pd
MUHAMMAD AKHID, KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN DAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN.
SITI RUKOIYAH, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 SEMARANG PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT MELALUI METODE INKUIRI BERSIFAT.
MENGAJAR UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN IPS
DENGAN METODE PAKEM PADA SISWA SD SUWADUK 01 TAHUN AJARAN 2006/2007
AGUNG HARIYANTO, Keefektifan Penggunaan Lembar Kerja Terstruktur Pada Materi Komposisi Fungsi Dan Invers Fungsi Terhadap Hasil Belajar Siswa.
PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI NGOYOG 1 Intan Tri Agung Wijaya PROGRAM STUDI.
Analisis Metode Eksperimen
KUNTO WICAKSONO, Pengaruh pengetahuan wirausaha dan kemampuan memecahkan masaslah wirausaha terhadap minat berwirausaha siswa sekolah menengah.
SYAEFUL JAMALI, Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Materi Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan Dengan Pendekatan.
PRASETYO UTOMO, Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar.
EKA YEMI NURCANDRA, PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI MATEMATIKA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DAN.
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF Gatot Kurniawan
MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM “HILDA TABA”
ARIEF PUJO UTOMO, Hubungan Praktik Industri dengan Minat Bekerja di Bidang Industri Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas.
Pembuatan Website E-Learning Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Michelle Febrika Josephine Mohede, for further detail, please visit
PENDEKATAN SISTEM DALAM PEMBELAJARAN
KELAS 1 MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004  PEMBUATAN  APLIKASI  CD  INTERAKTIF  MATEMATIKA  UNTUK  SD  for further detail, please visit
SUKIR, Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Rangkaian Listrik Siswa.
SISTEM INFORMASI PEMBELIAN BUKU PERPUSTAKAAN MELALUI Asmara Nuryadi
“PEMBUATAN E-LEARNING BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB BAGI Florentina Irmina Kusdwiyanti for further detail, please visit
SRIYOSO, MENINGKATKAN KETERAMPILAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI TEDUNAN PADA MATERI MENGUBAH SUATU PECAHAN KE BENTUK PECAHAN LAIN YANG.
NUR AENI, Bimbingan Menyelesaikan Soal cerita Mengubah Pecahan Ke Bentuk Persen Pada Siswa Kelas V SD Negeri Randugunting 03 Kota Tegal.
Menyusun Bentuk Tes Jawaban Singkat dan Bentuk Tes Uraian (Essei)
Metode penelitian lesson#8 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN MI
PERMASALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR MATERI BILANGAN DESIMAL
Keterampilan Dasar Mengajar
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX MATEMATIKA UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR DENGAN for further detail, please visit
SILABUS SMK NEGERI I SINGKAWANG
Magister Manajemen PendidikanPascasarjana
SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN & NILAI ONLINE DI SMP NEGERI 1 PASEH
KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN IPA
REVOLUSI PARADIGMA Evaluasi belajar: Untuk mengembangkan potensi siswa
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
MKDU ILMU SOSIAL DASAR (ISD) PEMUDA DAN SOSIALISASI.
STUDI KASUS SMA. DISKUSI Sebuah SMA Negeri mempunyai 18 rombel, masing-masing 32 siswa. Komite sekolah baru saja membangun ruang laboratorium Fisika,
SIMULASI 3D ART GALLERY DENGAN MENGGUNAKAN 3DS MAX Sinta Nuraini Ikhsan for further detail, please visit
Pembuatan Aplikasi Ensiklopedia Untuk Anak-Anak Muslim Nia Yuningsih
Transcript presentasi:

please wait……. Loading…….

MATEMATIKA YANG MANUSIAWI MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Pembimbing : Bapak Dr. Waras Kamdi, M.Pd Oleh: Kelompok 11 Hariyanto 110511427012 Syahrul Kirom 110511427009 UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK MESIN PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN 2012

Outline MATEMATIKA DAN KEBUDAYAAN KEINDAHAN MATEMATIKA MATEMATIKA YANG HUMANISTIK

MATEMATIKA DAN KEBUDAYAAN hasil kegiatan manusia digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya. (KBBI) Kebudayaan Contoh kebudayaan dari matematika “kebudayaan menghitung”. Banyak cara untuk menghitung, seperti orang dahulu menghitung dengan menggunakan jari tangannya atau dengan menggunakan batu. Kemudian kebudayaan itu terus berkembang yang sekarang berubah menjadi alat hitung yang lebih modern dan canggih seperti kalkulator dan komputer.

KEINDAHAN MATEMATIKA Unsur-unsur keindahan dalam matematika terlihat pada tampilan grafis yang indah, misalnya di layar monitor komputer yang di temukan oleh Benoit Mandelbrot (1980), seorang matematikawan peneliti di pusat penelitian di perusahaan komputer IBM berhasil melihat keindahan tampilan grafis fungsi-fungsi kompleks itu di layar monitor komputer, suatu hal yang sebelumnya hanya dapat dianalisis diatas kertas dan dibayangkan saja. Tidak hanya Mandelbrot saja, Michal Misiurewich, seorang matematikawan dari Polandia juga menampilkan keindahan dari struktur himpunan dan pemetaan menjadi suatu bingkai atau hiasan yang indah.

Matematika yang humanistik Pembelajaran matematika humanistik adalah pembelajaran matematika yang menempatkan siswa sebagai subyek dalam pembelajaran untuk mengembangkan dirinya sendiri bedasarkan kemampuan yang dimiliki. Rogers menyatakan bahwa pembelajaran humanistik adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (learner centered). Kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dilakukan dengan memberikan kebebasan yang lebih luas kepada siswa dalam memilih dan memutuskan apa yang ingin dipelajari dan bagaimana cara mempelajarinya.

Matematika yang humanistik White menjelaskan bahwa matematika humanistik mencakup dua aspek pembelajaran, yaitu pembelajaran matematika secara manusiawi dan pembelajaran matematika yang manusiawi. Aspek pertama berkaitan dengan proses pembelajaran matematika yang menempatkan siswa sebagai subjek untuk membangun pengetahuannya dengan memahami kondisi-kondisi, baik dalam diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Aspek kedua pembelajaran matematika yang manusiawi berkaitan dengan usaha merekonstruksi matematika sekolah, sehingga matematika dapat dipelajari dan dialami sebagai bagian dari kehidupan manusia. 

kesimpulan Pembelajaran matematika humanistik mempunyai karakteristik: Menempatkan siswa sebagai penemu (inquirer) bukan hanya penerima fakta-fakta dan prosedur-prosedur. Memberi kesempatan siswa untuk saling membantu dalam memahami masalah dan penyelesaiannya. Menunjukkan latar belakang sejarah bahwa matematika sebagai suatu penemuan atau usaha keras (endeavor) dari seorang manusia. Menggunakan masalah-masalah yang menarik atau pertanyaan terbuka (open-ended), tidak hanya latihan-latihan. Mengembangkan suatu pemahaman dan apresiasi terhadap ide-ide besar matematika yang membentuk sejarah dan budaya. Membantu siswa melihat matematika sebagai studi terhadap pola-pola, termasuk aspek keindahan dan kreativitas. Membantu siswa mengembangkan sikap-sikap percaya diri, mandiri, atau penasaran (curiosity). Mengajarkan materi-materi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam sains, bisnis, ekonomi, atau teknik. Dari berbagai karakteristik diatas mengarahkan pada pembelajaran yang menekankan aspek berpikir kreatif atau kreativitas siswa.

TERIMA KASIH...